14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

paket-wisatabromo.com – Pada awal tahun pelajaran baru ini tanggal 13 Juli anak sudah mulai aktif masuk sekolah. Agenda masuk sekolah sudah jauh berbeda dengan masa sebelum pandemi.

Jumlah anak di dalam kelas dibatasi. Satu meja satu anak. pertama masuk pagi, di pintu gerbang sekolah sudah dicek suhu dengan alat thermogun. Lalu disarankan mencuci tangan dan masuk kelas secara berjauhan.

Mereka masuk kelas hanya sekitar dua jam pelajaran. Tidak ada waktu beristirahat, berangkat pulang sekolah harus diantar orang tua. Anak tidak diperkenankan pergi ke sekolah naik kendaraan umum. Hal ini demi mencegah anak sekolah terpapar dari virus corona.

Sabar dan kesabaran merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki setiap orang. Dan seperti yang kita ketahui, Moms atau orang dewasa lainnya pun belum tentu bisa bersikap sabar dengan baik dan benar.

Kesabaran merupakan modal hidup yang harus dimiliki setiap orang di dunia ini. Bermodalkan kesabaran, anak pun jadi lebih siap dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan dalam hidupnya kelak.

Cara mudah Melatih Anak agar bersikap Sabar Di Era New Normal

Berikut ini beberapa cara melatih anak bersikap sabar yang dapat Moms terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

1. Beri Keteladanan

 Keteladanan menjadi kunci utama dalam segala hal. Karena anak adalah peniru. Oleh karena itu, Moms termasuk orang yang paling dekat dengan anak. Maka, jadilah teladan yang baik bagi anak dalam segala hal. Termasuk dalam hal sabar dan kesabaran.

Dalam melatih kesabaran anak, ingatlah bahwa kesabaran Moms sendiri juga ikut diasah. Jadi, sudah siap menjadi teladan bagi anak dalam melatih kesabaran.

Misalnya, Mams ajak anak pergi ke tempat tertentu. Misalnya Ke warung, ke toko, ke bank, ke pasar swalayan. Moms harus menunjukkan kesabaran pada anak ketika meng-antre di toko, di warung, di bank, dan di pasar swalayan.

2. Mintalah Mengunyah Makanan 32 kali

Melatih anak bersikap sabar bisa dilakukan melalui kegiatan makan sehari-hari. Selain melatih anak untuk bersikap sabar, mengunyah makanan juga bermanfaat untuk lebih menikmati makanan dengan baik, dan menunjang Kesehatan gigi serta mulut.

Caranya adalah anak diminta menyuap makanan dan lauknya satu sendok. Kemudian anak diminta menghitung jumlah kunyahan. Jika sudah mengunyak sejumlah 32 kali, Anak diminta menelan makanannya.

Secara lebih rinci, berikut ini cara mengunyah makanan yang dilansir Healthline: Jangan sampai sendok atau garpu Anak dipenuhi makanan. Ambil makanan secukupnya saja, dan pastikan makanan tidak sampai berjatuhan. Ketika makanan sudah di mulut, tutuplah bibir dan mulai mengunyah.

Lidah Anak harus memindahkan makanan dari satu sisi ke sisi lainnya, agar tidak satu sisi gigi saja yang mengunyah. Rahang Anak juga harus sedikit berputar.

Kunyahlah makanan secara perlahan, hitung hingga 32 kali dalam setiap gigitan. Anak mungkin perlu mengunyah dalam jumlah lebih besar tergantung pada jenis makanan.

Setelah tekstur makanan melunak, Anak dapat menelannya.

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

3. Gunakan Aneka Permainan

Ada berbagai jenis permainan dan aktivitas memang dirancang untuk melatih kesabaran anak. Jenis-jenis permainan itu antara lain dengan puzzle, lego, catur, ular tangga. Mainan-mainan tersebut bisa membuat anak lebih tenang, teliti, dan sabar.

4. Ajak Bercocok Tanam

Kegiatan selanjutnya untuk melatih kesabaran Anak adalah dengan mengajak mereka menanam tanaman. Moms juga bisa mengajak anak bercocok tanam. Merawat tanaman sampai tumbuh subur adalah cara ampuh mengajari anak pentingnya bersabar.

Pertama-tama, Moms bisa tanyakan buah, sayuran, atau bunga apa yang mereka suka. Kemudian, ajak mereka ke toko tanaman untuk membeli bibit dan peralatan yang dibutuhkan.

Ajak Anak untuk turun langsung menanam bibit tersebut. Jangan lupa berikan penjelasan bahwa tanaman butuh waktu untuk bisa tumbuh dengan baik ya, Moms!

Sehingga mereka perlu bertanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut, mulai dari menyirami tanaman setiap hari hingga memberi pupuk.

Selain melatih melatih kesabaran, Anak akan mendapatkan pengalaman bagaimana kerja keras mereka menghasilkan sesuatu yang diinginkan.

5. Sengaja Minta Anak untuk Bersabar

Kesabaran itu dilatih, bukan datang begitu saja. Untuk itu, bila anak minta dibelikan handphone baru padahal tak mendesak, minta anak untuk menunggu.

Moms bisa membelikannya di hari yang longgar. Handphone untuk anak sekolah saat ini memang diperlukan untuk mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Anak pun akan belajar bersabar bahwa ia toh bisa-bisa saja menunggu dalam waktu tertentu. Sementara belum membawa HP ke sekolah, anakpun bisa belajar lewat buku yang dipinjamkan dari perpustakaan sekolah.

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

6. Anak Diminta Membuka Hadiah

Membuka hadiah adalah cara mengasyikan untuk melatih kesabaran, Moms. Pertama-tama, bungkuslah hadiah dengan lapisan yang super banyak. Kemudian, serahkan hadiah tersebut pada Anak.

Lalu, minta Anak untuk membuka lapisan-lapisan bungkus hadiah tersebut. Cara ini merupakan cara sederhana yang bisa Moms lakukan untuk mengajari Anak kesabaran dengan cara yang menyenangkan.

7.Ajari Anak Mengendalikan Diri

Anak yang kehilangan kesabaran mungkin akan mengamuk, menangis, atau mengambek. Namun, jangan langsung mengalah dan mengabulkan keinginan anak supaya ia tak marah lagi. Justru bekali buah hati dengan kemampuan mengendalikan diri.

Ingatkan bahwa Moms tahu ia bosan dan tak sabar, tapi ada cara lain untuk meluapkan emosinya. Tegaskan juga bahwa rengekan atau amukannya tak mungkin bisa mengubah keadaan. Pasalnya, memang ada hal-hal di dunia ini yang tak bisa berjalan persis seperti kehendaknya.

8. Ajak Anak untuk Memancing

Memancing adalah kegiatan yang benar-benar membutuhkan banyak kesabaran. Bagaimana tidak, Moms dan Anak harus menunggu beberapa lama sebelum ikan yang di sungai atau di danau memakan umpan yang dilempar.

Moms bisa memberikan penjelasan ataupun arahan bahwa memancing itu membutuhkan kesabaran, tekad, kerja keras dan ketekunan

Dalam hal ini, Moms bisa menanamkan pada Anak bahwa mereka tidak boleh menyerah dan harus selalu terus berusaha serta mencoba.

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

9. Dengarkan Keluhan Anak

Anak mungkin jadi tak sabar karena merasa dirinya tidak diindahkan atau dikesampingkan oleh Moms. Jadi, selalu tanyakan perasaan buah hati dan dengarkan keluhannya.

Misalnya saat anak harus mengantri di sekolah untuk mengukur suhu dan cuci tangan. Ia mungkin tak sabar karena takut ketinggalan teman-temannya masuk ke dalam kelas. Ia pun berpikir bahwa dirinya kurang mendapat perhatian karena harus serba antre, dll.

Jelaskan bahwa hal itu tidak benar. Kemudian, beri pengertian mengapa harus mengantri, bahkan pada saat jam pulang sekolah pun anak harus menunggu dijemput orang tua. Anak harus benar-benar memahami situasi dan kondisi pandemic seperti saat ini.Sehingga ia tidak mengeluh lagi.

10. Usulkan Kegiatan Lain Sembari Menunggu

Rasa bosan adalah musuh dari kesabaran. Maka, kalau anak sudah mulai gelisah saat menunggu giliran pengukuran suhu tubuh atau cuci tangan, mintalah anak melihat sekeliling sekolah.

