Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Cerita Inspiratif Jenis Fiksi yang Tepat!

Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Cerita Inspiratif Jenis Fiksi yang Tepat!

paket-wisatabromo.com – Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Cerita Inspiratif Jenis Fiksi yang Tepat! Jawaban yang tepat sebagai berikut.

Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Cerita Inspiratif Jenis Fiksi yang Tepat!
Unsur-Unsur Teks Cerita Inspiratif Jenis Fiksi yang Tepat

Ada enam unsur-unsur dalam teks cerita inspiratif jenis fiksi yaitu: (1) tema

(2) alur

(3) karakter (penokohan)

(4) waktu

(5) konflik

(6) sudut pandang.

Berikut ini merupakan penjabaran setiap unsur  tersebut

1. Tema

Tema adalah suatu perumusan dari topik yang akan dijadikan landasan pembicaraan dan tujuan yang akan dicapai melalui topik tadi (Keraf 2004).

Sejalan dengan Nurgiantoro (2013) yang menyatakan bahwa tema sesuatu yang menjadi dasar cerita sehingga berkaitan dengan pengalaman kehidupan.

Yuniawan (2014) mengungkapkan bahwa tema dalam karangan narasi adalah gambaran umum mengenai suatu hal yang akan diceritakan.

2. Alur

Alur adalah kaitan antarperistiwa yang dikisahkan secara linear sehingga akan mempermudah pemahaman terhadap cerita yang ditampilkan (Nurgiantoro, 2013).

Selanjutnya, menurut Yuniawan (2014) alur mengatur bagaimana
tindakan-tindakan harus bertalian satu sama lain.

Bagaimana suatu insiden mempunyai hubungan dengan insiden yang lain.

Bagaimana tokoh-tokoh harus digambarkan dan berperan dalam tindakan-tindakan itu.

Selanjutnya, bagaimana situasi dan perasaan karakter (tokoh) yang terlibat dalam tindakan itu yang terikat dalam suatu kesatuan waktu.

3. Karakter (penokohan)

Cara mengungkapkan sebuah karakter dapat dilakukan melalui
pernyataanpernyataan langsung, peristiwa-peristiwa melalui pidato, percakapan, melalui monolog batin, tanggapan atas pernyataan atau perbuatan dari karakter lain, dan melalui kiasan atau sindiran-sindiran (Yuniawan, 2014)

4. Waktu

Suatu perbuatan atau suatu tindak-tanduk selalu terjadi dalam waktu.

Gerak laju suatu peristiwa selalu dihitung dari suatu titik waktu tertentu menuju ke suatu titik waktu yang lain (Yuniawan, 2014).

Menurut Nurgiantoro (2013) waktu dalam teks fiksi adalah urutan peristiwa yang ditampilkan dengan mendasarkan diri pada logika.

Bahwa pembaca mampu menentukan peristiwa mana yang terjadi terlebih dahulu terlepas dari penempatannya di awal, di tengah, atau di akhir.

5. Konflik

Narasi disusun dari rangkaian tindak-tanduk yang bertalian dengan sebuah makna.

Makna ini hampir selalu muncul dari suatu pertikaian atau konflik
kekuatan-kekuatan yang merangsang perhatian kita untuk melihat bagaimana situasi itu akan diselesaikan (Yuniawan, 2014).

Sejalan dengan Nurgiantoro (2013) konflik dapat terjadi secara konflik internal yakni konflik antara tokoh dengan dirinya sendiri dan konflik eksternal yakni antara tokoh dengan tokoh
lain.

Baca:

6. Sudut Pandang

Menurut Yuniawan (2014) mengungkapkan sudut pandang dalam narasi menyatakan bagaimana fungsi seorang pengisah (narator) dalam sebuah narasi.

Apakah ia mengambil bagian langsung dalam seluruh rangkaian kejadian (yaitu sebagai partisipan), atau sebagai pengamat (observer) terhadap objek dari seluruh aksi atau tindak-tanduk dalam narasi.

Sejalan dengan Nurgiantoro (2013) yang mengungkapkan bahwa sudut pandang adalah cara atau pandangan yang mendeskripsikan antara tiap persona.

ademikianlah jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan mengenai sebutkan unsur-unsur teks cerita inspiratif jenis fiksi yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *