Sebutkan 4 Aspek Bernegosiasi dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Sebutkan 4 Aspek Bernegosiasi dan Faktor yang Mempengaruhinya!

paket-wisatabromo.com – Sebutkan 4 Aspek Bernegosiasi dan Faktor yang Mempengaruhinya! Jawaban yang tepat sebagai berikut.

Sebutkan 4 Aspek Bernegosiasi dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Empat Aspek Bernegosiasi dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Bernegosiasi berupa kemampuan untuk memisahkan perasaan pribadi dengan masalah yang sedang dihadapi, dan kemampuan untuk berfokus pada kepentingan  bukan posisi.

Selain itu, kemampuan untuk mengumpulkan beberapa pilihan sebelum membuat keputusan akhir, kemampuan untuk memastikan bahwa hasil didasarkan pada kriteria obyektif.

A. Empat Aspek Kemampuan Bernegosiasi

Menurut Jackman (2005) terdapat empat aspek kemampuan negosiasi yaitu:

1. Kemampuan untuk memisahkan perasaan pribadi dengan masalah yang sedang dihadapi.

Negosiator harus mampu bersikap professional dengan tetap fokus pada masalah yang sedang dibicarakan, bukan pada orang yang terlibat di dalamnya, dan harus mampu mengesampingkan perasaan pribadi yang dapat mempengaruhi proses negosiasi.

2. Kemampuan untuk berfokus pada kepentingan bukan posisi.

Setiap negosiator berangkat dari posisi yang berbeda, menganggap lawan negosiasi sebagai “seseorang yang harus dikalahkan” adalah sikap yang kurang menguntungkan karena dapat menjebak dalam kecurigaan yang dapat mengalihkan kepentingan awal bernegosiasi.

3. Kemampuan untuk mengumpulkan beberapa pilihan sebelum membuat keputusan akhir.

Mampu mengumpulkan sebanyak mungkin pilihan agar tidak terjebak pada masalah atau solusi, hal ini akan meningkatkan kualitas kesepakatan akhir dan memperbesar  kemungkinan untuk memuaskan kebutuhan semua pihak yang terlibat.

Menyusun strategi negosiasi yang efektif sebelum negosiasi dimulai akan membantu mencapai kesepakatan.

4. Kemampuan untuk memastikan bahwa hasil didasarkan pada kriteria obyektif.

Orang karismatik atau vokal terdengar sangat menyakinkan selama negosiasi akan memberikan pengaruh yang tidak seimbang dalam mengambil keputusan, terlebih ketika seseorang memiliki keraguan.

Demi mencapai hasil maksimal sangatlah penting untuk mampu menggunakan kriteria yang obyektif, seperti menganalisis keuntungan dan kerugian dari tawaran yang diberikan.

B. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Negosiasi

Mc Guire (2004) mengatakan terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi kemampuan negosiasi yang baik.

1. Patience

Patience adalah negosiator yang baik menyadari bahwa negosiasi membutuhkan proses, termasuk di dalamnya untuk menghilangkan sekat di antara kedua pihak dan bukan merupakan hasil instan.

2. Self Confidence

Self confidence, yaitu negosiator yang baik menyadari bahwa dengan memiliki kepercayaan diri berarti memiliki pula keyakinan akan kemampuannya untuk mencapai keberhasilan negosiasi.

3. Communication Skill

Communication skill, yaitu negosiator yang baik menyadari bahwa dengan melibatkan dua pihak, negosiasi membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik agar mampu menangkap pesan secara efektif.

Filley (dalam Sepasthika, 2010) menyebutkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan negosiasisebagai berikut.

1. Kehadiran masing-masing pihak untuk mencapai tujuan.

Kehadiran ini merupakan bentuk kerjasama untuk mempertemukan perbedaan-perbedaan yang terjadi.

2. Kepercayaan diri pribadi untuk memecahkan masalah.

Pihak yang percaya bahwa mereka dapat bekerjasama, biasanya mampu melakukan pemecahan masalah dengan kepercayaan dirinya.

3. Kepercayaan terhadap perspektif sendiri dan pihak lain.

Pemahaman terhadap masing-masing sudut pandang akan menumbuhkan kepercayaan tersebut, karena saat bernegosiasi masing-masing pihak diharap mampu menerima sikap dan informasi secara akurat dan valid.

4. Motivasi dan komitmen untuk bekerjasama.

Untuk mewujudkan hal tersebut dalam rangka mencapai tujuan negosiasi, masing-masing pihak harus memiliki interest terhadap masalah yang dihadapi secara obyektif dan menunjukkan respon terhadap tuntutan dan kebutuhan masing-masing.

5. Komunikasi yang akurat dan jelas.

Merupakan komunikasi yang tidakmenimbulkan ambiguitas.

6. Pemahaman akan dinamika negosiasi.

Baca:

Demikianlah jawaban yang tepat atas pertanyaan mengenai sebutkan 4 aspek bernegosiasi dan faktor yang mempengaruhinya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *