Struktur Teks Cerpen dan Contoh Analisisnya yang Tepat

Struktur Teks Cerpen dan Contoh Analisisnya yang Tepat

paket-wisatabromo.com – Pada kesempatan ini akan dijelaskan mengenai struktur, analisis struktur teks cerita pendek dan contoh analisisnya.

A. Struktur Teks Cerita Pendek

 

STRUKTUR CERITA PENDEK

ORIENTASI
RANGKAIAN PERISTIWA
KOMPLIKASI
RESOLUSI

a. Orientasi

adalah struktur yang berisi pengenalan latar cerita. Bagian ini berkaitan dengan latar tempat, waktu, alur, hingga latar suasana.

Latar digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca. Dengan kata lain, latar merupakan sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis.

b. Rangkaian peristiwa yaitu kisah berlanjut melalui rangkaian peristiwa tak terduga.

c. Komplikasi

Adalah cerita bergerak seputar konflik atau masalah yangmemengaruhi latar waktu dan karakter. Tokoh utama mengarah kesolusi.

d. Resolusi

Yaitu solusi untuk masalah atau tantangan dicapai berhasil. Cara pengarang mengakhiri cerita.

2. Contoh Analisis Cerpen tentang “kegigihan.”

Gigih adalah modal meraih kesuksesan nilai karakter ini penting agar siswa terbiasa menjalani kesulitan dalam kehidupan nya. Seperti dalam cerita dibawah ini tentang anak pemulung yang gigih dan menjadi sukses.

Jangan Malu menjadi Orang Miskin

Aku anak seorang pemulung dan pekerja buruh. Ayahku buruh pabrik dan ibuku sering bekerja mengumpuli barang bekas, untuk menambah biaya sekolah dan kehidupan aku dan adik-adikku.

Namun aku bahagia dan selalu bersyukur. Aku memiliki kedua orang tua yang baik dan penyayang.

Penggalan cerpen di atas tergolong struktur bagian Orientasi. Karena bagian ini berkaitan dengan latar tempat, waktu, alur, hingga latar suasana. Latar digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca).

Banyak anak yang belum tentu seberuntung aku. Tidak punya ayah maupun ibu.

Walau aku selalu tidak percaya diri dengan keadaan kami tapi aku tetap berjuang dan belajar sebaik mungkin agar menjadi anak yang membanggakan orang tua.

Dan aku menjual kue di sekolah. Kue apa saja yang dibuat ibu aku jual di kelas ke teman-temanku. Walau tidak banyak cukup buat di tabung membayar uang sekolah. Kadang pisang goreng, bakwan dan lapis.

Aku tidak malu  aku membawanya dengan plastik besar setiap resting aku menawarkannya ke kawan-kawan.

Aku heran melihat teman-teman yang hidup berkecukupan namun tidak mau rajin belajar dan bersyukur. Ternyata benar kesungguhan dan pantang menyerah membuat siapa saja menjadi bahagia.

Kini aku duduk bangku mahasiswa untuk meneruskan beasiswa aku ke jenjang magister. Penggalan kisah diriku tadi adalah kisah waktu aku duduk di SD.

Walau kini ayahku telah tiada namun semua pengorbanan ayahku tidak akan aku sia-siakan. Kini aku telah bekerja di sebuah perusahaan.

Empat paragraph di atas tergolong struktur teks berupa Rangkaian peristiwa. Hal ini karena berisi kisah berlanjut melalui rangkaian peristiwa tak terduga.

Gajiku cukup untuk membiayai ibu dan adik-adikku sekolah. Aku sangat bersyukur karena selama ini banyak kemudahan yang allah berikan padaku.

Sekali lagi aku ingin katakan jangan malu menjadi orang miskin. Yang malu apabila diri kita tidak mampu menjadi orang yang tidak berguna.

Sedangkan paragraf di atas termasuk Komplikasi. Bagian berisi cerita bergerak seputar konflik atau masalah yang memengaruhi latar waktu dan karakter. Tokoh utama mengarah ke solusi).

Baca:

Walaupun aku telah sukses aku tetap meyakini kalau aku adalah anak miskin seorang pemulung yang tetap bersyukur dan belajar terus menerus agar menjadi orang yang sukses.

Bagian terakhir adalah solusi yang berisi masalah atau tantangan dicapai berhasil. Cara pengarang mengakhiri cerita.

Contoh analisis struktur cerpen lainnya (unduh).

Demikian penjelasan singkat mengenai struktur teks cerpen dan analisisnya. Semoga dapat menambah wawasan.

Incoming search terms:

  • https://paket-wisatabromo com/struktur-teks-cerpen-dan-contoh-analisisnya-yang-tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *