Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat!

Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat!

paket-wisatabromo.com-Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat! Jawaban yang tepat berkaitan dengan pertanyaan tersebut tersaji berikut ini.

Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat!

Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat!

Berikut ini adalah cara mendeskripsikan gambar

1. Amati gambar secara detail!

Mengamati gambar dapat kalian fokuskan dengan melihat benda apa saja dalam gambar tersebut. Perhatikan warna, bentuk, jumlah benda yang terdapat dalam gambar. Ajaklah pendengar atau pembaca seolah melihat apa yang kalian deskripsikan.

Ups, tapi kalian jangan hanya mengamati apa yang terlihat dalam gambar saja. Pikirkan juga suara yang timbul dari benda atau hewan atau manusia dalam gambar tersebut. Unsur suara dapat kalian deskripsikan juga sehingga seolah-olah mengajak pembaca dapat mendengar suara tertentu dari yang ada dalam gambar.

Kalian juga harus berimajinasi dengan seolah-olah merasakan benda yang ada dalam gambar apabila dirasakan oleh lidah. Apakah manis, pahit, asam, pedas, tawar, jika benda dalam gambar itu dirasakan oleh pencecapan manusia.

Hal lainnya yang harus kalian pikirkan adalah bagaimana kala benda dalam gambar itu bergerak. Bagaimana bergeraknya? Bisa berjalan, duduk, rebahan, dll. bagian ini pun harus kalian deskripsikan.

Secara umum dapat dikatakan bahwa kalian harus mengamati gambar dengan mata, telinga, lidah, kulit, dan hidung. Ingat ya. Gunakan pancaidra kalian dalam mengamati gambar.

2. Pelajari contoh pendeskripsian gambar!

Banyak di antara kalian membutuhkan contoh apabila akan membuat atau melakukan sesuatu. Contohnya mana? kaya apa contohnya?

Tidak salah apabila kalian seperti itu. Karena belajar lewat contoh memang benar memberikan pemahaman yang lebih cepat pada hampir setiap orang.

3. Jangan lupa, gunakan kata konkret, kalimat perincian, dan majas personifikasi!
Kata Konkret

Kata konkret adalah kata yang mudah diserap pancaindra. Misalnya, buku, meja, rumah, kuda.

Untuk kata konkret ini ada yang diserap dengan indra penglihatan. Berikut ini contoh kata konkret dengan indra penglihatan dalam kalimat, yaitu Ada ayunan di depan tulisan Pantan Terong yang dicat senada dengan warna bendera pusaka, merah dan putih.

Ada juga kata konkret yang diserap dengan indra pendengaran. Contohnya antara lain: Deg-degan sekali rasanya.

Selain itu, kata konkret ada juga yang diserap dengan indra perabaan. Contohnya adalah Pasti kalian tidak tahu aku sedang menggigil kedinginan. Matahari makin tinggi dan hawa sejuk memeluk kami.

Kalimat perincian

Kalian harus berlatih melukiskan bagian-bagian gambar yang penting sedetail mungkin dengan menggunakan kalimat perincian.

Contoh

“Kue balok itu enak sekali. Teksturnya lembut saat digigit dan isian cokelatnya akan lumer di mulutmu. Manisnya juga pas.”

Kalimat kedua dan ketiga dalam contoh di atas merupakan kalimat perincian. Mengapa? ya, karena kedua kalimat tersebut memerinci kata “enak” dalam kalimat pertama. kata “Enak” dirinci dengan kata

“lembut, lumer, pas.”

Majas Personifikasi

Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang mengumpamakan benda mati seolah-olah hidup seperti manusia.

Contoh majas Personifikasi

Angin yang bertiup memainkan rambut dan berputar di sekeliling tubuh. Benda mati tentu tidak bisa bergerak. Namun, pada kalimat tersebut angin digambarkan seolah hidup seperti manusia yang dapat memainkan rambut dan berputar.

Contoh Mendeskripsikan Gambar
a. Gambar 1

Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat!

Minuman ini terlihat seperti teh tetapi warnanya lebih pekat. Di dalamnya ada kelapa muda. Perpaduan kelapa muda dan jahe pasti membuat rasa minuman ini manis, gurih, dan pedas. Minum minuman ini ketika hujan pasti akan menghangatkan tubuh.

b. Gambar 2

Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat!

Sinar matahari yang keemasan menyinari punggung gunung. Awan-awan seperti kapal yang berlayar di lautan langit biru muda.

c. Gambar 3

Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat!

Kedua monyet ini tampak akrab seperti sahabat. Kalau melihat perilakunya, sepertinya mereka sedang mencari kutu.

Baca: Sebutkan Unsur Bahasa dalam Teks Deskripsi Buku SMP MTs Kelas 7 Sekolah Penggerak!

Demikianlah jawaban yang tepat berkaitan dengan pertanyaan mengenai Sebutkan dan Jelaskan Cara Mendeskripsikan Gambar yang Tepat! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.