Buku Sejarah SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Unduh

Buku Sejarah SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Unduh

paket-wisatabromo.com- Dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka, Buku Sejarah untuk SMA Kelas X telah terbit. Buku tersebut sudah bisa dimanfaat di sekolah penggerak mulai tahun 2021/2022.

Penulis Buku Sejarah untuk SMA Kelas X adalah Sari Oktafiana. Sedangkan, penelaah  buku tersebut adalah Sumardiansyah Perdana Kusuma.

Untuk Buku Sejarah untuk SMA Kelas X tersebut adalah Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat.

Buku Sejarah untuk SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Unduh

Kata Pengantar Buku

PUSAT Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan  dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan.

Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar.

Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya.

Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Pada tahun 2021, kurikulum ini akan diimplementasikan secara terbatas di SMA Pusat Keunggulan. Begitu pula dengan buku teks pelajaran sebagai salah satu bahan ajar akan diimplementasikan secara terbatas di SMA Pusat Keunggulan tersebut.

Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di SMA Pusat Keunggulan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Prakata Penulis

Mata pelajaran “Sejarah” dalam buku ini mengkaji manusia dalam ruang dan waktu terutama konteks Indonesia.

Selaras dengan ujung dari tujuan Capaian Pembelajaran (CP) Sejarah bahwa pembelajaran sejarah yang berorientasi pada keterampilan berpikir secara alamiah akan mendorong pembentukan manusia merdeka yang memiliki kesadaran sejarah dan selaras dengan Profil Pelajar Pancasila.

Pembelajaran yang disajikan bertujuan untuk melatih peserta didik memahami karakter ilmu sejarah sekaligus membangun pola pikir dan kecakapan sejarah, utamanya sejarah Indonesia. Buku ini merupakan bagian dari buku teks IPS kelas X SMA, tetapi terdapat beberapa modifikasi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik SMA.

Ilmu sejarah sebagai ilmu yang mempelajari peristiwa, manusia dan masyarakat di masa lampau, berupaya disampaikan dengan menarik dan kontekstual dengan masa kini.

Harapannya, peserta didik tertarik belajar sejarah bukan karena keharusan dalam struktur kurikulum. Namun, peserta didik membutuhkan belajar sejarah untuk mendapatkan pengetahuan demi kebaikan masa kini dan mendatang.

Salah satu pesan yang hendak disampaikan dalam buku ini adalah masa lampau selalu aktual dengan harapan peserta didik antusias belajar dan mendapatkan manfaat belajar sejarah.

Pada akhir pembelajaran, peserta didik diharapkan memiliki keterampilan konsep sejarah, keterampilan berpikir sejarah, kesadaran sejarah, keterampilan praktis sejarah dan penelitian sejarah. Rekomendasi proyek penelitian yang disajikan di bagian akhir buku sebagai salah satu media untuk memfasilitasi kompetensi peserta didik.

Buku ini disusun berdasarkan capaian pembelajaran dari kurikulum yang mengusung semangat merdeka belajar. Kurikulum ini menekankan aspek kompetensi baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan yang disampaikan secara terpadu melalui materi, aktivitas, dan proyek pembelajaran.

Kegiatan evaluasi, refleksi, dan pertanyaan Higher Order Thinking Skill (HOTS) disajikan terpadu melalui materi, lembar aktivitas, pengayaan, rekomendasi proyek, dan evaluasi.

Referensi disajikan pada bagian akhir buku untuk menginformasikan kepada pembaca agar dapat melanjutkan studi dari berbagai referensi.

Penjelasan konsep disajikan pada setiap materi yang berkaitan sehingga memudahkan pembaca untuk memahami maksud dari konsep atau teori.

Isi Buku

Sejarah: Manusia, Ruang, dan Waktu

A. Pengantar Ilmu Sejarah

1. Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah?

2. Manusia, Ruang, dan Waktu dalam Sejarah

B. Penelitian Sejarah

1. Sumber Sejarah Primer

2. Sumber Sejarah Sekunder

C. Penulisan Sejarah(Historiografi)

1. Menghindari Bias sejarah

2. Bagaimana melakukan Penelitian  dan Penulisan Sejarah?

D. Sejarah dan Teori Sosial

Kesimpulan Visual

Evaluasi

Petujuk Penggunaan Buku

Buku teks siswa mata pelajaran Sejarah dirancang agar peserta didik tertarik untuk membaca dan mempelajarinya, sehingga desain buku diupayakan menarik bagi siswa.

Cara membaca dan menggunakan buku teks peserta didik akan dijelaskan di bagian awal buku dengan harapan buku dapat dibaca dan dipelajari dengan baik. Berikut penjabaran bagian-bagian dari buku siswa:

Gambaran Buku secara Umum
Sampul Bab:

Berisi gambar yang berkaitan dengan judul bab yang akan didalami

Gambaran Bab:

Pada awal bab, terdapat bagian gambaran tema yang akan menjelaskan secara umum ringkasan ruang lingkup dan materi pembelajaran yang akan dipelajari.

Pertanyaan Kunci:

Bagian pertanyaan kunci disajikan awal sebelum materi yaitu dengan terdapat beberapa pertanyaan-pertanyaan kunci. Hal ini bertujuan untuk memantik rasa ingin tahu siswa tentang materi yang akan dipelajari.

Kata Kunci:

Pada bagian ini menyajikan kata kunci yang menjadi pokok masalah dari suatu disiplin ilmu.

Snapshot:

Pada bagian ini terdapat foto ataupun ilustrasi singkat yang merepresentasikan materi yang hendak dipelajari. Gambar atau pun ilustrasi merupakan apersepsi.

Materi Pembelajaran Bagian ini membahas berbagai materi yang dipelajari dan terdiri atas beberapa subtema

Ilustrasi:

Berisi foto/ilustrasi terkait materi pembelajaran. Ilustrasi disajikan sebagai metode untuk menggambarkan materi melalui visual sehingga menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, terdapat caption (penjelasan) dari visualisasi yang ditampilkan

Penjelasan Konsep Untuk menambah khazanah, bagian penjelasan konsep menjabarkan suatu konsep, teori, atau terminologi terkait disiplin keilmuan secara sederhana

Evaluasi:

Bagian ini disajikan di akhir materi/bab sebagai evaluasi atas materi yag telah dipelajari. Evaluasi disajikan melalui beberapa pertanyaan untuk mengukur capaian secara kognitif, afektif dan psikomotorik

Kesimpulan Visual Bagian ini merupakan kesimpulan dari materi pembelajaran yang disajikan secara visual melalui bagan agar siswa dapat memahami secara cepat dari materi yang telah disampaikan serta mampu meninjau dari materi yang telah dipelajari

Buku Sejarah SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Unduh.

Baca:

Demikianlah sekilas informasi mengenai Buku Sejarah untuk SMA Kelas X Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.