12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

paket-wisatabromo.com – Pemalu adalah sebuah sifat atau karakter yang ditandai kecenderungan merasa canggung, khawatir, cemas, atau gugup selama interaksi sosial terutama dengan orang asing atau yang baru dikenal.

Sebagian anak mungkin mudah merasa malu saat dihadapkan pada situasi baru. Hal ini sebenarnya terbilang lumrah dan wajar terjadi. Namun agar sifat pemalu Anak tidak sampai mengganggu kehidupan sosialnya, orang tua perlu membantu menumbuhkan keberaniannya.

Elizabeth B. Hurluck (1987) mengatakan bahwa rasa malu sebagai reaksi emosional yang tidak menyenangkan yang timbul pada seseorang akibat adanya penilaian negatif terhadap dirinya.

Kesadaran dan Perasaan malu pada diri anak sangat tinggi. Pada umum, penyebab anak pemalu karena pengaruh orang tua yang selalu melarang anak berteman dengan orang yang tidak levelnya sehingga menyebabkan anak tidak mudah bergaul dengan temen-teman lainnya.

Selain itu, sebenarnya ada faktor lain yang turut dapat menyebabkan seorang anak menjadi pemalu, seperti meniru sifat orang tua, tidak diajarkan bersosialisasi sejak dini, korban perundungan (bullying), dan selalu dituntut menjadi untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal.

Ciri-ciri anak yang Terlalu pemalu antara lain: tidak dapat menatap mata lawan bicara ketika berbicara dengan orang lain. Dan, tidak bersedia untuk berdiri di depan orang lain yang lebih banyak.

Ciri-ciri lainnya adalah kurang berani berbicara dengan orang yang baru dikenal, lebih senang bermain sendiri. Dan sering melalukan aktivitas dengan teman akrabnya dan tidak mau melakukan aktivitas bersama-sama.

12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

Kiat Praktis Mengatasi Anak Pemalu Perlu Moms Ketahui

Kiat yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi anak pemalu yang menjadikan anak fleksibel bergaul, sebagai berikut:

1. Mengajak Anak Bersosialisasi dengan Lingkungan

Sebenarnya anak pemalu mungkin ingin bersosialisasi, namun mereka kerap merasa takut, ragu, dan tidak tahu bagaimana caranya. Perlu diingat, peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangatlah penting.

Moms sebaiknya mengajak anak pemalu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal ini penting dilakukan agar anak terbiasa berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Sekali-kali mengajak anak pemalu mengunjungi tempat-tempat baru yang memungkinkan anak akan bertemu dengan orang-orang baru. Beberapa anak mungkin tidak tahu harus bagaimana saat bertemu dengan orang.

Sebagai Orang tua, Moms perlu menunjukkan bagaimana cara menyapa orang, berbicara, dan bersikap ramah dengan orang lain. Dengan begitu, anak pemalu bisa meniru perilaku Moms. Sejatinya anak adalah peniru ulung, di mana ia akan meniru orang-orang terdekatnya terlebih Momsnya.

Dorong anak pemalu untuk menyapa temannya saat sedang berpapasan atau bermain bersama. Ajak temannya untuk berbicara dengan Moms, sehingga anak merasa suasana di sekitarnya nyaman.

Jika anak pemalu berhasil berbicara di depan orang lain, Moms mungkin perlu memberikan reward berupa pujian. Hal ini membuatnya merasa dihargai dan merasa perbuatan yang telah dilakukannya adalah benar.

12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

2. Menanamkan Rasa Percaya Diri

Percaya diri adalah kecerdasan seseorang mengakui kemampuannya untuk melakukan sesuatu. Hal ini berkaitan dengan hasil penilaian seseorang terhadap dirinya. Orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, biasanya memiliki penilaian yang positif terhadap dirinya.

Hal yang paling mendasar bagi kehidupan sosial anak di masa yang akan datang adalah menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Rasa percaya diri anak ikut andil dalam pembentukan pola pikir anak.

Hal tersebut yang akan mempengaruhi segala tindakannya dan menjadikan anak akan lebih mudah bergaul serta menunjukkan potensi dirinya dengan rasa percaya diri. Bangun keberanian anak untuk berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal.

Misalnya menyuruhnya untuk memesan makanan yang dia mau ke pelayan saat makan di restoran, atau memberinya uang untuk membayar barang belanjaan di kasir. Orang tua bisa juga mengadakan pesta kecil-kecilan di rumah dan mengundang teman-temannya beserta orang tua mereka.

Cara lain yang paling ampuh buat meningkatkan kepercayaan diri anak yang pemalu adalah dengan menghujani mereka kasih sayang. Sering-seringlah peluk mereka saat mengalami situasi yang kurang nyaman. Tunjukan pada mereka bahwa Moms tetap menyanyangi mereka apa adanya.

3. Membiarkan Anak Bereksplorasi

Menerapkan pola asuh yang baik pada anak sejak lahir dengan cara memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan eksplorasi terhadap berbagai hal yang ia inginkan dan tetap dalam pengawasan Moms.

12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

4. Menghindari Pemberian Sebuah Predikat

Moms sebaiknya menghindari pemberian predikat sebagai anak pemalu. Pada dasarnya, anak tidak pernah berpikir bahwa dirinya itu pemalu. Apabila Moms sering menyebutnya sebagai anak yang pemalu, hal ini bisa saja membuat anak lebih pemalu dari sebelumnya.

Hal terburuknya, anak akan memilih untuk menarik diri dari lingkungannya. Saat anak mendengar Moms memberi predikat dia “pemalu” yang sayangnya, sering kali diucapkan dengan nada dan kesan yang buruk.

Akibat lainnya adalah anak Moms akan makin menjadi-jadi sifatnya dan makin sulit diajak bersosialisasi. Anak malah makin sering uring-uringan tiap kali dihadapkan pada suasana serta orang baru.

Meski anak pemalu, baiknya hindari menyebutnya “anak pemalu”, karena ia bisa jadi akan benar-benar meyakini bahwa ia memang seperti apa yang dikatakan orang kepada dirinya. Katakan pula kepada orang-orang terdekatnya untuk tidak mengatakan hal serupa.

Sebaliknya, Moms dan Ayah bisa mendorongnya agar lebih berani, melalui kata-kata afirmatif dan suportif, setiap kali ia mencoba melakukan hal baru, seperti “Wah, anak Moms, jagoan dan pemberani, ya? Hebat!”.

5. Dorong Anak untuk Menceritakan Hal-Hal yang membuatnya Malu

Anak pemalu umumnya merasa sungkan untuk bercerita dan menampilkan kemampuannya. Oleh karena itu, cobalah mengajak Anak untuk mencurahkan isi hatinya, demi mencari tahu apa yang membuatnya mudah merasa malu.

Dengan begitu, Moms dan Ayah dapat menentukan cara yang tepat untuk mendorong keberanian anak dan melawan rasa malu yang ia rasakan.

Bila orang tua mampu mendengarkan isi hati anak, Anak juga dapat merasa memiliki tempat untuk mencurahkan perasaannya. Hal ini lambat laun akan membantunya untuk lebih berani berkomunikasi dengan orang lain.

12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

6. Hindari Memarahi Anak

Ketika anak mulai menampakkan sifat pemalu, Moms dan Ayah sebaiknya tidak lantas memarahi atau mengolok-oloknya. Jangan pula memaksa dia untuk melakukan hal yang ditakutinya. Cobalah untuk memahami perasaannya terlebih dahulu.

Posisikan cara pandang Moms dan Ayah, sebagaimana cara Anak memandang orang dan lingkungan di sekitarnya. Perlahan-lahan jelaskan kepadanya bahwa sebenarnya tidak ada hal yang perlu ia takuti. Moms dan Ayah juga bisa memberi contoh bagaimana cara menghadapi situasi yang Anak hindari.

7. Tunjukkan Keteladanan Orang tua

Jadilah contoh yang baik untuk anak.  Biasanya anak suka meniru apa yang dilakukan orang tua. Nah, ketika Moms dan Ayah sering menyapa tetangga saat bertemu di jalan atau bersikap ramah kepada orang lain dengan percaya diri, Anak mungkin bisa mencontohnya.

Moms dan Ayah dianjurkan untuk tetap sabar mendorong Anak menjadi pemberani dengan menjadi teladan dan memberi contoh padanya. Jika sifat pemalu sudah sangat berlebihan, sebaiknya Moms dan Ayah berkonsultasi ke psikolog anak untuk mendapatkan solusi yang tepat.

8. Beri Pujian

Saat anak pemalu berhasil menunjukkan rasa percaya dirinya atau berhasil menyapa orang lain, maka Moms dan Ayah dapat memberikan apresiasi untuknya, dalam bentuk pujian. Dengan begitu anak merasa bahwa ia sudah melakukan hal yang baik dan benar.

Sering-sering beri dia pujian jika ia melakukan hal yang baik. Misal, saat ia tersenyum pada teman Moms. Atau saat anak ikut bermain bersama sepupunya, Jangan pelit buat selalu memujinya setiap ia melakukan hal-hal yang bagus lainnya. Sikap Moms ini akan memberi dorongan positif pada anak untuk sering-sering melakukan hal tersebut.

12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

9. Jangan Memaksa

Jika anak Moms tak ingin berada di lingkungan yang baru atau bersikap menarik diri, biarkan saja. Berikan dia kelonggaran waktu, jangan membujuk terus-menerus yang membuat Moms frustasi hingga tanpa sadar mengambil langkah drastis malah memaksanya.

Semakin dipaksa anak akan semakin merasa tak nyaman dan berulah. Satu hal yang perlu Moms ketahui tentang anak pemalu, mereka adalah tipe pemerhati lingkungan.

Caranya bereaksi itu beda dengan anak lain. Moms hanya perlu membiarkan dia mempelajari situasi dengan caranya sendiri. selain itu biarkan ia yang tentukan kapan ia siap bergabung dengan kerumunan.

10. Sering Latihan

Sering latihan di rumah Sebelum menghadapi situasi yang asing bagi anak di luar rumah, ada baiknya Moms selalu melatihnya di rumah. Caranya, dengan memberikan informasi sejelas jelasnya pada anak sebelum mengajaknya ke luar.

Contoh, sebelum pergi katakan padanya, tujuan Moms sekeluarga pergi, alasan pergi ke sana (menegok bayi baru, arisan, ulang tahun, khitanan, ke taman bermain).

Jangan lupa, beri gambaran kira-kira di tempat itu anak akan bertemu dengan siapa saja. Moms boleh mengatakan padanya, “Nanti kasih salam yah, sama tante dan om.”  Dengan begitu anak Moms sudah bisa menduga situasi yang akan dihadapi.

Baca Juga

Inilah 13 Cara Tanamkan Kejujuran pada Anak di Masa Pandemi

Ciri, Manfaat dan Cara Mengembangkan Sifat Jujur pada Anak

Cara Mudah Atasi Permasalahan Anak Jika Ditinggal Ortu Pergi Bekerja

11. Lakukan Kontak Mata

Kalau sudah berada di tempat tujuan anak Moms tetap mengalami kesulitan beradaptasi dan mulai berulah. Tarik napas dalam-dalam, jangan terpancing emosi oleh ulahnya. Situasi seperti ini memang paling mudah memacing reaksi Moms buat memarahinya.

Sebenarnya, hal terbaik yang bisa Moms lakukan adalah melakukan kontak mata padanya. Beri dia tatapan “Nggak apa -apa kok, Moms di sini.” Dengan begitu anak Moms akan menyadari bahwa Moms ada dekatnya, jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan.

12 Kiat Praktis Atasi Anak yang Terlalu Pemalu Perlu Moms Ketahui

12. Bikin Janji Bermain

Buatlah janji bermain dengan salah satu teman sekolahnya. Ini akan membantu anak Moms berlatih dalam bersosialisasi. Sebab, bermain hanya dengan satu orang memudahkannya mengatasi situasi tak nyaman.

Namun yang perlu Moms catat, jangan memaksakan membuat janji bermain dengan seluruh teman kelasnya secara bergantian. Cukup dengan satu atau dua orang paling banyak selama beberapa bulan. Setelah anak mulai menikmati bermain dengan kawannya, ia akan mulai bermain dengan kawan lainya di sekolah.

Simpulan

Mengatasi rasa malu pada anak bukan hal yang bisa didapat secara instan. Mengatasi rasa malu bukanlah hal yang gampang dilakukan, apalagi pada anak-anak. Dukungan Moms, keluarga maupun  lingkungan sekolah menjadi modal utama dalam mengatasi anak yang pemalu.

Untuk itu, sebagai Moms harus bersikap sabar dan telaten jangan memaksakan kehendak pada anak. Karena hal tersebut dapat menimbulkan trauma dan rasa tidak nyaman anak terhadap Momsnya sendiri.  Oleh karena itu anak sangat membutuhkan dukungan orang terdekatnya  untuk mengatasi rasa malunya saat berada di tempat umum.

Mengatasi sifat pemalu pada anak tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Jadi, orang tua juga sebaiknya tidak memaksa atau memarahi ketika Anak masih menjadi sosok yang pemalu dan belum mampu menjadi pemberani sesuai ekspektasi orang tua.

Demikianlah Moms pembahasan mengenai 9 kiat praktis mengatasi anak yang terlalu pemalu yang perlu Moms ketahui. Semoga bermanfaat. Sampai Jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.