Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan yang Tepat dan Contohnya

Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan yang Tepat dan Contohnya

paket-wisatabromo.com – Menyimpulkan isi teks tanggapan yang tepat dan contohnya merupakan bagian dari materi pelajaran jenis teks tanggapan.

Materi ini merupakan bahan pelajaran wajib bagi peserta didik kelas 9 semeseter 2.

Kurikulum 2013, khususnya pada bagian standar kompetensi memuat dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan

Berdasarkan Kurikulum 2013, materi menyimpulkan isi teks tanggapan yang tepat dan contohnya ini tergolong ke dalam aspek keterampilan.

Aspek keterampilan di dalam kurikulum 2013 adalah kemampuan menampilkan sesuatu melalui unjuk kerja. Unjuk kerja dalam kegiatan ini adalah terampil membuat simpulan.

Dari sisi pengetahuan bahasa, materi menyimpulkan isi teks tanggapan yang tepat dan contohnya ini tergolong ke dalam aspek berbahasa yang produktif.

Aspek berbahasa produktif adalah kemampuan untuk melahirkan ide baik secara lisan maupun tulis.

Kemampuan melahirkan ide secara lisan dapat ditemukan dalam aktivitas berbicara. Sedangkan, kemampuan melahirkan ide secara tulis dapat ditemukan dalam bentuk hasil tulisan.

Peserta didik SMP MTs kelas 9 semester 2 diharapkan dapat menguasai materi menyimpulkan isi teks tanggapan dengan tepat.

Hal ini bertujuan agar mereka terampil menyimpulkan isi teks tanggapan dengan cara mudah dan tepat.

Pada umumnya, kemampuan berupa pengetahuan maupun keterampilan terhadap suatu materi itu ditandai dengan perolehan nilai minimal mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Untuk membantu peserta didik SMP MTs kelas 9 semester 2 ini, pada kesempatan yang baik ini akan dibahas mengenai menyimpulkan isi teks tanggapan yang tepat dan contohnya. Semoga bisa dimanfaatkan untuk bahan belajar, ya.

Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan yang Tepat dan Contohnya

Menyimpulkan adalah aktivitas atau proses berpikir untuk membuat simpulan.

Simpulan adalah pendapat akhir berdasarkan uraian dalam teks. Selain itu, simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.

Menurut KBBI simpulan ialah keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif dari suatu pembahasan maupun gagasan.

Simpulan yang sering kita gunakan pada bab 5 dari suatu gagasan tertulis atau suatu karya tulis ilmiah.

Dapat juga dikatakan bahwa simpulan merupakan hasil akhir yang menjelaskan mengenai keseluruhan hasil dari penelitian yang dilakukan.

Pembahasan dalam artikel ini terbagi menjadi dua subjudul. Pertama mengenai menyimpulkan isi teks tanggapan. Kedua, mengenai contoh simpulan isi teks tanggapan.

A. Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan

Kemampuan peserta didik di dalam mengidentifikasi informasi, menelaah struktur dan kaidah kebahasaan sangat membantu peserta didik di dalam merumuskan simpulan tentang suatu teks.

Hal ini karena penyimpulan tentang isi (teks tanggapan) berkaitan dengan isi atau hal-hal penting dan menarik lainnya di dalam teks itu dari setiap bagiannya.

Adapun keberadaan hal-hal penting itu sendiri dapat dikenali keberadaannya melalui kata-kata utama sebagai karakterstik kebahasaan teks tersebutsecara khas.

Kesimpulan itu dapat pula berkaitan dengan kelengkapan struktur teks itu. Mungkin pula berkaitan dengan keefektifan dan kebakuan dalam hal bahasanya.

Cara menyimpulkan isi teks tanggapan yang tepat

Ada beberapa cara menyimpulkan isi teks tanggapan. Secara umum, cara menyimpulkan teks antara lain:

1. Baca secara intensif seluruh bacaan dari awal sampai akhir

Membaca teks asli beberapa kali untuk mengetahui kesan umum dan maksud pengarang/penulis.

2. Menentukan Kalimat Utama

Setelah membaca teks tersebut, tentukanlah kalimat utamanya. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama dari sebuah paragraf.

Kalimat utama merupakan kalimat pertama atau terakhir dari suatu paragraf.

Gagasan utama adalah pikiran utama atau inti dari sebuah paragraf. Dengan menentukan kalimat utama, kita dapat menyimpulkan isi suatu teks.

3. Menentukan ide pokok masing-masing paragraf
4.Simpulkan isi bacaan berdasarkan ide pokok seluruh paragraf

Untuk membuat suatu simpulan lebih baik dan dapat dimengerti

Kriteria simpulan

Ada beberapa kriteria atau syarat dalam menuliskan simpulan antara lain;

  • berupa hasil analisis dari teks yang sudah dibaca.
  • menggambarkan isi paragraph atau teks
  • hanya berisi hal-hal yang ada di paragraph atau teks
Teknik Menyimpulkan

Ada berapa teknik membuat simpulan antara lain: teknik generalisasi, analogi, dan sebab-akibat.

1. Teknik Generalisasi

Teknik generalisasi merupakan salah satu teknik di dalam cara membuat simpulan.

Fokus utama dalam teknik ini adalah membuat simpulan dengan menarik satu simpulan umum dari beberapa pernyataan khusus.

Contoh:

Berdasarkan data pada tahun 2015 dari Badan Penanggulanan Kenakalan Remaja. Menunjukkan setiap tahun, tingkat kenakalan remaja semakin hari semakin meningkat.

Meskipun pemerintah telah membuat berbagai macam kebijakan dan peraturan-peraturan.

Namun, belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Lingkungan menjadi poin penting di dalam melakukan pencegahan dan rehabilitasi bagi anak-anak baik itu pelaku maupun korban kenakalan remaja.

Simpulan

Dengan demikian, kita mengetahui bahwasanya lingkungan menjadi salah satu penyebab meningkatnya kenakalan remaja yang terjadi saat ini.

2. Teknik Analogi

Cara membuat simpulan selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik analogi.

Teknik analogi merupakan teknik yang digunakan dalam cara menentukan simpulan.

Teknik ini dilakukan dengan membuat perbandingan antara antara satu pembahasan dengan pembahasan lainnya yang serupa.

Kemudian, dicari persamaan yang terkait dengan hal tersebut. Atau dapat pula dengan menggambarkan suatu hal dengan memberi perbandingan hal lain.

Contoh:

Dunia pendidikan memang menjadi salah satu cara dalam membentuk kepribadian seseorang.

Ibarat gelas kosong yang siap diisi dengan air yang memenuhi gelas tersebut. Jika gelas tersebut diisi dengan teh. Maka, gelas tersebut menjadi gelas yang baik.

Namun, jika gelas tersebut diisi dengan minuman keras yang memabukkan dan merusak. Maka, gelas tersebut menjadi gelas yang buruk dan merusak.

Simpulan

Pendidikan yang diberikan kepada anak baik itu dari keluarga dan sekolah maupun lingkungan.

Akan membentuk karakter dan masa depan anak tersebut. Ibarat gelas yang diisi dengan kebaikan. Maka, anak tersebut akan menjadi anak yang baik.

Namun, ketika anak tersebut diisi dengan keburukan ibarat diisi dengan alkohol. Maka, kita tahu sendiri bagai mana masa depan dari anak tersebut.

3. Teknik Sebab-Akibat

Cara ketiga dalam langkah langkah membuat simpulan adalah menggunakan teknik sebab-akibat.

Teknik ini merupakan salah satu cara menentukan simpulan dengan cara menjelaskan sebab kemudian akibat yang ditimbulkan dari sebab tersebut.

Teknik sebab-akibat ini merupakan salah satu cara membuat simpulan yang bertujuan untuk memperjelasan gagasan utama yang telah diajukan pada bab pendahuluan.

Dengan demikian, simpulan yang akan diajukan nantinya tidak akan keluar dari topik yang telah dibahas pada gagasan utama karya tulis yang dibuat.

Contoh:

Berdasarkan data dinas kebersihan DKI Jakarta. Ada 85% sampah yang mengalir diseluruh bantaran sungai yang terdapat di Jakarta. Alasanya sangat sepele.

Para warga yang tinggal hampir di sepanjang bantaran sungai lebih memilih untuk membuang sampahnya ke sungai.

Daripada harus membayar petugas kebersiahn yang mengangkut sampah dari rumah kerumah.

Simpulan

Penyebab utama banjir di Jakarta hampir setiap tahunnya adalah masalah sampah.

Disamping menjadi momok bagi pemerintah dan petugas kebersihan yang bertugas di bantran sungai.

Kesadaran diri dari masyarakat di sepanjang bantaran sungai menjadi salah satu penyebab utama masyarakat kedatangan banjir setiap tahunnya.

B. Contoh Simpulan Isi teks Tanggapan
Contoh 1

Acara tahun baru selalu dirayakan dengan meriah. Acara tahun baru tersebut biasanya diselenggarakan di lapangan terbuka dengan menggelar konser dan menyalakan kembang api.

Banyak orang-orang yang datang ke lapangan untuk merayakan tahun baru bersama.

Namun, kemeriahan tahun baru tersebut tidak diimbangi dengan kesadaran para pengunjung untuk menjaga kebersihan lapangan. Akibatnya banyak sampah yang tertinggal setelah perayaan tahun baru tersebut.

Kalimat utama paragraf di atas terletak di kalimat pertama, yakni “Acara tahun baru selalu dirayakan dengan meriah”.

Simpulan:

Akibatnya banyak sampah yang tertinggal setelah perayaan tahun baru tersebut.

Simpulan:

Kemeriahan acara tahun baru mengakibatkan lingkungan kotor karena banyak sampah yang tertinggal.

Contoh 2

Pencemaran akan semakin berbahaya jika sudah ada di dalam tubuh kita, seperti di dalam darah atau rambut. Jika terus menerus terkumpul di tubuh, maka proses pertumbuhan dan perkembangan kita akan terganggu. Selain itu, pembentukan tulang, perkembangan otak, dan saraf pun akan mengalami gangguan.

Ide pokok paragraf di atas adalah “Dampak pencemaran yang masuk ke dalam tubuh. Nah, dari ide pokok tersebut, bisa dibuat pertanyaan: Apa dampak pencemaran yang masuk ke dalam tubuh?

Simpulan

Dampak pencemaran yang masuk ke dalam tubuh adalah terganggunya pertumbuhan, perkembangan, pembentukan tulang, perkembangan otak, dan saraf.

Contoh 3

Keinginan Pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan Pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat

Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah.

Alasan keamanan, keefisienan, keluasan negara, dan kebanggaan merupakan hal yang lebih utama jika dibandingkan dengan data-data dari masyarakat yang menolak pembelian itu, sifatnya tampaknya emosional.

Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan  Presiden yang sangat padat itu.

Simpulan:

Dengan demikian, pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan Presiden yang sangat padat itu.

Baca: Cara Identifikasi Teks Tanggapan yang Tepat dan Mudah

Demikianlah pembahasan mengenai menyimpulkan isi teks tanggapan yang tepat dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.