Sebutkan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi dan Contohnya yang Tepat

Sebutkan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi dan Contohnya yang Tepat

paket-wisatabromo.com – Sebutkan kaidah kebahasaan teks eksplanasi dan contohnya yang tepat. Jawaban atas pertanyaan tersebut sebagai berikut.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi dan Contohnya yang Tepat

Adapun kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks eksplanasi meliputi beberapa hal berikut ini.

1. Menggunakan kata kerja tindakan atau aksi

Kata kerja aksi menyatakan suatu tindakan atau perbuatan untuk menunjukkan kejadian yang sedang berlangsung.

Kata kerja asli bertujuan menjelaskan suatu proses atau peristiwa tertentu yang didukung dengan fakta.

Contoh kata kerja aksi antara lain: membaca, mengolah, menyemburkan awan panas, memuntahkan lahar, dll.

Contoh dalam bentuk kalimat

a. Manusia menjalankan aktivitasnya setiap hari, pada waktu-            waktu tersebut, mulai terbit hingga terbenamnya matahari.

b. Bumi melakukan dua perputaran sekaligus, yaitu berputar              mengelilingi matahari dan berputar pada posrosnya.

c. Bumi mengelilingi matahari dalam satu putaran memerlukan      waktu 36514 hari atau kurang lebih satu tahun.

d. Berkaitan dengan matahari, bumi berputar pada porosnya            dalam satu putaran memerlukan waktu sekitar 24 jam.

e. Selama 24 jam waktu bumi berputar mengitari porosnya, ada        kalanya sebagian wajah bumi berhadapan dengan matahari.

2. Menggunakan kalimat pasif

Kalimat pasif digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang dikenai pada subjek kalimat.

Contoh:

a. Guncangan gempa dirasakan warga di beberapa daerah                dengan skala (MMI) III yakni di Majene, II Mamuju, II Mamasa, II      Polman.

b. Masa tanggap darurat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar)                      diperpanjang hingga 4 Februari 2021. Keputusan ini                        ditetapkan oleh Danrem 142 Tatag, Brigjen TNI Firman Dahlan      selaku DANSATGAS bersama Sekda Provinsi Sulbar,                            Muhammad Idris selaku WADANSATGAS penanganan gempa          Sulbar.

c. “Keputusan tersebut ditetapkan setelah mrnjalani rapat                  evaluasi kerja dari tanggal 15-28 Januari. Masing-masing                  stakeholder melaporkan bahwa masih ditemukan kendala di        lapangan, maka kita putuskan untuk diperpanjang,” kata                  Firman Dahlan dalam keterangan persnya, Minggu

3. Menggunakan konjungsi yang menunjukkan waktu

Untuk menjelaskan suatu proses atau peristiwa yang kronologis, dalam teks eksplanasi digunakan konjungsi yang menunjukkan waktu.

Contoh: terkini, sesudah, sementara, sebelum, ketika, sehabis, setelah, sejak, selama, sampai, kemudian.

Contoh dalam bentuk kalimat

a. Gempa bumi terkini Magnitudo (M) 4,4 mengguncang Majene,      Sulawesi Barat (Sulbar), Minggu (31/1/2021) pukul 19.13 WIB.

b. Hingga kini belum diketahui dampak akibat gempa tersebut.

c. Selama penanganan darurat gempa M6,2 di Sulawesi Barat,            BNPB mengoperasikan empat helikopter yang tidak hanya              berfungsi untuk mengangkut barang bantuan tetapi juga survei      kerusakan dan mobilisasi personel, termasuk tenaga medis            yang dibutuhkan warga di desa-desa terisolir.

4. Menggunakan konjungsi sebab akibat

Konjungsi sebab akibat berfungsi menghubungkan klausa, kalimat, dan paragraf yang memiliki hubungan sebab akibat.

Contoh konjungsi sebab akibat antara lain : seba, sebab itu, karena, karena itu,disebabkan, dikarenakan, sehingga, akibatnya.

Contoh dalam bentuk kalimat

a. Manusia menjalankan aktivitasnya setiap hari, pada waktu-              waktu tersebut, mulai terbit hingga terbenamnya matahari.

b. Seiring dengan perputaran, wajah bumi yang semula                        berhadapan dengan Matahari, kemudian berbalik dan                      membelakangi Matahari sehingga sisi wajah Bumi tersebut            tidak disinari Matahari.

c. Perbedaan panjang waktu siang dan malam ini juga                          disebabkan berputarnya Bumi terhadap matahari (revolusi).

d. Kemiringan poros Bumi ini tidak hanya menyebabkan waktu        siang dan malam yang lebih panjang di wilayah tertentu, tetapi      juga berpengaruh pada terjadinya perubahan musim.

5. Menggunakan kata nomina umum dan abstrak

Teks eskplanasi biasa menggunakan kata nomina umum yang banyak diketahui oleh pembaca.

Kata tersebut juga bersifat abstrak atau tidak konkret. Contoh: kemerdekaan, pengendapan, pendalaman, pembacaan, dll.

Contoh:

a. BNPB mencatat sejumlah helikopter mendukung operasi                  pengiriman bantuan melalui udara.

b. Sejak awal operasi penanganan darurat hingga saat ini, total          barang terdistribusi sebanyak 117.000 kg.

c. Pendistribusian dilakukan dengan dua kali sorti.

6. Menggunakan terminologi teknis atau istilah teknis

Terminologi teknis adalah kata atau gabungan kata yang digunakan dalam konteks tertentu.

Misalnya yang berkaitan dengan ilmu kimia, istilah kegempaan, istilah kegunungan, istilah matematika, dan sebagainya.

Contoh dalam bentuk kalimat dan artinya
a. bumi

Pengertian bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya.

Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru

b. matahari

Matahari atau Surya adalah bintang di pusat tata surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet.

Diameternya sekitar 1.392.684 km, kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya mewakili kurang lebih 99,86 % massa total tata surya

c. poros: sumbu bumi

Poros bumi adalah garis yang bersifat khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan tempat bumi berputar pada posisi yang tetap.

d. perputaran atau rotasi

Rotasi Bumi merujuk pada gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya.

Bumi berputar ke arah timur, atau jika dilihat dari utara, melawan arah jarum jam.

Akibat pergerakan pada sumbunya, setiap daerah di Bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda. Wikipedia

e. ekuator

Ekuator adalah garis imajiner yang membelah bagian utara dan selatan bumi.

Dalam geografi, garis khatulistiwa atau ekuator merupakan sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet.

Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0°.

f. siang

Siang memiliki beberapa pengertian. Dalam pengertian sempit, siang adalah waktu ketika jam berada pada posisi 12.00.

Dalam aktivitas sehari-hari, siang adalah waktu di antara pagi dan sore/petang.

g. malam

Malam adalah waktu setelah matahari terbenam hingga matahari terbit.

Malam juga dapat didefinisikan sebagai suatu masa di mana sebuah tempat sedang berada pada posisi yang tidak berhadapan dengan matahari, dan oleh karenanya menjadi gelap

h. revolusi

Revolusi bumi adalah perputaran bumi terhadap matahari. Setiap saat, bumi berevolusi atau berputar mengelilingi matahari.

Satu putaran memakan waktu 365 hari 9 menit 10 detik. … Dikutip dari Bumi yang Dinamis (2019), saat berevolusi, sumbu bumi miring 23,5 derajat terhadap garis tegak lurus pada ekliptika.

Baca:

i. Musim

Musim adalah pembagian waktu dalam setahun yang ditentukan oleh adanya perubahan cuaca, ekologi, dan durasi penyinaran Matahari.

Penyebab terbentuknya musim adalah karena Bumi mengelilingi Matahari dan melakukan rotasi pada porosnya.

Kemiringan rotasi Bumi ini mencapai 23,5 derajat dari sumbu tegak lurusnya.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan mengenai sebutkan kaidah kebahasaan teks eksplanasi dan contohnya yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.