Suruhlah anak memikirkan segi keindahan dan kebaikan sesuatu yang ada di lingkungan sekolah tempat antre. Atau bisa juga anak diminta mengingat cerita-cerita Moms yang paling berkesan semasa ia masih kecil.

Dengan begitu, menunggu giliran itu tidak akan menimbulkan rasa bosan. Akhirnya, kesabarana anak akan terpupuk menjadi orang penyabar.

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

11. Membuat Kue

Salah satu hal yang bisa Moms lakukan untuk melatih kesabaran pada Anak adalah dengan mengajak mereka untuk membuat kue kesukaannya.

Seperti yang kita tahu, membuat kue itu melewati beberapa tahap. Jadi, Moms bisa melatih kesabaran mereka dengan memberikannya tanggung jawab.

Mulai dari menyiapkan bahan dan peralatan, mengolah bahan kue kesukannya, mengukus atau memanggang kue, menghias kue, hingga memasukkan kue-kue tersebut ke dalam toples.

12. Memindahkan Air dengan tanpa Gayung

Sediakan air dalam ember. Sediakan ember kosong di tempat lainnya. Berjarak 1 meter. Anak diminta memindahkan air dengan tangannya ke ember yang kosong.

Memindahkan air dalam ember merupakan sebuah permainan seru yang juga bisa melatih kesabaran Anak. Selain itu, melatih kecermatan dan keteguhan agar air di tangan tidak tumpah di jalan.

Dengan bolak-balik memindahkan air, anak juga berlatih fisik menjadi lebih kuat. Otot kaki anak akan semakin kokoh karena anak harus berjalan bolak-balik.

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

13. Bermain Silent Game

Diam adalah emas. Pasti Moms pernah mendengar ungkapan itu. Nah, memang benar, Moms! Keheningan atau diam merupakan bagian yang sangat penting dari kesabaran.

Moms bisa mengajak Anak untuk bermain silent game ini. Caranya adalah sediakan stopwatch, mintalah Anak untuk duduk berdiam diri selama mungkin. Siapa pun yang berdiam diri untuk waktu yang lama, dialah pemenangnya.

Baca juga:

Biasakanlah Anak untuk Berperilaku Kunti, Kunci Kesuksesan Hidup

9 Cara Efektif Mendidik Anak agar Berperilaku Baik Pakai 2 Acuan Besar

Inilah 13 Cara Tanamkan Kejujuran pada Anak di Masa Pandemi

14. Beri Anak Kesempatan menunggu

Menumbuhkan sikap sabar pada anak memang membutuhkan latihan terus-menerus. Sebenarnya, cara melatih kesabaran anak cukup mudah, berikan kesempatan pada anak Moms untuk berlatih sabar dan menunggu.

Para peneliti menemukan bahwa anak yang sabar menunggu adalah anak-anak yang memiliki kemampuan untuk mengalihkan perhatian. Misalnya, dengan bernyanyi atau melakukan aktivitas seru di depan cermin saat mereka harus menunggu sesuatu.

Biasanya anak terlatih dengan sendirinya untuk mengalihkan perhatian, dengan sikap sederhana dari orangtuanya, yaitu dengan orangtua sering mengatakan, “Tunggu dulu, ya”, ketika anak mulai meminta sesuatu.

Anak akan meresapi kata-kata ‘tunggu’ dan mencari cara atau aktivitas lain selama menunggu hingga akhirnya orangtuanya meresponsnya atau memenuhi permintaannya.

14 Cara Kreatif Melatih Anak agar Bersikap Sabar Di Era New Normal

Simpulan yang dapat ditarik adalah cara terbaik untuk mengajarkan kesabaran pada anak adalah dengan mempraktekannya. Ada pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Semakin sering anak dilatih untuk bersabar, anak semakin bersabar.

Melatih kesabaran pada anak memang butuh proses ya, Moms. Sebaiknya latihan kesabaran ini dilakukan secara terus-menerus agar hasilnya maksimal. Anak perlu berlatih kesabaran agar saat dewasa kelak anak mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan tidak berdasarkan emosi sesaat.

Demikilah pembahasan mengenai cara mudak melatih anak untuk bersikap sabar di era corona. Semoga bermanfaat. Selamat melatih ya Moms.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.