Menulis Teks Pidato Persuasif dengan Cara yang Mudah dan Praktis

Menulis Teks Pidato Persuasif dengan Cara yang Mudah dan Praktis

paket-wisatabromo.com – Menulis teks pidato persuasif merupakan bagian dari materi pelajaran kelas IX semester 1.

Kompetensi dasar yang berhubungan dengan menulis pidato tersebut adalah menuangkan gagasan, pikiran, arahan atau pesan dalam pidato (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya) secara lisan dan/atau tulis dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.

Tentu kita masih ingat mengenai pengertian pidato. Pengertian pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.

Biasanya Pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Selain itu, Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik.

Materi tentang pengertian pidato tersebut sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan materi menulis teks pidato persuasif.

Menulis Teks Pidato Persuasif dengan Cara yang Mudah dan Praktis

Pada bagian ini akan disajikan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan menulis teks pidato persuasif, diantaranya: hal yang harus diperhatikan, langkah menulis, dan contohnya.

A. Hal yang harus diperhatikan

1. Struktur Teks 

Teks    dibentuk oleh beberapa bagian, yang antarbagiannya itu disusun secara sistematis dan saling berhubungan.Teks itu diawali dengan pengenalan isu, diikuti dengan paparan sejumlah argumen. Setelah itu, dinyatakan ajakan-ajakan, yang diakhiri dengan penegasan kembali.

a). Pengenalan isu, yakni berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu

b). Rangkaian argumen, yakni berupa sejumlah pendapat penulis/pembicara terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argumen-argumennya itu.

c).Pernyataan ajakan, yakni sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pembaca/pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Pernyataan itu mungkin disampaikan secara tersurat ataupun tersirat.

2. Kaidah Kebahasaan 

Pada saat menyusun teks pidato persuasif, hendaknya diperhatikan kaidah kebahasaan berikut ini. Penulis teks hendaknya menggunakan beberapa hal berikut ini.

a. Pernyataan langsung atau kata sapaan orang kedua, seperti hadirin, Bapak/Ibu, saudara-saudara

b. Kata dan ungkapan bersifat mengajak, atau membujuk. Beberapa kata yang dapat digunakan seperti “Mari”, “Ayo”, dan lain sebagainya.

c. Kata penghubung argumentatif, seperti: oleh karena itu, jika…maka…, akibatnya, dengan demikian, dll.

d. Kata-kata yang mempengaruhi hati dan mental pendengar, seperti: diharapkan, memprihatinkan, mengagumkan, berasumsi, menduga, menyimpulkan.

e.Kata-kata rujukan seperti: berdasarkan data…, merujuk pada pendapat…, dll.

f. Kalimat Saran

Saran adalah kalimat yang berisi usul agar dapat dipertimbangkan oleh orang lain. Dan saran pada umumnya ditandai dengan penggunaan kata sebaiknya, seharusnya, alangkah baiknya, seyogyanya, dan lain-lain.

g. Ajakan

Pada umumnya, ajakan berisi anjuran untuk diikuti oleh pendengar. Dan ajakan bertujuan agar pendengar berbuat atau bertindak seperti yang dikehendaki pembicara. sedangkan, ajakan pada umumnya ditandai dengan penggunaan kata mari, marilah, ayo, mohon, tolong, dan sebagainya.

3. Tujuan

Pidato persuasif merupakan teks yang berfungsi untuk memaparkan, memengaruhi, dan mengajak khalayak ikut meyakini hal-hal yang disampaikan, baik berupa fakta mupun argumen dalam melakukan sesuatu. Misalnya mengajak masyarakt untuk melakukan perbaikan kerusakan lingkungan.

B. Langkah-langkah Menulis

Pidato persuasif bersifat mengajak dan menghimbau masyarakat atau pendengar untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.

Pidato persuasif merupakan salah satu cara efektif guna menggerakan masyarakat untuk berbuat yang lebih baik dan lebih kreatif. Seringkali pada kegiatan atau acara tertentu kita banyak menemui pidato persuasif yang dilakukan kepada khalayak.

Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari di sekolah seorangguru berpidato tentang pentingnyabelajar untuk menggapai cita-cita atau pidato presiden yang mengandung unsur persuasif.

Berikut ini disajikan langkah-langkahnya:

1. Pilihlah satu tema teks pidato persuasif yang berkaitan dengan lingkungan hidup, kondisi sosial, atau keragaman budaya.

2. Tentukan Judul teks Pidato

3. Susunlah kerangka teks pidato persuasif sesuai dengan strukturnya

4. Kembangkan kerangka teks pidato persuasif menjadi teks utuh

5. Teliti teks pidato yang baru disusun dengan memperhatikan kaidah kebahasaannya.

Artikel terkait:
C. Contoh

Assalamualaikum W.W.

Marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, berkat karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, kita dapat berkumpul di pagi ini dalam keadaan yang sehat walafiat.

Tak lupa salawa tserta salam selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah memperjuangkan nilai dan agama yang luhur ini hingga sampai kepada kita semua.

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan tempat yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang Pendidikan karakter yang harapannya kelak para generasi muda yang mempunyai visi besar dalam membangun bangsa ini.

Saya juga berharap semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi saya sendiri dan kepada semua yang dapat hadir di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja. Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Hal ini bisa dilihat dari data yang telah disampaikan oleh beberapa lembaga. Misalnya, Salah satu lembaga independen memaparkan fakta yang mencengangkan, bahwa 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan seksual seperti ciuman, seks bebas dan bahkan berhubungan dengan sesama jenis.

Tidak hanya itu, data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak kalah mengherankan. Mereka mengeluarkan data bahwa pengguna narkoba dari golongan remaja mencapai 79% pada tahun 2015. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 20% dari tahun lalu. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa setiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat penggunaan narkoba.

Hadirin yang saya hormati,

Data-data tersebut sudah cukup membuktikan apa yang sedang terjadisaat ini. Lantas, dimanakah peran pendidikan sekolah, guru danorangtua?

Mengapa para remaja saat ini terjerumuske dalam kehidupan yang tidaksesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat kita?

Setelah diteliti ternyata pemuda atau remaja saat ini telah kehilangan karakternya sebagai ksatria. Hal ini disebabkan lemahnya Pendidikan karakter yang mereka dapatkan baik di sekolah maupun di rumah.

Lebih dari itu, sekolah saat ini hanya mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik dan mulia.

Oleh sebab itu, yang kita butuhkan saat ini adalah contoh pendidikan karakter agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi. Marilah kita beri teladan yang baik bagi generasi penerus bangsa.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan di hati. Akhir kata, Wassalamualaikum W. W.

Demikian penjelasan singkat mengenai teknik menulis teks pidato persuasif dengan cara yang mudah dan praktis. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *