Simpulan Isi Teks Eksposisi : Langkah Menyimpulkan dan Contohnya

Simpulan Isi Teks Eksposisi : Langkah Menyimpulkan dan Contohnya

paket-wisatabromo.com – Simpulan isi teks eksposisi menjadi bagian dari materi teks eksposisi.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai simpulan isi teks eksposisi.

Pembahasan ini meliputi pengertian, langkah menyimpulkan, dan contoh simpulan isi teks eksposisi.

Simpulan Isi Teks Eksposisi

Pengertian

Simpulan sering dimaknai sebagai hasil menyimpulkan. Pengertian simpulan lainnya adalah pendapat akhir dari suatu teks.

Simpulan isi  teks eksposisi adalah pendapat akhir dari suatu jenis teks yang bernama teks eksposisi.

Simpulan isi teks eksposisi dirumuskan dalam kalimat yang singkat dan padat. Namun, dapat mewakili semua gagasan dalam setiap paragraf.

Agar mampu menyimpulkan isi teks eksposisi, penyimpul harus mengetahui gagasan utama setiap paragraf dalam suatu teks eksposisi.

Kemudian merangkai setiap gagasan utama menjadi kalimat yang runtut dan padu. Kalimat tersebut disertai dengan pendapat penyimpul.

Langkah Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi

Ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan agar dapat menyimpulkan isi teks eksposisi dengan benar.

1. Perhatikan judul teks eksposisi

Judul mewakili isi paragraf atau teks. Dengan memperhatikan dan memaknai judul, pembaca dapat mengetahui isi teks secara umum.

2. Temukan gagasan utama setiap paragraf

Dalam teks eksposisi, setiap paragraf memiliki satu gagasan utama. Gagasan utama tersebut terdapat dalam kalimat utama.

Kalimat utama pada umumnya terletak di awal paragraf. Selain itu, ada juga kalimat yang yang terletak di akhir paragraf.

Ada juga, kalimat utama yang terletak di awal dan akhir paragraf. Biasanya kalimat utama berada di awal paragraf, lalu di akhir paragraf muncul lagi sebagai penguat.

3. Rangkaikanlah gagasan utama setiap paragraf

Gagasan utama setuap paragraf yang telah ditentukan, harap dirangkai menjadi kalimat ringkat dan sederhana. namun tidak mengubah makna dari isi teks eksposisi tersebut.

Contoh Simpulan Isi Teks Eksposisi

UN dan Kemajuan Dunia Pendidikan

Dampak Ujian Nasional (UN) terhadap kemajuan dunia pendidikan tampaknya masih dipertanyakan oleh banyak orang. Alasannya, UN hanya mengukur aspek pengetahuan dengan bentuk soal pilihan ganda. Padahal, hakikat pembelajaran mestinya mampu membawa siswa pada sikap kritis, kreatif dan selalu ingin tahu. Bisa jadi anak yang cerdas sejak kelas I tidak lulus gara-gara ketika ujian nasional terpeleset.

Kesibukan siswa menghafal dan terampil mengerjakan soal, jelas akan berpengaruh terhadap gaya belajar mengajar seorang guru. Siswa akan semakin jauh dari lingkungan yang merupakan modal awal untuk dibentuk menjadi pengetahuan melalui pengalaman belajar. guru pun tidak berusaha secara sungguh-sungguh untuk memberdayakan para murid agar benar-benar menjadi sosok generasi masa depan yang kritis. para guru lebih banyak mengajak sisiwa untuk belajar menghafal agar mendapakan nilai UN yang tinggi.

Jika UN dengan model hafalan semacam ini dilakukan secara terus-menerus, dunia pendidikan kita akan sulit melahirkan generasi masa depan yang kritis dan kreatif. Sejak di bangku sekolah, mereka telah diperlakukan seperti robot penghafal yang kehilangan daya nalar dan daya berpikir. mereka hanya patuh pada komando dan tidak pernah memiliki kesempatan untuk berpikir kritis dan kreatif.

Jika dunia pendidikan kita tidak mengalami kemajuan, tentu akan berdampak buruk terhadap kemajuan bangsa. Mereka yang kini tengah menimba ilmu di bangku sekolah itulah yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan negeri ini. hal ini penting diperhatikan secara serius agar negeri kita tidak akan kehilangan generasi yang kuat dan tangguh.

UN memang bertujuan baik untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan secara nasional. Namun, jika sistem yang digunakan kurang tepat akan sulit untuk dijadikan sebagai sarana pemetaan mutu pendidikan. Apalagi setiap kali UN berlangsung masih saja terjadi kebocoran kunci jawaban yang mencederai nilai kejujuran. Masalah ini benar-benar harus mendapatkan perhatian serius dari para pengambil kebijakan karena UN ikut menjadi penentu kemajuan dunia pendidikan kita.

Jika dicermati, kalimat utama  dan gagasan utama teks eksposisi di atas adalah sebagai berikut.
Paragaraf 1

Kalimat Utama:

Dampak Ujian Nasional (UN) terhadap kemajuan dunia pendidikan tampaknya masih dipertanyakan oleh banyak orang.

Gagasan Utama:

Dampak UN masih dipertanyakan

Paragraf 2

Kalimat Utama:

Kesibukan siswa menghafal dan terampil mengerjakan soal, jelas akan berpengaruh terhadap gaya belajar mengajar seorang guru.

Gagasan Utama:

Kesibukan siswa menghafal dan terampil mengerjakan soal

Paragraf 3

Kalimat Utama:

Jika UN dengan model hafalan semacam ini dilakukan secara terus-menerus, dunia pendidikan kita akan sulit melahirkan generasi masa depan yang kritis dan kreatif.

Gagasan Utama:

Dunia pendidikan akan sulit mendapatkan generasi yang kritis dan kreatif.

Paragraf 4

Kalimat Utama:

Jika dunia pendidikan kita tidak mengalami kemajuan, tentu akan berdampak buruk terhadap kemajuan bangsa.

Gagasan Utama:

Dampak pendidikan pada kemajuan bangsa

Paragraf 5

Kalimat Utama:

Masalah ini benar-benar harus mendapatkan perhatian serius dari para pengambil kebijakan karena UN ikut menjadi penentu kemajuan dunia pendidikan kita.

Gagasan Utama: Pengambil kebijakan harus memperhatikan masalah ini.

Baca:

Berdasarkan kalimat utama dan gagasan utama tersebut di atas, dapat rangkai menjadi satu kesatuan simpulan yang padu.

Ujian Nasional belum berdampak positif terhadap kemajuan pendidikan karena siswa hanya disibukkan dengan menghafal dan terampil mengerjakan soal sehingga berdampak pada kemajuan bangsa. Oleh karena itu, penentu kebijakan perlu memperhatikan persoalan tersebut.

Kalimat simpulannya ditandai dengan kata: “oleh karena itu.” Di dalam sebuah simpulan harus terdapat inti teks yang berasal dari tiap-tiap paragraf.

Kemudian diikuti pendapat penyimpul karena simpulan itu merupakan pendapat, dan pendapat itu adalah pendapat akhir.

Demikianlah pembahasan mengenai simpulan isi teks eksposisi. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.