Pedoman GEMASTIK Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK 2021
paket-wisatabromo.com- Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan pedoman GEMASTIK pagelaran mahasiswa nasional bidang TIK 2021.
Pedoman GEMASTIK pagelaran mahasiswa nasional bidang TIK 2021 ini diterbitkan dengan maksud memberi pedoman bagi pelaksanaan Fiksi tahun ini.
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat cepat dan memberikan perubahan serta perbaikan yang positif. Revolusi Industri 4.0 menjadikan Pendidikan harus memanfaatkan dan mengembangkan teknologi.
Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk mengembangkan prestasi didik dan satuan Pendidikan.
Berkaitan dengan peningkatan prestasi pada revolusi industri tersebut, maka dilaksanakan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi (Gemastik) sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi, litetasi data, dan literasi manusia.
Kompetisi ini sebagai momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa di era
Revolusi Industri 4.0 untuk berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan permasalahan yang ada.
Lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan ilmu digitalisasi. Kemampuan Soft Skill yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi, serta komunikasi yang baik dalam tim akan membentuk rasa kerja sama dan tanggung jawab bersama pada diri mahasiswa.
Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring, pada tahun 2021 Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi harus menyesuaikan dengan kondisi pandemic COVID 19 sehingga akan dilaksanakan secara daring dari awal sampai selesai.
Kondisi demikian, tidak menurunkan semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini.
Berkaitan dengan kegiatan untuk peningkatan soft skill dibidang teknologi infomasi bagi peningkatan kualitas lulusan dari Perguruan Tinggi, Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengembangkan kegiatan ini melalui kegiatan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi dan Komunikasi.
Kegiatan tahunan ini telah menjadi ajang positif bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, berinovasi dalam pemecahan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kesatuan dan kebanggaan terhadap kebhinekaan bangsa dan budaya.
Pedoman GEMASTIK Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK 2021
Latar Belakang
GEMASTIK atau Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan program Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia, sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.
Tema
Sedangkan tema GEMASTIK pada tahun ini yang digelar untuk ke-14 kalinya yaitu “TIK untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa yang Lebih Baik”.
Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia bahkan negara lainnya menyebabkan pelaksanaan GEMASTIK XIV akan dilaksanakan seperti tahun 2020 yaitu dengan metode daring secara keseluruhan dari babak awal hinggan akhir kegiatan.
Pagelaran ini diselenggarakan bersama salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai penyelenggara.
Tujuan
Berikut ini adalah Tujuan dari GEMASTIK yaitu:
1. Menjadi salah satu wahana penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menjaga keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, khususnya era Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong era Society 5.0,
2. Sebagai media bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasi dalam pengembangan TIK untuk keunggulan daya saing bangsa,
3. Meningkatkan kepedulian serta kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan IPTEK sehingga menghasilkan produk inovasi yang memiliki daya saing tinggi,
4. Sebagai sarana pendukung demi terciptanya inovasi dalam teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak terhadap lingkungan sekitar,
5. Memberikan wanaha untuk mahasiswa berinovasi dan berkreativitas dibidang TIK dimasa pandemi COVID-19 dan menjadikan hasil karya mahasiswa sebagai hasil nyata mahasiswa dalam membantu permasalahan di lingkungan keseharian.
Cabang Lomba
Kegiatan perlombaan dalam GEMASTIK XIV dilaksanakan dalam 2 (dua) babak lomba untuk semua cabang/divisi lomba, yaitu Babak Penyisihan dan Babak Final.
Untuk babak Penyisihan wajib diikuti oleh seluruh peserta pada setiap cabang/divisi lomba. Babak Final diikuti oleh para peserta yang dinyatakan lolos pada Pengumuman Babak Penyisihan masing-masing cabang/divisi lomba.
Babak Penyisihan maupun Babak Final GEMASTIK XIV dilaksanakan secara daring, dengan penyelenggaraan sesuai yang dijelaskan pada Aturan Pelaksanaan masing-masing cabang/divisi lomba.
GEMASTIK XIV menggelar 11 cabang/divisi lomba dalam bidang TIK (Teknologi Infomasi dan Komunikasi), baik dengan format pertandingan maupun kompetisi karya.
Berikut ini adalah 11 cabang/divisi lomba GEMASTIK XIV, yaitu:
1. Divisi I Pemrograman (Programming)
2. Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security)
3. Divisi III Penambangan Data (Data Mining)
4. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design)
5. Divisi V Animasi (Animation)
6. Divisi VI Kota Cerdas (Smart City)
7. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper)
8. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development)
9. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT)
10. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development)
11. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development)
Persyaratan Umum
1. Perguruan Tinggi peserta adalah perguruan tinggi yang terdaftar pada laman PD DIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) dan yang berada di bawah lingkup Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
2. Peserta adalah mahasiswa aktif yang terdaftar pada perguruan tinggi dan terdaftar pada laman PDDIKTI (https://pddikti.kemdikbud.go.id) pada saat dilakukan pendaftaran tim peserta hingga pelaksanaan babak final,
3. Setiap 1 (satu) tim peserta terdiri dari maksimum 3 orang mahasiswa,
4. Peserta belum pernah menjuarai kategori lomba yang sama pada Gemastik tahun sebelumnya,
5. Penulisan nama mahasiswa peserta wajib menggunakan nama lengkap tanpa disingkat,
6. Peserta wajib mengikuti seluruh jadwal dan aturan ketentuan kompetisi sesusai Buku Panduan edisi mutakhir pada setiap kompetisi tahunan,
7. Untuk lomba berbasis karya kreasi, karya yang diikusertakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA (suku – agama – ras – antar golongan), radikalisme, asusila dan plagiarisme, serta belum pernah mendapatkan juara pada kompetisi lain,
8. Semua kegiatan lomba (presentasi dan non presentasi) pada babak final dilaksanakan secara daring dan dimungkinkan terbuka (dihadiri oleh peninjau yang bukan finalis pada kategori lomba yang diikuti).
Pendaftaran
1. Pendaftaran Kepesertaan Perguruan Tinggi
a) Perguruan Tinggi yang mengikutsertakan mahasiswa GEMASTIK XIV terlebih dahulu mendaftarkan kepesertaan Perguruan Tinggi secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https:// pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id untuk mendapatkan akun Perguruan Tinggi.
b) Pengantar Peguruan Tinggi ditandangani oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan diunggah ke aplikasi pendaftaran tersebut diatas.
2. Pendaftaran Kepesertaan Tim
a) Pendaftaran Tim Peserta dilaksanakan secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id setelah pendaftaran kepesertaan Perguruan Tinggi diselesaikan;
b) Pendaftaran Tim Peserta diwajibkan untuk setiap tim peserta seluruh cabang/divisi lomba;
c) Peserta wajib mengunggah Kartu Tanda Mahasiswa dan Pengantar Perguruan Tinggi yang ditandatangani Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan;
d) Untuk setiap karya yang diikutsertakan, peserta wajib melampirkan pernyataan bahwa karya yang diikutsertakan pada GEMASTIK XIV belum pernah diikutsertakan pada kompetisi lain dan GEMASTIK tahun sebelumnya, diketahui oleh Pimpinan Fakultas/Departemen/Jurusan Bidang Kemahasiswaan.
3. Pendaftaran Ulang Peserta Babak Final
a) Pendaftaran Ulang Peserta Babak Final dilakukan secara daring melalui aplikasi pendaftaran pada laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id setelah Pengumuman Hasil Babak Penyisihan;
b) Pendaftaran dilakukan oleh masing-masing Tim Finalis (Mahasiswa) pada semua divisi GEMASTIK XIV dengan mengunggah Pengantar Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan untuk kepesertaan pada Babak Final;
c) Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan melaksanakan pendaftaran kehadiran Pembina dan Pimpinan Perguruan Tinggi di Babak Final.
Jadwal Kegiatan
Tahap 1, pendaftaran perguruan tinggi : 1 Juni – 15 Juli 2021
Tahap 2, pendaftaran tim untuk semua lomba : 15 Juni – 15 Juli 2021
Pemanasan Pra-Lomba
1. Divisi I Pemrograman : 01 Agustus 2021, 10.00 – 15.00 WIB
2. Divisi II Keamanan Siber : 31 Juli 2021, 09.00 – 22.00 WIB
Penyisihan Daring
1. Divisi I Pemrograman : 08 Agustus 2021, 09.00 – 12.00 WIB
2. Divisi II Keamanan Siber : 07 Agustus 2021, 18.00 – 23.00 WIB
Unggah Proposal
1. Divisi III Penambangan Data : 22 Mei – 29 Juli 2021
2. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna : 22 Mei – 29 Juli 2021
3. Divisi V Animasi : 22 Mei – 29 Juli 2021
4. Divisi VI Kota Cerdas : 22 Mei – 29 Juli 2021
5. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK : 22 Mei – 29 Juli 2021
6. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak : 22 Mei – 29 Juli 2021
7. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT : 22 Mei – 29 Juli 2021
8. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan : 22 Mei – 29 Juli 2021
9. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK : 22 Mei – 29 Juli 2021
Masa Penjurian Penyisihan
1. Divisi III Penambangan Data : 31 Juli – 10 Agustus 2021
2. Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna : 31 Juli – 10 Agustus 2021
3. Divisi V Animasi : 31 Juli – 10 Agustus 2021
4. Divisi VI Kota Cerdas : 31 Juli – 10 Agustus 2021
5. Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK : 31 Juli – 10 Agustus 2021
6. Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak : 31 Juli – 10 Agustus 2021
7. Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT : 31 Juli – 10 Agustus 2021
8. Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan : 31 Juli – 10 Agustus 2021
9. Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK : 31 Juli – 10 Agustus 2021
Pengumuman Daftar Finalis
Pengumuman lolos ke Babak Final semua divisi : 12 Agustus 2021
Pendaftaran Ulang Kepesertaan ke Babak Final
Untuk perguruan tinggi dan semua tim finalis : 24 – 30 September 2021
Babak Final dan Puncak Acara (semua Divisi Lomba) : 04 – 07 Oktober 2021 secara daring
Technical Meeting semua Divisi Lomba : 04 Oktober 2021
Pemanasan Pra-Final Pemrograman (Div. I) : 05 Oktober 2021 Pkl. 10.00 – 13.00 WIB
Pemanasan Pra-Final Keamanan Siber (Div. II) : 05 Oktober 2021 Pkl. 10.00 – 12.00 WIB
Penyelesaian Kasus Penambangan Data (Div. III) : 05 Oktober 2021 Pkl. 08.00 – 13.00 WIB
Upacara Pembukaan : 06 Oktober 2021 Pkl. 08.00 – 09.00 WIB
Kompetisi Babak Final Pemrograman (Div. I) : 06 Oktober 2021 Pkl. 09.30 – 14.30 WIB
Kompetisi Babak Final Keamanan Siber (Div. II) : 06 Oktober 2021 Pkl. 09.30 – 17.00 WIB
Presentasi dan Demo Karya Divisi III s. d. XI : 06 – 07 Oktober 2021
Upacara Penutupan, Pengumuman Pemenang,
dan Penyerahan Hadiah : 07 Oktober 2021 Pkl. 15.30-17.30 WIB
Pedoman GEMASTIK Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK 2021 selengkapnya (Unduh).
Pengumuman dan kegiatan GEMASTIK tahun 2021 dapat dibaca atau (Unduh) di sini.
Baca:
- Pedoman KKCTBN Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2021
- Panduan KJI Kompetensi Jembatan Indonesia Tahun 2021 : Unduh
- Panduan KBGI Kompetensi Bangunan Gedung Indonesia Th 2021 : Unduh
Demikian informasi mengenai Pedoman GEMASTIK Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK .Semoga bermanfaat.