Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Ekplanasi SMP MTS Kelas 8 Smt. 2

Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Ekplanasi SMP MTS Kelas 8 Smt. 2

paket-wisatabromo.com- Selamat berjumpa lagi. salam sehat selalu. Apa kabar? bagaimana belajar bahasa Indonesia kamu? Lancarkah? Artikel yang diposting kali ini berkaitan dengan soal-soal uji kompetensi jenis teks eksplanasi SMP MTs kelas 8 smt.2

Soal-soal uji kompetensi jenis teks eksplanasi SMP Mts kelas 8 smt 2 ini khusus buat kamu yang masih duduk di kelas 8 semester 2 SMP MTs. Namun, kalian yang lainnya boleh juga koq mengenal soal-soal yang berkaitan dengan jenis teks ini.

Soal-soal uji kompetensi jenis teks eksplanasi kelas 8 semester 2 SMP MTs ini disusun dalam bentuk pilihan ganda dan uraian yang dapat difungsikan sebagai penilaian harian (PH). Ikuti ya. Semoga dapat menambah wawasan kamu.

Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Ekplanasi SMP MTS Kelas 8 Smt. 2

Dasar penyusunan soal-soal ini adalah kompetensi dasar. Kompetensi dasar tersebut tentunya berkaitan dengan jenis teks eksplanasi.

Adapun kompetensi dasar tersebut, yaitu berikut ini.

1. Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam.

2. Meringkas isi teks eksplanasi berupa proses terjadinya suatu fenomena alam dari berbagai sumber.

3. Menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam

4. Menyajikan informasi dan data dalam bentuk teks eksplanasi proses terjadinya suatu fenomena secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, atau aspek lisan.

Untuk kompetensi dasar nomor 1 dan 2 merupakan aspek pengetahuan. sedangkan nomor 3 dan 4 merupakan aspek keterampilan.

Berikut ini adalah soal-soal uji kompetensi jenis teks eksplanasi.
A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat!

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-6!

Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan. Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi tetapi menguap sebelum mencapai daratan. inilah satu cara penjenuhan udara. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. Butir hujan memiliki ukuran yang beragam mulai dari pepat, mirip panekuk (butir besar), hingga bola kecil (butir kecil).

Hujan termasuk suatu bentuk gejala alam yang dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud air. Adapula pengendapan yang berwujud padat, seperti salju, es, atau aerosol (embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu. Pada siklus tersebut, hujan menjadi faktor penting. Siklus yang dimaksud adalah siklus hidrologi.

Siklus tersebut bermula pada penguapan air laut yang berubah menjadi awan dan berkumpul menjadi awan mendung, kemudian turun ke Bumi dalam bentuk hujan. Hujan pun kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur tersebut. Hal ini disebut siklus karena terjadi perputaran secara berulang-ulang dan teratur. Siklus hidrologi pada umumnya terus terjadi tiada henti. Karena siklus tersebut, persediaan air di bumi relatif tetap.

Meskipun hujan merupakan salah satu komponen siklus, hujan tidak terjadi setiap hari atau setiap waktu di suatu wilayah. Jika hujan tidak terjadi di suatu wilayah, kemungkinan di wilayah lain mengalami hujan. Hal ini juga disebabkan perputaran Bumi yang menyebabkan sebagian wilayah mengalami musim berlainan. Itu sebabnya siklus hidrologi tidak pernah berhenti di Bumi.

1. Pernyataan umum pada teks di atas terdapat pada paragraf….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

2. Deretan penjelas terdapat pada paragraf….

A. 2-2

B. 2-3

C. 2-3

D. 2-4

3. Penutup teks di atas terdapat pada paragraf…

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

4. Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks eksplanasi sesuai teks di atas adalah….

A. Berguna untuk menjelaskan mengapa sesuatu terjadi

B. Memuat informasi berdasarkan fakta.

C. Informasi bersifat keilmuan (sains).

D. Bertujuan meyakinkan orang

5. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri teks eksplanasi sesuai teks tersebut adalah….

A. terdapat tesis

B. informasi subjektif

C. teks berbentuk narasi

D. bertujuan meyakinkan orang lain

6. Judul yang sesuai dengan teks eksplanasi tersebut adalah….

A. Proses Terjadinya Hujan

B. Siklus Hidrologi di Bumi

C. Dampak Hujan bagi Manusia

D. Peran Hujan dalam Siklus Hidrologi.

7. Hujan termasuk suatu bentuk gejala alam yang dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud air. Adapula pengendapan yang berwujud padat, seperti salju, es, atau aerosol (embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu. Pada siklus tersebut, hujan menjadi faktor penting. Siklus yang dimaksud adalah siklus hidrologi.

Isi paragraf di atas adalah…

A. terjadinya hujan

B. terjadinya siklus air

C. terjadinya awan di atmosfer

D. hujan termasuk dalam siklus air

8. Jumlah air hujan diukur menggunakan alat pengukur hujan atau ombrometer. jumlah air tersebut dinyatakan sebagai kedalaman air yang terkumpul pada permukaan datar, dan diukur kurang lebih 0,25 mm. Satuan curah hujan menurut standar internasional adalah milimeter yang merupakan penyingkatan dari liter per meter persegi.

Isi paragraf di atas adalah…

A. jumlah air hujan

B. satuan curah hujan

C. alat pengukur jumlah air hujan

D. kedalaman air hujan yang terkumpul

9. (1) Meskipun hujan merupakan salah satu komponen siklus, hujan tidak terjadi setiap hari atau setiap waktu di suatu wilayah. (2) Jika hujan tidak terjadi di suatu wilayah, kemungkinan di wilayah lain mengalami hujan. (3) Hal ini juga disebabkan perputaran Bumi yang menyebabkan sebagian wilayah mengalami musim berlainan. (4) Dengan demikian, siklus hidrologi tidak pernah berhenti di Bumi.

Kalimat yang berisi interpretasi teks ditunjukkan nomor….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

10. Peritiwa berikut yang tidak dapat dijadikan bahan menulis teks eksplanasi adalah….

A. Penyebab seseorang terjatuh dari sepeda karena ketidak seimbangan tubuh.

B. Penyebab terjadinya banjir bandang akibat intensitas hujan yang tinggi.

C. Angin laut dan angin darat dimanfaatkan nelayan untuk melaut.

D. awan panas terjadi akibat gunung meletus membahayakan manusia

B. Kerjakan soal berikut ini!

Bacalah teks berikut ini!

Proses Terbentuknya Batubara

Batubara merupakan bahan bakar fosil yang berwarna hitam atau kecokelatan yang terbentuk jutaan tahun yang lalu jauh di dalam lapisan bumi. Batubara mudah terbakar dan terbentuk dari materi organik atau tanaman mati yang terkubur di rawa-rawa selama jutaan tahun yang lalu. Disamping itu, batubara juga memuat unsur lain, seperti belerang, hidrogen, oksigen, dan nitorgen dalam jumlah yang bervariasi. Batubara merupakan sumber daya alam yang memenuhi sebagian besar kebutuhan listrik di dunia.

Batubara terbentuk 3 ratus juta tahun yang lalu ketika sebagian besar permukaan bumi tertutup oleh rawa. Tanaman terestrial, terutama pohon-pohon tinggi di hutan rawa seperti lycopods, pakis raksasa, dan lumut jatuh ke dalam rawa atau genangan air. Karena perubahan iklim dan berbagai peristiwa bencana alam, sejumlah besar hutan tenggelam dalam rawa-rawa tersebut. Lapisan ini kemudian tertutup dengan lumpur dan pasir dalam jumlah besar. Pada bagian bawah membentuk lapisan basah yang disebut gambut.

Sebagai vegetasi yang mati dan terkubur dalam kondisi basah dan asam, pembentukan batu bara ini  terputus dari udara langsung. Oleh karena itu, proses de-kompisisi menjadi lambat dan hanya menghasilkan gambut sebagai tahap pertama pembentukan batubara. dengan peningkatan tekanan dari pemadatan antara lapisan sedimen, gambut berubah menjadi bituminous, batubara subbituminous, dan akhirnya bentuh utuh batubara.

Dalam setiap langkah, materi baru yang terbentuk lebih kaya karbon dibandingkan bahan pada tahap sebelumnya. Ini adalah proses pembentukan batubara.

1. Tentukan struktur teks eksplanasi teks tersebut!

2. Jelaskan ciri-ciri teks eksplanasi berdasarkan teks tersebut!

3. Buatlah ringkasan teks tersebut!

4. Dalam teks tersebut masih ditemukan kesalahan penulisan. Perbaiki kesalahan penulisan dalam teks tersebut berdasarkan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI).

5. Buatlah teks eksplanasi berkaitan dengan sumber daya alam yang ada di sekitarmu!

Soal-soal selengkapnya (unduh).

Baca:

Demikianlah Soal-soal uji kompetensi jenis teks ekplanasi SMP MTS kelas 8 smt. 2. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *