Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Drama dan Contoh Telaahnya yang Tepat!

Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Drama dan Contoh Telaahnya yang Tepat!

paket-wisatabromo.com-Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Drama dan Contoh Telaahnya yang Tepat! Jawaban yang tepat atas pertanyaan tersebut tersaji berikut ini.

Sebutkanlah Unsur-Unsur Teks Drama dan Contoh Telaahnya yang Tepat!

Unsur-Unsur Teks Drama

Berikut ini adalah unsur-unsur teks drama.

1. Tema

Tema ialah suatu ide pokok atau sebuah gagasan utama dalam sebuah cerita drama.

2. Alur

Alur ialah jalan cerita dari sebuah pertunjukkan drama dimulai pada babak pertama sampai dengan babak terakhir.

3. Tokoh dan Perwatakan

Untuk tokoh drama terdiri atas tokoh utama dan tokoh pembantu. Tokoh utama disebut dengan primadona sedangkan pada peran pembantu disebut dengan figuran.

Watak ialah suatu perilaku yang diperankan oleh si tokoh drama tersebut. Watak protagonis ialah salah satu jenis watak dan protagonis ialah berwatak baik. Sedangkan watak antagonis ialah pemeran berwatak yang jahat.

4. Amanat

Pengertian amanat drama ialah sebuah pesan yang disampaikan dari pengarang cerita drama tersebut kepada penonton. Selain itu, amanat drama bisa disampaikan dengan melalui peran para tokoh drama tersebut.

5. Latar

Latar ialah suatu gambaran tempat, waktu, serta situasi yang terjadi dalam suatu kisah drama yang berlangsung.

6. Dialog

Dialog adalah ujaran dan lakuan yang diperankan tokoh. Biasanya, dialog disebut juga  dengan istilah “percakapan.”

7. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yaitu cara penyampaian drama tersebut.

Contoh Telaah Unsur-Unsur Teks Drama

Judul: Sahabat

Pemain: Tono dan Lulu

Sinopsis

Seperti biasa, di jam istirahat sekolah, Tono dan Lulu menghabiskan waktu dengan memesan makanan ringan di kantin dan berbincang-bincang. Tapi siang ini ada yang berbeda dengan sikap Lulu. Dia datang ke sekolah dengan wajah sembab seperti habis menangis. Tonopun mencoba mencari tahu apa yang terjadi pada sahabatnya itu.

Dialog

Tono : Lu, kamu tahu gak kenapa ikan hidup di air?

Lulu : Tak tahu (menunjukkan wajah cemberut).

Tono : Lho kok gitu sih? Kamu kenapa wajahnya cemberut terus gitu?

Lulu : Aku ada masalah Ton (sambil memutar-mutar sedotan plastik di gelas minumnya).

Tono : Masalah apa? Cerita dong sama aku, kan kita udah lama jadi teman baik.

Lulu : Sudahlah, ini rumit Ton. Kamu jangan ganggu aku.

Tono : Semua masalah itu rumit Lu. Sudah deh jangan suka menyimpan masalah sendirian. Nantinya kamu malah stres. Apa gunanya ada aku sebagai sahabat kamu kalau kamu mau berbagi cerita aja susah?

Lulu : Sudah seminggu ini orang tuaku tak akur. Mereka sering sekali ribut masalah sepele (tertunduk lesu).

Tono : Memangnya ada masalah apa sampai mereka bertengkar terus?

Lulu : Tak tahu, intinya mereka merasa sudah tidak cocok satu sama lain dan ingin menjauh.

Tono : Sabar ya Lu, semoga semua masalah ini cepat selesai. Kamu berdoa saja semoga mereka cepat berbaikan.

Lulu : Harapannya sih gitu. Tapi sepertinya susah.

Tono : Tidak ada masalah tanpa solusi. Semua masalah pasti ada jalan keluarnya, begitupun masalah yang sedang kamu hadapi. Meskipun ini menyangkut orang tua, pasti ada solusi terbaik yang bisa ditemukan. Kamu berdoa saja semoga masalah ini cepat selesai. Jangan putus asa dulu.

Lulu : Makasih ya Ton. Berkat kamu, masalahku sedikit berkurang. Setidaknya aku lega karena sudah cerita.

Tono : Nah gitu kan enak. Sekarang coba tebak lagi, kenapa ikan hidupnya di air? (sambil menampakkan wajah lucu untuk menghibur Lulu).

Lulu : Sudah takdirnya mungkin (sambil menepuk bahu Tono dan tersenyum).

Unsur-Unsur Teks Drama berjudul “Sahabat”

Berikut ini adalah unsur-unsur teks drama “sahabat”

1. Tema

Ide pokok atau sebuah gagasan utama dalam sebuah cerita drama tersebut adalah Peran sahabat.

2. Alur

Alur ialah jalan cerita dari sebuah pertunjukkan drama dimulai pada babak pertama sampai dengan babak terakhir.

Di dalam drama tersebut digunakan alur maju. Rangkaian kejadiannya sebagai berikut.

a. Lulu dan Tono beristirahat di kantin

b. Tono melemparkan tebakan

c. Lulu tidak menjawab tebakan malah cemberut

d. Tono bertanya mengapa cemberut

e. Lulu tidak mau menceritakan karena ruwet masalahnya.

f. Tono membujuk Lulu agar bercerita karena tidak ada masalah tanpa solusi

g. Lulu akhirnya mau menceritakan masalahnya

h. Lulu merasa lega hati setelah menceritakan masalahnya

3. Tokoh dan Perwatakan

Tono: Baik hati, suka perhatian, suka membantu menyelesaikan masalah temannya

Lulu  : suka menutupi masalah, cemberut, mau menerima saran temannya.

4. Amanat

Berdasarkan drama tersebut, amanat yang dapat disimpulkan adalah jika kita mempunyai permasalahan, maka baiknya bercerita pada teman untuk mendapatkan bantuan pemikiran dan solusinya. Dengan menceritakan pada teman atau orang lain, bisa membuat hati menjadi lega.

5. Latar

Latar ialah suatu gambaran tempat, waktu, serta situasi yang terjadi dalam suatu kisah drama yang berlangsung.

a. Latar tempat: di kantin sekolah

b. Latar waktu : pada jam istirahat sekolah

c. Latar suasana: mengharukan dan menyedihkan

6. Dialog

Dialog dalam drama tersebut dilakukan oleh dua tokoh, yaitu lulu dan Tono. Mereka memperbincangkan persamasalahan orang tua Lulu yang selalu bertengkar dan menyebabkan Luluk sedih.

7. Gaya Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam percakapan antara Tono dengan Lulu adalah bahasa sehari-hari.

Bahasa yang digunakan Tono lancar mengalir begitu saja. kata-kata yang digunakan Tono adalah kata-kata nasihat bagai orang tua kepada anaknya.

Jadi, bahasa yang digunakan Tono menunjukkan bahwa Tono lebih dewasa daripada Luluk.

Tono lebih mengutamakan pada bahasa non-emosi sedangkan Lulu lebih emosional. Hal ini ditandai dengan tidak mau menceritakan masalahnya pada Tono walaupun sudah diminta.

Baca:

Demikianlah jawaban yang tepat atas pertanyaan mengenai sebutkanlah unsur-unsur teks drama dan contoh telaahnya yang tepat! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.