Modul Bahan Belajar Mandiri Mata Pelajaran PKN Guru PPPK Tahun 2021

Modul Bahan Belajar Mandiri Mata Pelajaran PKN Guru PPPK Tahun 2021

paket-wisatabromo.com – Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Modul bahan belajar mandiri mata pelajaran PKN guru PPPK tahun 2021 yang dapat dimanfaatkan para calon peserta seleksi.

Modul bahan belajar mandiri mata pelajaran PKN guru PPPK tahun 2021 ini dapat menjadi salah satu bahan belajar mandiri untuk persiapan seleksi guru PPPK tahun 2021, sehingga dapat memperkaya calon peserta dalam belajar.

Modul ini yang dikemas dalam konsep pembelajaran mandiri. Di dalam berisi pembelajaran yang berfungsi sebagai bahan belajar untuk mengingatkan kembali substansi materi mata pelajaran PKN yang akan diujikan pada tahun 2021.

Calon guru PPPK juga dapat menggunakan bahan belajar lainnya untuk menyiapkan diri mengikuti seleksi guru PPPK. Calon guru PPPK dapat mengkombinasikan modul belajar ini dengan sumber belajar lainnya.

Modul bahan belajar mandiri mata pelajaran PKN ini untuk memberikan pengalaman belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran di setiap materi dan substansi materi yang tersaji.

Komponen-komponen di dalam modul bahan belajar mandiri mata pelajaran PKN seleksi calon guru PPPK tahun 2021 dikembangkan dari beberapa modul yang diterbitkan oleh Dirjen GTK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Beberapa modul untuk pengembangan modul belajar mandiri mata pelajaran PKN tersebut adalah Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Modul Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan Modul Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Seperti diketahui bahwa Seleksi Guru ASN PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten dan profesional yang memiliki peran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik.

Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Pancasila yang prima.

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan seleksi guru ASN PPPK, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar pada tahun 2021 mengembangkan dan mengkurasi modul Pendidikan Profesi Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan bahan lainnya yang relevan sebagai salah satu bahan belajarmandiri.

Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru ASN PPPK ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan bacaan (bukan bacaan utama) untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan bidang studinya masing-masing.

Modul Bahan Belajar Mandiri Mata Pelajaran PKN Guru PPPK Tahun 2021

Isi Modul

Secara umum, modul bahan belajar mandiri mata pelajaran PKN guru PPPK tahun 2021 berisi deskripsi singkat, peta kompetensi, ruang lingkup, petunjuk belajar, dan pembelajaran tiap kompetensi.

A. Deskripsi Singkat

Dalam rangka memudahkan guru mempelajari modul belajar mandiri calon guru P3K, disusunlan bahan belajar model kompetensi terkait yang memuat target kompetensi guru dan indikator pencapaian kompetensi.

Bahan belajar mandiri bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berisi pembelajaran-pembelajaran bagi calon guru PPPK yang yang terdiri dari:
a. Pembelajaran 1 Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

b. Pembelajaran 2 Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

c. Pembelajaran 3 Penerapan hak dan Kewajiban serta Norma Pancasila

d. Pembelajaran 4 Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

e. Pembelajaran 5 Keberagaman dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bahan belajar mandiri ini memberikan pengalaman belajar bagi calon guru PPPK dalam memahami teori dan konsep pembelajaran dari setiap materi dan substansi materi yang disajikan.

Komponen-komponen di dalam bahan belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru PPPK dapat dengan mudah memahami teori dan konsep bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sekaligus mendorong guru untukmencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Bahan belajar mandiri calon guru PPPK diberikan latihan-latihan soal dan kasus beserta pembahasan yang bertujuan memberikan pengalaman dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan calon guru PPPK.

Rangkuman pembelajaran selalu diberikan disetiap akhir pembelajaran yang berfungsi untuk memudahkan dalam membaca substansi materi esensial.

Selain itu, mudah juga dalam mengingat pembelajaran dan materi-materi esensial, mudah dalam memahami pembelajaran dan materi-materi esensial, dan cepat dalam mengingat kembali pembelajaran dan materi-materi esensial

B. Peta Kompetensi

Bahan belajar mandiri ini dikembangkan berdasarkan model kompetensi guru. Kompetensi tersebut dapat dijabarkan menjadi beberapa indikator. Target kompetensi menjadi patokan penguasaan kompetensi oleh guru PPPK.

C. Ruang Lingkup

Ruang lingkup materi pada bahan belajar mandiri calon guru PPPK ini disusun dalam dua bagian besar, bagian pertama adalah pendahuluan dan bagian berikutnya adalah pembelajaran-pembelajaran.

Bagian Pendahuluan berisi deskripsi singkat, Peta Kompetensi yang diharapkan dicapai setelah pembelajaran, Ruang Lingkup, dan Petunjuk Belajar.

Bagian Pembelajaran terdiri dari lima bagian, yaitu bagian Kompetensi, Indikator Pencapaian Kompetensi, Uraian Materi, Latihan Soal/Kasus, dan Rangkuman.

Latihan/Kasus akan diberikan kunci dan pembahasan di bagian lampiran bahan belajar mandiri. Bahan belajar mandiri diakhiri dengan Penutup, Daftar Pustaka, dan Lampiran.

Rincian materi pada bahan belajar mandiri bagi calon guru PPPK adalah substansi materi esensial terkait :

a. Konsep dasar, prinsip, prosedur, dan metode pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

b. Konsep Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi dan Pandangan Hidup bangsa, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hukum dasar; Pengertian warga negara, Karakteristik warga negara, Hak dan Kewajiban, Norma Pancasila.

c. Keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

D. Petunjuk Belajar

Secara umum, cara penggunaan bahan belajar mandiri bagi calon guru PPPK pada setiap Pembelajaran disesuaikan dengan skenario setiap penyajian substansi materi bidang studi.

Bahan belajar mandiri ini dapat digunakan dalam kegiatan peningkatan kompetensi guru bidang studi, baik melalui untuk moda mandiri, maupun moda daring yang menggunakan konsep pembelajaran Bersama dalam komunitas pembelajaran secara daring.

Pembelajaran 1. Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
A. Kompetensi

Penjabaran model kompetensi yang selanjutnya dikembangkan pada kompetensi guru bidang studi yang lebih spesifik pada pembelajaran 1.

Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, ada beberapa kompetensi guru bidang studi yang akan dicapai pada pembelajaran ini.

kompetensi yang akan dicapai pada pembelajaran ini adalah guru PPPK mampu menjelaskan konsep dasar, prinsip, prosedur dan metode pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

B. Indikator Pencapaian Kompetensi

Dalam rangka mencapai komptensi guru bidang studi, maka dikembangkanlah indikator-indikator yang sesuai dengan tuntutan kompetensi guru bidang studi.

Indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran 1. Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah sebagai berikut.

1. Menjelaskan konsep dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,

2. Mengidentifikasi prinsip-prinsip pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3. Menjelaskan prosedur pembelajaranPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

4. Menjelaskan metode pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Uraian Materi

Sebelum Anda belajar lebih jauh tentang materi PPKn, Anda akan diajak untuk memahami kronologi perubahan istilah dari PKn menjadi PPKn beserta materi apa yang harus diajarkan dalam PPKn.

1. Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Perubahan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Tujuan Pendidikan Nasional sebagaimana telah dirumuskan dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kurikulum 2013 dirancang dengan tujuan untuk mempersiapkan insan Indonesia supaya memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan efektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradabandunia.

Salah satu langkah dalam penyusunan kurikulum 2013 adalah penataan ulang PKn menjadi PPKn, dengan rincian sebagai berikut.

1) Mengubah nama mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) menjadi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan(PPKn).

2) Menempatkan mata pelajaran PPKn sebagai bagian utuh dari kelompok mata pelajaran yang memiliki misi pengokohan kebangsaan.

Mengkoordinasi KI-KD dan indikator PPKn secara nasional dengan memperkuat nilai moral dan Pancasila; nilai dan norma UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945; nilai dan semangat Bhinneka Tunggal Ika; serta wawasan dan komitmen Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3) Memantapkan pengembangan peserta didik dalam dimensi:

a. pengetahuan Kewarganegaraan;

b. sikap Kewarganegaraan;

c. keterampilan Kewarganegaraan;

d.  keteguhan Kewarganegaraan;

e. komitmen Kewarganegaraan; dan

f. kompetensi Kewarganegaraan.

4) Mengembangkan dan menerapkan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik PPKn yang berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik sebagai warga negara yang cerdas dan baik secara utuh.

5) Mengembangkan menerapkan berbagai model penilaian proses pembelajaran dan hasil belajar PPKn.

Modul Bahan Belajar Mandiri Mata Pelajaran PKN Guru PPPK Tahun 2021 selengkapnya dapat diunduh pada link di bawah ini.

Modul Bahan Belajar Mandiri Mata Pelajaran PKN Guru PPPK Tahun 2021 (Unduh)

Baca: Modul Bahan Belajar Mandiri Mata Pelajaran IPS Guru PPPK Tahun 2021

Demikian modul bahan belajar mata pelajaran PKN guru PPPK tahun 2021. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *