Teks Laporan Hasil Percobaan Jenis Teks Untuk Peserta Didik Kelas IX/1

Teks Laporan Hasil Percobaan Jenis Teks Untuk Peserta Didik Kelas IX/1

paket-wisatabromo.com – Selamat berjumpa lagi di situs paket-wisatabromo. Pada kesempatan kali ini akan  dibahas teks laporan hasil percobaan yang ditampilkan dalam bentuk Power Point. Tampilan materi Bahasa Indonesia kelas IX semester 1 dalam bentuk PPT ini diharapkan dapat dipelajari lebih gamblang.

Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu siapa saja pembelajar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam mencari referensi tentang media pembelajaran PPT bahasa Indonesia kelas 9 semester 1 materi pembelajaran teks laporan hasil percobaan.

Dan harapannya, apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan belajar peserta didik dalam memahami materi teks laporan hasil percobaan.

Teks Laporan Hasil Percobaan

Jenis teks yang berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, percobaan, dan penelitian. Teks laporan percobaan ditulis berdasarkan percobaan data setelah pengamat selesai melakukan percobaan atau penelitian.

Kegiatan percobaan atau penelitian ini digunakan untuk memperoleh pengetahuan dalam bidang ilmu alam, psikologi, dan sosial. Sehingga terbentuklah hasil yang disebut dengan teks laporan percobaan.

Teks laporan hasil percobaan penting untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan dan data yang didapatkan. Teks laporan percobaan juga salah bentuk komunikasi ilmiah secara tidak langsung dengan orang lain.

Penulisan teks laporan hasil percobaan harus jelas, lengkap dan tidak bertele-tele atau terlalu banyak basa-basinya agar pembaca memahami isi teks dengan baik. Kejelasan teks laporan percobaan diperlukan dalam pemakaian bahasa, istilah, atau kata-kata mudah dipahami, dicerna, dan dimengerti bagi pembaca.

Ciri-Ciri 

Bentuk Teks laporan hasil percobaan disusun berdasarkan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian. Pembahasan masalah teks laporan percobaan dikemukakan secara objektif sesuai realitas yang dapat diuji. Adapun ciri-ciri teks laporan hasil percobaan antara lain:

  1. Disusun berdasarkan struktur isi teks secara runtut dan sistematis.
  2. Menggunakan bahasa ragam baku, jelas, komunikatif, dan logis.
  3. Ditulis dengan data lengkap sebagai pendukung laporan.
  4. Dibuat menarik.
  5. Menuntaskan masalah yang dimunculkan secara lengkap.
Contoh 
Teks Laporan Hasil Percobaan Membuat Teleskop Sederhana

Tujuan

Agar bisa mengamati benda-benda yang berada di langit, dibutuhkan alat canggih yang biasa disebut dengan teleskop. Teleskop adalah sebuah teropong besar yang dipakai di dalam astronomi.

llmu ini mempelajari benda-benda yang ada di langit atau luar angkasa. Astronomi tidak akan bisa berkembang dengan baik karena banyak orang yang berpendapat bahwa astronomi membutuhkan teleskop yang mahal serta memiliki teknologi yang canggih.

Percobaan ini bertujuan memberitahukan proses pembuatan teleskop sederhana yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda langit.

Alat dan Bahan
  1. Lensa objektif LUP / lensa cembung praktikum, biasa dijual di toko alat laboratorium, menggunakan diameter 5 cm.
  2. Pipa PVC dan perlup dengan panjang kurang lebih 30 cm.
  3. Perkakas seperti gergaji dan lem perekat.
  4. Lensa okuler bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan menggunakan diameter 2,5 cm.
Langkah-Langkah

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan terlebih dahulu panjang badan teleskop. Dengan menggunakan rumus fisika yang sudahkita ketahui: fob + fok = L.
  2. Potong pipa PVC yang panjangnya sudah diketahui tersebut.
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, kemudian sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi diujung paling depan pipa PVC yang sudah kamu ukur. Ingat, lensa objektif letaknya harus di depan lensa okuler. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  4. Teleskop sederhana telah selesai kamu buat.
Hasil

Setelah melalui langkah-langkah tersebut, kini teleskop sederhana dapat digunakan untuk mengamati benda-benda di langit, seperti kawah bulan atau pun planet-planet terdekat dengan bumi.

Simpulan

Untuk mengamati benda langit yang jaraknya jauh ternyata tidak selalu harus menggunakan alat yang memiliki teknologi yang sangat canggih. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan biaya yang relatif lebih murah dan sederhana.

Mengenal PowerPoint

Microsoft PowerPoint merupakan sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan baik itu pelajar, perkantoran, bisnis, pendidik, dan trainer.

Kehadiran PowerPoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template atau desain juga akan mempercantik sebuah presentasi PowerPoint.

Fungsi Microsoft PowerPoint
  1. Mempermudah dalam membuat, mengatur, dan mencetak berbagai slide.
  2. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
  3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan istimewa dengan dukungan fitur audio, video, gambar, dan animasi serta template dan desain yang akan dipergunakan.
  4. Mengkreasi  sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
  5. Menjadikan penggunanya lebih percaya diri dan lebih profesional dalam membawakan hasil presentasinya.
Keistimewaan Microsoft PowerPoint

Berikut ini 7 (tujuh) keistimewaan yang dimiliki oleh Microsoft PowerPoint. Adapun keistimewaan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan Membuat Slide Presentasi. Microsoft PowerPoint memudahkan seseorang yang sering melakukan presentasi di depan umum, terutama memakai alat bantu seperti screen projector. Dengan software tersebut, kita bisa menyiapkan slide pembelajaran atau presentasi yang berkualitas.
  2. Fitur Authoring Advanced. Microsoft PowerPoint menawarkan berbagai solusi untuk memproteksi dokumen dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yakni dengan fitur authorisasi. Pengguna bisa menandai, memberi kata sandi dan sampai mengenkripsi file yang telah dibuat menggunakan aplikasi tersebut.
  3. Fitur Cloud Service. Saat ini, microsoft sedang gencar-gencarnya berupaya memperkenalkan produk mereka, yakni One Cloud Service. Tak mau kalah dari kompetitornya, seperti Dropbox dan Google. Microsoft pun senggaja menyematkan embedded service dari program tersebut ke Microsoft PowerPoint dengan menyediakan opsi save to one cloud dan menerapkannya sebagai default penyimpanan sebelum pengguna menaruhnya ke local strorage.
  4. Memiliki Fitur Kolaborasi. Software PowerPoint mempunyai fitur kolaborasi yang memungkinkan seseorang bisa mengedit file presentasi secara bersamaan dari komputer berbeda. Sehingga, proses pengerjaan slide menjadi lebih cepat dan mudah.
  5. Dapat Diexport ke PDF. Ketika hendak mempresentasikan materi, tentu kita memberikan selebaran atau pegangan pada para siswa atau audience supaya mereka memahami point-point yang sedang dibahas. Tapi, kadang beberapa dari mereka tidak menggunakan platform microsoft, sehingga file yang telah didistribusikan tidak bisa dibuka. Dengan fitur ini, setiap audience dapat melihat dokumen yang dibagikan. Di samping itu, fitur export file ke PDF sangat berguna bila kita akan memprint slide. Apalagi format PDF telah disupport oleh berbagai form, sehingga kita bisa mencetaknya melalui form dan mesin apa saja.
  6. Template Bervariasi. Dan Template merupakan salah satu fitur yang terdapat pada PowerPoint. Serta Template digunakan sebagai latar belakang mempercantik tampilan presentasi. Tidak hanya satu, backround yang disediakan bervariasi. Sehingga, pengguna bebas mengkreasikan slide dan terfokus pada satu bentuk tampilan.
  7. Dilengkapi Beragam Tools. Dalam aplikasi PowerPoint terdapat berbagai tools, seperti text art, image import, animation import, video import dan masih banyak lagi yang akan membuat slide terlihat menarik. Tak hanya itu, keberadaan fitur-fitur tersebut juga berguna bagi yang ingin menyisipkan suara untuk menghasilkan slide yang lebih hidup dan membangkitkan emosi tertentu saat Bapak dan Ibu Guru melakukan presentasi di kelas.

Materi laporan hasil percobaan dalam bentuk power point dapat di download di sini.

Baca Juga:

Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang teks laporan hasil percobaan dalam bentuk powerPoint. Semoga dapat membantu pemahaman mengenai teks laporan hasil percobaan.

Referensi: dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *