Jenis-Jenis Teks Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs

Jenis-Jenis Teks Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs

paket-wisatabromo.com – Jenis-jenis teks bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia jenjang SMP merupakan sarana yang harus dicapai untuk mencapai kompetensi dasar. Pembelajaran bahasa Indonesia harus terlaksana dengan berbasiskan teks.

Untuk setiap jenjang, jenis-jenis teks yang digunakan berbeda-beda. Dimulai dari jenis teks yang mudah ke yang sulit.

Meskipun berbeda, fungsi jenis-jenis teks sama yakni sebagai sarana mencapai kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan. Selain itu, teks juga berfungsi sebagai sarana pengembangan literasi peserta didik.

Berikut ini disajikan jenis-jenis teks untuk tiga jenjang peserta didik SMP.

No.
Jenis-Jenis Teks, Jenjang Kelas
VIIVIIIIX
1.DeskripsiTeks BeritaLaporan Hasil Percobaan
2.Cerita FantasiIklanPidato Persuasif
3.Teks ProsedurEksposisiCerita Pendek
4.Laporan Hasil ObservasiPuisiTeks Tanggapan
5.Puisi RakyatEksplanasiTeks Diskusi
6.Teks FabelUlasanCerita Inspiratif
7.SuratPersuasi
8.Drama

Artikel terkait:

Jumlah keseluruhan jenis-jenis teks tersebut ada 21. Dari 21 jenis teks tersebut, jika diklasifikasi hanya ada dua jenis tesk. Kedua jenis teks tersebut adalah teks sastra dan teks nonsastra.

Untuk jenis teks kelas VII terdapat tujuh teks dengan distribusi tiga teks sastra dan empat teks nonsastra. Kelas VIII terdapat delapan teks terdiri atas dua teks sastra dan enam teks nonsastra.

Sedangkan, jenis teks untuk kelas IX terdapat enam teks terdiri atas dua teks sastra dan empat teks nonsastra. Melalui jenis-jenis tersebut, kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan.

Setidaknya ada empat tahap yang harus dilakukan peserta didik untuk memahami setiap jenis teks tersebut. Tahapan tersebut antara lain: mengidentifikasi, menyimpulkan, menelaah, dan menyajikan.

1. Mengidentifikasi

Pada tahap mengidentifikasi teks, peserta didik diarahkan untuk membangun pemahaman terhadap informasi di dalam teks. Selain itu, peserta didik diminta mengenal tujuan dan fungsi teks.

Misalnya untuk teks deskripsi. Pada tahap mengidentifikasi teks deskripsi, peserta didik diarahkan agar dapat membangun pemahaman terhadap isi teks deskripsi. Peserta didik juga harus dapat mengenal tujuan dan fungsi teks deskripsi.

2. Menyimpulkan

Tahap ini menuntut peserta didik agar dapat menyimpulkan isi teks. Misalnya: peserta didik dapat menyimpulkan isi teks deskripsi. Kita ketahui bahwa untuk sampai pada tahap menyimpulkan, peserta didik harus mampu menentukan ide penting dari setiap teks.

3. Menelaah

Peserta didik diharapkan dapat menelaah setiap jenis teks melalui struktur dan kaidah kebahasaan teks. Misalnya: peserta didik dapat menelaah stuktur teks deskripsi. Selain itu, peserta didik juga diarahkan agar mampu menelaah kaidah kebahasaan dalam teks deskripsi.

4. Menyajikan atau Menyusun Teks

Ini merupakan tahapan paling akhir dari satu siklus kegiatan pembelajaran melalui jenis-jenis teks. Pada tahap ini diharapkan peserta didik dapat memahami langkah-langkah menulis teks. Akhirnya, peserta didik dituntut agar dapat menyusun teks secara utuh.

Tahapan-tahapan seperti itu akan berulang terus menerus dengan memanfaatkan jenis-jenis teks yang berbeda-beda. Dengan begitu, semua kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesi di tingkat sekolah menengah pertama dapat tercapai.

Selain itu, kemampuan literasi peserta didik juga meningkat setiap tahapan selalu menuntut peserta didik untuk mencari atau menemukan informasi. Kegiatan mencari atau menemukan informasi tidak mungkin dapat dilakukan tanpa kegiatan membaca dan menulis temuannya.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis teks Bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP/MTs. Semoga dapat menambah wawasan. Sampai Jumpa pada artikel berbagai jenis teks berikutnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *