Danau Ranu Kumbolo Jalur Pendakian Puncak Gunung Semeru Mahameru

Danau Ranu Kumbolo adalah satu dari beberapa danau yang ada di gunung semeru mahameru yang berada di kawasan jalur pendakian menuju Gunung Semeru Mahameru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Karena keindahan alamnya sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pendaki selain gunung semeru dan sebagai lokasi base camp para pendaki sekedar melepas lelah. Danau ini memiliki luas sekitar 8 hektar dengan ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut.Danau Ranu Kumbolo

Danau Ranu Kumbolo

Di Ranu Kumbolo saat pagi hari udara sangat dingin bahkan bisa mencapai 0 derajat celcius,namun hal ini tidak menjadikan para pendaki semeru putus asa justru menjadi daya tarik tersendiri karena di lokasi inilah mereka merasakan kenyamanan dan ketentraman dari hiruk pikuk keramain metropolitan.Keindahan lain yang bisa di rasakan di Danau ini adalah sunrise yang muncul dari sela sela bukit seakan menghipnotis mata ini untuk tidak sekedip pun untuk berpaling dari sang surya.

Saat matahari mulai menampakkan wujudnya,moment inilah yang sangat ditunggu,para pengunjung bersorak ria serta tak lupa mereka berebut untuk bisa mengabadikan disetiap detik moment munculnya mentari dipagi hari.

Danau Ranu Kumbolo hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 3-4 jam dari ranu pane atau pintu masuk jalur pendakian Gunung Semeru, Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur.Jarak antara Ranu Pani ke Danau Ranu Kumbolo sekitar 10 km dengan medan pendakian relatif sedikit naik turun.

Menutur Kepala Balai Besar TNBTS bahwa kawasan Bromo Tengger Semeru, selain terdapat Danau Ranu Kumbolo juga memiliki keindahan lain yang mungin salah satu destinasi terbaik dikawasan itu seperti padang savana, laut pasir, hingga hutan hujan tropis.

Sesuai peraturan yang dibuat bahwa setiap pendaki atau wisatawan yang camp di sekitar Danau Ranu Kumbolo diharuskan menjaga kebersihan dengan cara membawa kembali sampah bekas bungkus makanan yang mereka bawa menjadi bekal saat trekking.

Danau Ranu Kumbolo Jalur Pendakian Gunung Semeru

WISATA BROMO | PAKET WISATA BROMO,Tour Travel Murah Malang Batu Bromo Kawah Ijen © 2015