Inilah Cara Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar Suatu Konstruksi

Inilah Cara Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar Suatu Konstruksi

paket-wisatabromo.com – Salah satu kegiatan yang banyak disukai anak-anak adalah menggambar. Hampir semua dinding rumah keluarga pemilik balita terkena coretan gambar anak. Itu tidak mengherankan. Karena anak memang sebagian besar suka menggambar.

Menggambar bisa mengasah kreativitas anak. Jika ia tak terbiasa dan tak melatih kemampuan untuk menggambar, ia akan menjadi sama dengan orang lain. Gambar akan seragam dengan yang lainnya, karena anak terbiasa meniru.

Kegiatan menggambar adalah hal yang penting untuk anak. Pasalnya, kegiatan ini melatih fungsi penting dalam pengembangan fisik, emosi, dan kognitif anak.

Aktivitas menggambar menjadi sarana bagi anak untuk mengekspresikan dirinya sendiri dengan gambar yang ia suka, asal jangan didiktekan gambar apa.

Gambar adalah tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan, dsb) yang dibuat dengan coretan pensil dan sebagainya pada kertas, dll. Gambar sering disebut dengan lukisan.

Konstruksi adalah susunan bangunan. Bangunan meliputi: bangunan rumah, gedung, gelanggang, masjid, dll. Berilah anak gambaran mengenai contoh konstruksi.

Ciri Spesifik Gambar Konstruksi

Spesifik adalah khusus atau yang bersifat khas. Misalnya bangunan rumah mempunyai ciri khusus atap berbentuk segitiga. Dan bangunan gedung mempunyai ciri khas bertingkat.

Ciri khusus gambar bangunan gelanggang adalah melingkar tidak beratap. Bangunan masjid mempunyai ciri khas menara masjid.

Inilah Cara Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar Suatu Konstruksi

Langkah mengajari anak menggambar konstruksi

Mengamati Contoh-Contoh

Agar anak dapat menggambar konstruksi, anak diminta melihat contoh-contoh gambar konstruksi rumah, gedung, gelanggang, masjid, dll. Tentunya gambar sudah disediakan lebih dulu yang Moms.

Anak juga diperkenalkan dengan berbagai bentuk-bentuk yang sudah jadi. Seperti bentuk segitiga, trapesium, persegi, persegi panjang, lingkaran, setengah lingkaran. Bentuk-bentuk tersebut sudah tersedia di pasaran terbuat dari plastik.

Menggambar Garis dan Bentuk

Kemudian, anak dilatih menggambar garis dan bentuk. Gambar garis terdiri atas gambar garis lurus horizontal, gambar garis vertikal, dan gambar garis lengkung.

Gambar bentuk yang bisa dilatihkan pada anak antara lain bentuk segitiga, trapesium, persegi, persegi panjang, lingkaran, setengah lingkaran, dll.

Menonton Video Tutorial Proses Menggambar Konstruksi

Jika sudah mahir menggambar garis dan bentuk, anak diminta menyaksikan tutorial proses menggambar konstruksi bangunan rumah, masjid, atau bangunan sekolah. Tutorial bisa dilakukan melalui tayangan video, bisa juga lewat contoh langsung Moms yang menggambar.

Misalnya: anak akan menggambar kontruksi rumah: mula-mula membuat gambar segitiga di atas yang akan difungsikan sebagai genting. Berikutnya, membuat gambar persegi melekat pada gambar segitiga. Bagian atas gambar persegi menempel pada alas segitiga.

Inilah Cara Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar Suatu Konstruksi

Membuat Gambar

Selanjutnya anak diminta membuat gambar empat persegi panjang di tengah gambar persegi untuk gambar pintu. Kemudian buatlah gambar empat persegi panjang dibuat berdiri. Bagian panjangnya diposisikan secara berdiri. Buat juga gambar jendela di sisi kiri dan kanan pintu.

Bisa juga anak diminta mengganti gambar segitiga diganti dengan gambar trapezium sebagai bagian atap rumah. Gambar jendela diletakkan di sisi kiri dan kanan pintu tapi berada di atas dengan bentuk persegi sejumlah empat.

Demikianlah langkah mengajari anak menggambar konstruksi bangunan rumah sederhana. Jika sudah lancar, anak diminta menggambar konstruksi bangunan yang lebih kompleks. Misalnya gambar masjig, sekolah, gelanggang, atau gedung bertingkat, bangunan pasar swalayan, dll.

Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar  Suatu Konstruksi

Sering bersama Anak bisa mengajaknya untuk lebih sering menggambar dan mewarnai sebagai cara untuk mendorong perkembangan fisik, sosial, emosi, dan kognitif anak, tapi dengan cara yang menyenangkan.

Proses melatih anak menggambar konstruksi bangunan harus dilakukan dengan sabar dan tekun. Jangan bosan melatih anak secara terus-menerus dan berkesinambungan.

Inilah Cara Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar Suatu Konstruksi

Berikut adalah beberapa saran untuk melatih dan membimbing anak menggambar

Sediakan Bahan

Sebagai orang tua, Moms sebaiknya memberikan bahanyang tepat untuk latihan menggambar bagi anak. Misalnya Moms menyediakan kertas gambar, buku gambar khusus, pensil pulas, atau kanvas. Untuk alat-alat pewarnaan, carilah yang nontoxic dan aman untuk anak-anak.

Jadi Teladan

Jadilah teladan. Dalam hal ini, bukan berarti Anda memberikan contoh gambar (mendikte) apa yang harus ia ikuti, tapi dengan menjadi teladan. Artinya, tunjukkan pada Anak bahwa Anda menyenangi dan menyukai kegiatan menggambar dan mewarnai.

Dukung Upaya Anak

Dukung upayanya untuk menggambar lewat ungkap cantiknya warna-warna yang bisa ia gunakan, garis gambar, dan bentuk yang bisa dicoba dilakukan oleh Anak. “Misal, cantik, ya, gambar rumah adik?”

Menceritakan Gambarnya

Ketimbang bertanya, “Kamu menggambar apa itu?”, sebaiknya tanyakan, “Ceritakan ke Moms segala yang ada di gambar kamu itu, dong.” Mengapa? Karena ketika Anda bertanya seperti pertanyaan yang pertama, Anak akan menangkapnya dengan pertanyaan “Itu gambar apa, sih?

Moms enggak ngerti.” Pertanyaan itu membuatnya merasa telah melakukan kesalahan dan tak tertutup kemungkinan ia akan malu untuk menggambar lagi karena ia merasa telah gagal menggambar.

Ajarkan Konsep Teknik Menggambar

Ajarkan konsep tentang teknik. Misal, tebal, tipis, lebar, sempit, gelap, terang, sudut, bentuk, kontur, dan sebagainya.

Inilah Cara Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar Suatu Konstruksi

Apresiasi Hasil Karya

Jangan lupa untuk mengapresiasikan hasil karyanya. Misal, dengan menempelkan hasil gambarnya di pintu lemari pendingin, atau dibingkai dan dipajang di ruang yang bisa dilihat banyak orang.

Tunjukkan pada sanak saudara, tetangga, atau relatif yang datang, sesekali pujilah karyanya tersebut. Hal ini akan mendorong kepercayaan diri Anak.

Beri Kesempatan Memilih Subjek

Berikan kesempatan untuk Anak memilih subjek yang ingin ia gambar dan lembar mewarnai yang ia inginkan. Beberapa orang menganggap bahwa lembar mewarnai akan mengungkung kreativitas anak.

Namun, kegiatan ini juga memainkan peran vital dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Bahkan kegiatan mewarnai pun bisa mendorong anak yang merasa sungkan untuk mulai menggambar dan mewarnai untuk mau mengambil krayon dan mulai mencoba mewarnai karakter kesukaannya.

Misal, anak yang tadinya sungkan untuk mau mulai menggambar dan mewarnai akan lebih mudah untuk memulai kegiatan ini dengan diminta mewarnai gambar konstruksi.

Manfaat Menggambar Konstruksi

Membantu anak membangun konsentrasi

Anak akan fokus dengan gambar-gambar kecil yang digambar. Anak juga akan berimajinasi yang akan dituangkan dalam gambarnya.

Meningkatkan koordinasi mata dengan tangan

Aktivitas menggambar sangat memungkinkan bagi anak untuk menyinkronkan apa yang dilihat dengan yang ditorehkan di dalam kertas gambar.

Meningkatkan kepercayaan diri pada anak

Hal ini dapat dirasakan anak manakala gambar buatan anak mendapat pujian dari orang tua. Pujian memang dapat membangun rasa percaya diri pada anak.

Inilah Cara Latih Anak Usia 3-4 Tahun Menggambar Suatu Konstruksi

Melatih kesabaran anak

Ketika menggambar membutuhkan waktu yang banyak. Waktu yang banyak itu digunakan untuk menggambar, dan menyempurnakan gambar.

Proses menyempurnakan gambar dilakukan anak sampai beberapa kali. Selama proses penyempurnaan gambar dibutuhkan kesabaran agar gambarnya menjadi lebih bagus.

Berkembangnya Motorik Halus Anak

Gerakan tangan, pergelangan tangan, dan jari tangan anak saat menggambar di kertas atau dinding rumah semakin terlatih dan berkembang.

Kemampuan tangan anak saat memegang atau menggenggam alat tulis untuk menggambar semakin mahir. Sehingga kemampuan motorik halus pada anak semakin berkembang.

Artikel terkait:

Ini 3 Tips Jitu Berpikir Simbolik pada Anak Usia 2-3 Tahun

Ternyata Permainan Simbolik bagi Anak Banyak Manfaatnya, Lho Moms

Demikianlah penjelasan mengenai cara melatih anak usia 3-4 tahun menggambar suatu konstruksi. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Sumber: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.