Kebahasaan Teks Persuasi dan Contoh Analisisnya yang Tepat

Kebahasaan Teks Persuasi dan Contoh Analisisnya yang Tepat

paket-wisatabromo.com – Jenis teks yang harus dipelajari peserta didik kelas VIII adalah teks persuasi. Jenis teks ini menuntut peserta didik kelas VIII agar memiliki pengetahuan diantaranya memahami Kebahasaan Teks Persuasi.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai aspek pengetahuan yang berkaitan dengan menelaah kebahasaan teks persuasi.

Kebahasaan Teks Persuasi adalah pembahasan mengenai hal yang berkaitan dengan penggunaan bahasanya di dalam teks persuasi.

Jadi, di dalam artikel kali  ini akan dibahas dua hal pokok. Pertama kaidah kebahasaan teks persuasi. Kedua, contoh penggunaan kaidah kebahasaan dalam  teks tersebu. Berikut ini pembahasannya.

A. Kebahasaan Teks Persuasi

Setidaknya ada 6 kaidah bahasa yang terdapat di dalam teks persuasi. Keenam kaidah tersebut dijelaskan sebagai berikut.

1.Terdapatnya penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, bujukan, dan sejenisnya. Seperti jangan, sebaiknya, hendaknya, waspadalah.

Berikut contohnya.

a. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Tapi, ya sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.

b. Sekali lagi kita harus hati-hati banget dan ekstra waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.

c. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan.

2.Menggunakan Kata Ganti

Untuk menjadikan pembaca lebih terbujuk, penulis mengunakan kata ganti kita. Dengan kata itu, menjadikan tidak ada pembeda antara dirinya dengan para pembaca.

Seolah-olah kepentingan pembaca juga sama-sama merupakan kepentingan penulis. Dengan demikian, daya bujuknya akan lebih kuat.

Kata ganti “kita” adalah kata ganti orang pertama jamak. Fungsinya menggantikan pembaca yang dipersuasi dan penulis atau pembicara yang memersuasi.

3. Memakai Kata Teknis

Menggunakan kata-kata teknis atau peristilahan yang berkenaan dengan topik yang dibahas.

Berkaitan dengan permasalahan remaja, digunakan kata-kata yang relevan dengan masalah itu, seperti teknologi internet, repdoduksi, aborsi.

4. Menggunakan kata-kata penghubung yang argumentatif. Misalnya, jika…maka, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.

5. Banyak digunakan kata-kata kerja mental, seperti diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, menduga, berpendapat, berasumsi, menyimpulkan.

6. Ada pula yang menggunakan kata-kata perujukan, seperti: berdasarkan data…, merujuk pada pendapat…..

Pernyataan-pernyataan seperti itu digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat bujukan yang digunakan penulis sebelum ataupun sesudahnya.

B. Contoh Analisis

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Tinggal di kota yang padat seperti di Jakarta, setiap setiap individu sebaiknya menjaga kebersihan lingkungan. Salah satu cara yang paling mudah dalam menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

(KATA KERJA AKTIF TRANSITIF: MENJAGA, MEMBUANG)

Seperti halnya saat musim penghujan di berbagai pintu air yang ada di Jakarta dipenuhi dengan tumpukan sampah yang tidak enak dipandang. Hal ini sering mengakibatkan air meluap dan banjir di daerah pemukiman.

(KATA KERJA MENTAL: TIDAK ENAK DI PANDANG)

Sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat aliran air pada selokan. Ketika hujan tiba akan menyebabkan banjir karena air tidak dapat mengalir pada selokan.

Baca:
(KATA PENGHUBUNG ARGUMENTATIF: KARENA)

Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

(KALIMAT AJAKAN: DITANDAI DENGAN KATA MARILAH)

Oleh karena itulah, menjaga kebersihan lingkungan wajib dilakukan oleh setiap individu

(KATA PENGHUBUNG ARGUMENTATIF: OLEH KARENA ITULAH).

Contoh Analisis Kebahasaan dalam teks persuasi lainnya (unduh)

Demikian pembahasan mengenai Kebahasaan Teks Persuasi dan contoh analisisnya yang Tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *