Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

paket-wisatabromo.com – Anak usia 4-5 tahun perlu mengetahui manfaat musim bagi kehidupan manusia. Hal ini difungsikan untuk mengasah kecerdasan naturalis anak. sehingga kemampuan dan penetahuan anak mengenai alam akan meningkat.

Berkembangnya kecerdasan naturalis pada anak, dapat digunakan anak untuk bersikap pada saat adanya pergantian musim. Selanjutnya, anak akan bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi akibat adanya perubahan musim dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila ada pergantian musim, mulai dari panas ke dingin membuat tubuh anak lebih sensitif. Apalagi untuk anak dengan bakat alergi, otomatis daya tahan tubuhnya turun, virus, bakteri mudah masuk, meningkatkan risiko mudah sakit.

Kenalkan anak mengenai pengertian musim. Musim adalah salah satu pembagian utama tahun yang dipengaruhi oleh bentuk iklim yang luas. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian musim adalah rentang waktu tertentu yang berkaitan dengan kondisi iklim.

Anak juga diberi tahu mengenai dua jenis musim. Beri tahu anak bahwa di Indonesia hanya dua musim saja, yaitu: musim hujan dan musim kemarau karena terletak di daerah tropis.

1. Musim Hujan

Pada kesempatan ini, anak diberi penjelasan mengenai manfaat musim hujan. Hujan merupakan fenomena alam yang sangat digemari kebanyakan orang.

Hujan adalah tetesan air dari langit yang jumlahnya tak hingga. Mendung adalah: awan yang mengandung hujan. Gerimis adalah hujan rintik-rintik. Hujan tapi sedikit airnya. Dengan demikian, anak akan mendapat pengetahuan tentang musim yang lebih banyak.

Bagi para petani hujan digemari karena membantu pekerjaan mereka untuk menyiram tanamannya. Hujan digemari karena kesegarannya, bagi anak-anak bermain air hujan adalah hal yang menyenangkan.

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Selain itu, suara rintikan hujan membuat suasana menjadi terasa menenangkan. Karena itu hujan menjadi fenomena alam yang paling digemari oleh kebanyakan anak dan orang dewasa.

Secara umum, manfaat musim hujan adalah tumbuhan menjadi subur, dan untuk mengairi ladang. Dan manfaat lainnya adalah sebagai sumber mata air, dan sebagai cadangan air, serta cuaca lebih sejuk. Berikut ini manfaat hujan secara khusus

Manfaat musim hujan yang perlu dijelaskan pada anak

Tidur lebih nyenyak

Saat cuaca di luar sedang dingin, hal pertama yang pasti Bunda lakukan adalah mengajak anak bersembunyi di balik selimut sambil bercerita tentang manfaat musim hujan. Diantaranya bisa tidur dengan nyenyak. Kondisi tubuh akan menjadi fresh kembali.

Ketika Bunda sulit tidur atau mengalami insomnia, coba atur suhu kamar Bunda jadi lebih rendah. Udara dingin bisa membantu Bunda tidur lebih cepat.

Suhu inti tubuh akan menurun secara alami ketika Bunda mulai memejamkan mata dan berusaha tidur. Seorang ahli kesehatan sekaligus pendiri Almeda Labs, Stacy Tucker, RN, mengungkapkan bahwa proses ini terjadi lebih cepat ketika cuaca di luar sedang dingin. Padahal, penurunan suhu ini normalnya memakan waktu hingga 2 jam saat cuaca sedang panas.

Nah, cara kerjanya sama seperti saat Bunnda mengatur suhu AC di kamar. Semakin sejuk suhu di ruangan, maka suasana akan terasa lebih nyaman dan membuat Anda cepat tidur.

Begitu juga dengan tubuh Anda. Semakin cepat suhu inti tubuh menurun karena terkena udara dingin, maka Anda juga akan semakin cepat mengantuk dan terlelap tidur.

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Lebih mudah membakar kalori

Bunda mungkin mengira bahwa olahraga di bawah terik matahari akan membakar kalori lebih banyak, daripada saat Anda olahraga di musim dingin. Padahal, kenyataannya justru sebaliknya.

Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Investigation tahun 2012 silam. Para ahli melibatkan 6 pria bertubuh sehat dan mengukur metabolisme tubuhnya pada saat cuaca dingin, tapi tidak sampai menggigil.

Lalu, para ahli menemukan bahwa metabolisme tubuh pria mengalami peningkatan hingga 80 persen saat cuaca dingin. Tubuh yang terkena udara dingin ternyata justru membakar lemak cokelat lebih banyak di dalam tubuh.

Tubuh manusia terdiri dari dua jenis lemak, yaitu lemak putih dan lemak kecokelatan (brown fat). Lemak putih berperan untuk menyimpan cadangan energi, sedangkan lemak cokelat bertugas membakar kalori untuk menghasilkan panas.

Saat berada di suhu dingin, tubuh Bunda bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu inti tubuh. Caranya, tubuh memerintahkan lemak cokelat tadi untuk membakar kalori lebih banyak guna mencegah kedinginan. Itulah kenapa, Bunda akan merasa lebih hangat dan tidak sampai menggigil di tengah cuaca dingin.

Membuat kulit sehat dan bercahaya

Biasanya, Bunda akan mengalami kulit kering dan kaku jika terkena udara dingin terlalu lama. Namun jangan salah, cuaca dingin justru bisa membuat kulit Bunda tampak sehat dan bercahaya.

Cuaca dingin berperan sebagai astringen yang dapat mengencangkan pori-pori kulit. Selain itu, suhu dingin juga dapat membantu memperlambat produksi minyak alami atau sebum sehingga kulit Bunda jadi lebih bercahaya dan terhindar dari jerawat.

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Mengurangi nyeri otot

Ketika kaki bengkak atau nyeri otot, Bunda mungkin langsung gerak cepat menempelkan kantong es untuk meringankan gejalanya. Nah, cara kerja kompres dingin inilah yang membuktikan bahwa suhu dingin bisa membantu mengatasi peradangan dan nyeri otot.

Saat terkena udara dingin, pembuluh darah yang melebar akan menjadi lebih rileks dan tenang. Akibatnya, rasa nyeri akibat kaki bengkak atau kram otot akan berangsur-angsur pulih setelah ditempelkan kompres es tadi.

Hal ini diperkuat juga melalui sebuah studi yang menemukan bahwa atlet yang melakukan terapi dingin (krioterapi) cenderung lebih cepat pulih dan bertenaga, daripada atlet yang mendapatkan terapi hangat.

Mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk

Salah satu keuntungan berada di cuaca dingin adalah dapat terhindar dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, contohnya demam berdarah dan virus Zika. Suhu yang cukup dingin, yaitu di bawah 10 derajat Celcius, biasanya digunakan oleh nyamuk Aedes dan Culex untuk hibernasi dan tidak aktif menyerang manusia.

Ini artinya, kemungkinan Bunda terkena gigitan nyamuk saat cuaca dingin cenderung lebih rendah. Dengan begitu, Bunnda bisa sedikit bernapas lega dengan bayang-bayang risiko terkena demam berdarah saat cuaca sedang dingin.

Pikiran jadi lebih jernih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pekerja kantoran yang bekerja di dalam ruangan yang dingin lebih mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal, dibandingkan pekerja yang bekerja di dalam ruangan hangat.

Para ahli berpendapat bahwa fungsi otak seseorang diatur oleh kadar glukosa alias gula darah. Selain dipengaruhi oleh makanan, kadar gula darah dalam tubuh ternyata juga dipengaruhi oleh suhu inti tubuh Bunda sendiri.

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Saat cuaca di luar sedang panas, tubuh akan menggunakan lebih banyak glukosa untuk menurunkan suhu tubuh. Akibatnya, tubuh malah kekurangan asupan glukosa dan membuat Bunda jadi berkeringat, pusing, dan tidak fokus.

Sebaliknya, ketika cuaca di luar sedang dingin, tubuh Bunda menyimpan lebih banyak glukosa. Karena tidak banyak glukosa yang digunakan, maka tubuh Anda tidak akan mengeluarkan keringat.

Pada saat yang bersamaan, fungsi otak Anda justru bekerja maksimal sehingga pikiran jadi lebih jernih dan fokus. Alhasil, akan lebih banyak inspirasi baru yang muncul saat udara di luar sedang dingin.

2. Musim Kemarau

Musim kemarau adalah kondisi yang terjadi di wilayah Indonesia dengan ciri utama turunnya curah hujan yang signifikan. Pada kondisi ini, kerap terjadi bencana kekeringan dan kekurangan air.

Musim kemarau selalu identik dengan tidak adanya hujan, kekeringan, udara kering, panas, susah air dan masih banyak lagi hal-hal negatif yang diasosiasikan dengan musim kemarau termasuk jenis-jenis penyakit seperti diare yang dianggap disebabkan oleh musim kemarau.

Tapi tahukan Bunda dibalik semua hal tersebut ternyata juga banyak sekali manfaat musim kemarau. Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat musim kemarau ada baiknya Bunda mengetahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya musim kemarau.

Musim kemarau juga dikenal dengan musim kering yang dipengaruhi oleh angin muson dan hanya terdapat di daerah beriklim tropis. Jadi Indonesia termasuk salah satu negara beriklim tropis yang mengalami musim kemarau.

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Manfaat Musim Kemarau

Setelah mengetahui apa itu musim kemarau berikut adalah beberapa hal yang tentunya penting juga untuk diketahui yaitu manfaat musim kemarau bagi kehidupan masyarakat pada umumnya.

Proses Penjemuran Menjadi Lebih Cepat

Salah satu manfaat utama dari musim kemarau adalah segala jenis proses penjemuran menjadi lebih cepat. Dalam skala rumah tangga, para ibu rumah tangga akan senang karena cucian cepat kering.

Dari segi ekonomi pun musim kemarau dengan matahari berlimpah tentunya akan menguntungkan para pebisnis laundry, pengrajin kerupuk, petani garam tradisional sampai para pembuat ikan asin karena proses penjemuran tidak akan terkendala.

Potensi Penggunaan PLTS

Walaupun PLTS di Indonesia masih kurang populer tapi PLTS merupakan potensi penghasil listrik saat musim kemarau. Terutama bagi wilayah-wilayah yang belum mendapat pasokan listrik, penggunaan tenaga surya lewat surya panel sangat membantu menyediakan ketersediaan listrik skala kecil maupun skala menengah.

Saat Musim Kemarau Cuaca Cenderung Stabil

Ketika musim kemarau cuaca memang cenderung stabil sehingga potensi bencana yang biasanya terjadi pada musim penghujan seperti tanah longsong dan banjir juga tidak terjadi pada musim kemarau. Para nelayan juga lebih aman melaut mencari ikan saat musim kemarau karena cuaca akan cerah dan baik untuk navigasi.

Lebih Mudah Melakukan Segala Aktivitas

Musim kemarau merupakan waktu yang tepat untuk melakukan segala aktifitas di luar rumah. Jika Anda ingin pergi berlibur dengan keluarga, musim kemarau adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Anda bisa berlibur ke pantai, berkemah ataupun sekedar melakukan kegiatan di luar rumah.

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Baca Juga:

Ajaklah Anak Usia 4-5 Tahun Mengenal Konsep Musim Dalam Keseharian

Cara Mudah Atasi Permasalahan Anak Jika Ditinggal Ortu Pergi Bekerja

Populasi Nyamuk Berkurang

Salah satu ancaman yang sering terjadi pada musim penghujan adalah mewabahnya penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Pada musim kemarau para orangtua boleh sedikit lega karena pada musim ini populasi nyamuk akan berkurang drastis karena kurangnya genangan air walaupun tentu saja tetap harus waspada.

Waktu Tepat untuk Menanam Palawija

Banyak petani mengeluh ketika musim kemarau sawah irigasi mereka akan kekurangan pasokan air. Oleh karena itu dari pada hanya bergantung pada satu jenis tanaman, musim kemarau merupakan waktu yang tepat untuk memanfaatkan sawah irigasi yang kering untuk menanam tanaman palawija yang juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Kenalkan Anak Usia 4-5 Tahun Pada Manfaat Musim Bagi Kehidupan

Transportasi Laut Lancar

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika musim kemarau adalah transportasi laut akan lancar dan tidak terkendala karena seperti yang disebutkan pada poin nomer tiga, kondisi cuaca pada musim kemarau cenderung stabil.

Dengan tingginya harga tiket pesawat akhir-akhir ini mungkin transportasi laut bisa menjadi solusi atau alternatif pilihan jika ingin bepergian sekalian mencari pengalaman baru.

Cara Mengajari Anak Usia 4-5 Tahun mengenal manfaat musim antara lain dengan meminta anak mewarnai dan menggambar, bernyanyi, mendongeng, menonton dan memberi penjelasan secara langsung.

Bunda dapat memanfaatkan waktu bermain dengan anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Berikan materi mengenai manfaat musim tersebut secara bertahap sedikit demi sedikit. lama kelamaan, pengetahuan anak mengenai musim dan manfaatnya akan bertambah.

Demikianlah pemabahasan mengenai cara mengajak anak usia 4-5 tahun mengenal manfaat musim dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih semoga menambah wawasan. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published.