Soal Ulangan Harian Materi Teks Prosedur Kls. 7 Smt. 1 Tahun 2021/2022

Soal Ulangan Harian Materi Teks Prosedur Kls. 7 Smt. 1 Tahun 2021/2022

paket-wisatabromo.com- Halo, selamat berjumpa kembali. Salam sehat selalu, ya. Artikel yang akan diposting kali ini masih serangkaian dengan artikel sebelumnya. Kamu ingat kan? Kemarin sudah diposting soal-soal ulangan harian materi teks deskripsi. Juga soal-soal teks cerita fantasi. Pada kesempatan kali ini akan dibagikan soal ulangan harian materi teks prosedur kls. 7 Smt.1 tahun 2021/2022. Soal-soal ini dibagikan buat kamu yang masih di SMP MTs kelas 7 semester 1.

Untuk soal ulangan harian materi teks prosedur Kls. 7 Smt. 1 Tahun 2021/2022 ini disusun dalam bentuk soal pilihan ganda. Adapun pilihan jawabannya terdiri atas empat pilihanjawaban. Salah satu pilihan jawabannya merupakan kunci jawaban.

Pada umumnya, pilihan jawaban itu hampir mirip. Namun, hanya ada satu pilihan jawaban yang paling tepat. Oleh karena itu, kamu harus teliti membaca soal. Teliti juga dan memilih jawabannya.

Jika tidak memahami isi teks dalam soal, maka kamu akan mengalami kesulitan. Tentunya akan sulit dalam menentukan pilihan jawabannya.

Soal Ulangan Harian Materi Teks Prosedur Kls. 7 Smt. 1 Tahun 2021/2022

Berkaitan dengan soal, tentu kamu harus berhadapan dengan pertanyaan. Pertanyaan itu berbagai macam bentuknya. Ada pertanyaan esai, pilihan ganda, isian bagian rumpang, menjodohkan, dll.

Ups, ingat ya, pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya berkaitan dengan bahan yang akan ditanyakan. Pada kesempatan kali ini, bahan yang menjadi bahan pertanyaan adalah teks prosedur.

Bahan penyusunan soal teks prosedur

Tentu saja bahan penyusunan soal teks prosedur adalah kompetensi dasar. Setidaknya ada empat kompetensi dasar dalam bahasa Indonesia yang menjadi bahan pembelajaran teks prosedur.

Keempat kompetensi dasar tersebut berupa kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan.

Kompetensi pengetahuan meliputi berikut ini

3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibacadan didengar.

Kompetensi keterampilan terdiri atas:

4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar.

4.6. Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cindera mata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.

Tentunya materi teks prosedur sudah kamu pelajari bersama Bapak/Ibu gurumu. Namun, apabila ada yang belum paham, bacalah materi berikut ini.

Berikut ini adalah pengertian, ciri, tujuan, contoh teks prosedur.

Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah yang tepat secara berurutan sehingga menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan.

Berikut ini adalah ciri teks prosedur dari segi isinya yaitu adanya hal berikut.

1.  Panduan Langkah-langkah yang harus dilakukan.

2. Aturan atau batasan dalam hal bahan/kegiatan dalam melakukan kegiatan.

3. Isi kegiatan yang dilakukan secara urut (kalau tidak urut disebut tips).

Berikut ini ciri teks prosedur dari segi bahasa.

1. Menggunakan kalimat perintah.

2. Menggunakan kalimat saran, dan larangan.

3. Menggunakan kata yang menyatakan ukuran akurat.

Contoh: (¼ tepung, 5 buah rimpang kunyit).

4. Menggunakan kelompok kalimat dengan batasan yang jelas.

Contoh: rebus hingga menjadi bubur, lipat bagian ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki.

Contoh soal teks prosedur

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!

(1) Angklung merupakan warisan seni tradisional Indonesia. (2) Sebagai warisan seni yang sangat berharga, kita hendaknya belajar memainkan angklung. (3) Begini cara memainkan angklung. (4) Tirukan dengan baik!

1. Cuplikan teks di atas merupakan teks prosedur bagian …

A. Tujuan

B. alat dan bahan

C. langkah

penutup

2. Kalimat yang bernada persuasif dinyatakan dengan kalimat ….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Soal teks prosedur selengkapnya (Unduh)

Baca:

Demikianlah pembahasan mengenai soal ulangan harian materi teks prosedur kls. 7 Smt. 1 tahun 2021/2022. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *