Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka

paket-wisatabromo.com- Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari Buku teks Pelajaran Sekolah Penggerak PAUD/TK.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran ini merupakan bagian dari program merdeka belajar. Kementerian Pendidikan, Kebudaayan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyusun buku tersebut untuk mendukung  implementasi pembelajaran paradigma baru yang diterapkan secara terbatas di Sekolah Penggerak.

Judul Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam ini ditulis oleh dua penulis, yaitu Ellysa Aditya Suryawati, dan Muhammad Akkas.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam

Untuk Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM untuk satuan PAUD hadir melengkapi seri Buku Panduan Guru PAUD.

isi Buku ini adalah tentang apa itu Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM serta bagaimana penerapannya dalam kurikulum operasional satuan PAUD sesuai dengan konteks lokal satuan.

Di dalam buku ini juga diberikan contoh kejadian dan kegiatan yang dilengkapi dengan foto serta ilustrasi untuk memberikan gambaran lebih utuh terkait turunan Elemen Literasi dan STEAM dalam pembelajaran.

Buku ini ditulis agar Guru PAUD dapat memaknai capaian pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan kekhasan karakteristik Satuan PAUD seperti kondisi anak didik, orang tua, sosial masyarakat, lingkungan dan hal lain yang terkait dengan keberadaan satuan PAUD.

Diharapkan setelah membaca buku ini, Guru PAUD akan mendapatkan gambaran bagaimana proses pembelajaran bermuatan Literasi dan STEAM dapat dihadirkan di kelas sehingga guru dapat menerapkannya di Satuan PAUD masingmasing.

Isi Buku

Secara garis besar buku tersebut berisi sebagai berikut.

BAB 1 Literasi dan STEAM

A. Literasi

Apa itu literasi ?

Bagaimana literasi pada anak usia dini ?

Mengapa literasi penting untuk anak usia dini ?

Bagaimana dukungan guru  dan orang tua agar anak mendapat  pengalaman literasi yang bermakna ?

Bagaimana lingkungan yang kaya literasi untuk anak usia dini ?

B. STEAM

Apa itu STEAM ?

Bagaimana STEAM dapat memunculkan solusi terhadap  permasalahan?

Apa contoh pengintegrasian STEAM yang menghasilkan solusi?

Mengapa anak usia dini?

Bagaimana STEAM pada Anak usia dini?

C. Keterkaitan Literasi dan STEAM

Apa yang perlu dilakukan guru untuk menghadirkan kegiatan yang  bermuatan Literasi dan STEAM?

BAB 2 Tujuan Pembelajaran untuk Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM

1. Capaian Pembelajaran Elemen Dasar – Dasar Literasi dan STEAM

2. Tujuan Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM

3. Bagaimana menerjemahkan CP Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM  menjadi tujuan pembelajaran dalam kurikulum  di Sekolah Penggerak?

4. Tujuan Kegiatan

Bagaimana cara mencapai tujuan kegiatan itu?

BAB 3 Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

A. Pengembangan Rencana Kegiatan Pembelajaran

B. Apa yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan rencana  kegiatan pembelajaran ? Bagaimana jika guru belum mengetahui minat anak?

Jika minat anak sudah diketahui, bagaimana cara mengembangkannya  menjadi kegiatan pembelajaran?

1. Cerita sebagai inspirasi kegiatan bermain

2. Menemukan konsep dalam cerita

3. Membuat peta konsep yang ditemukan dalam cerita

4. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

5. Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian

BAB 4 Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

A. Pengelolaan Lingkungan Belajar yang Bermuatan Literasi dan STEAM

Apa tujuannya?

Apa fungsinya?

Prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan lingkungan  kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEM?

Media apa saja yang bisa digunakan dalam pengelolaan kegiatan yang  bermuatan Literasi dan STEAM?

B. Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

Apa tujuannya?

Apa fungsinya?

Prinsip apa saja yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan  kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM ?

Bagaimana cara guru menetapkan strategi yang berbeda dalam  mencapai tujuan pembelajaran?

Bagaimana bentuk perancah (scaffolding) yang dapat dilakukan  guru  pada kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?

C. Contoh Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan Pembelajaran yang Bermuatan Literasi dan STEAM

BAB 5 Asesmen

Bagaimana cara guru melakukan asesmen terkait Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM ?

1. Melakukan pengamatan terhadap anak

2. Mengolah hasil pengamatan ke dalam bentuk dokumentasi anak

3. Mengidentifikasi capaian pembelajaran anak terkait Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM berdasarkan dokumentasi anak.

4. Mengevaluasi proses pembelajaran dari hasil capaian dan minat anak.

5. Pengembangan Kegiatan Lanjutan

Apa yang harus dilakukan guru untuk dapat melaksanakan seluruh proses kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM?

1. Guru menerjemahkan Tujuan Pembelajaran di Kurikulum  Sekolah  menjadi Tujuan Kegiatan

2. Guru menemukan minat anak

3. Guru menggunakan cerita sebagai inspirasi kegiatan

4. Guru membuat peta konsep dan rancangan kegiatan

5. Guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP

6. Guru mengelola lingkungan belajar

7. Guru mengelola kegiatan pembelajaran

8. Guru melakukan asesmen

Petunjuk Penggunaan Buku

Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD digunakan untuk memandu para pembaca sasaran dalam memahami karakteristik kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru.

Perancangan buku ini adalah untuk mempermudah guru memahami capaian pembelajaran yang ada pada kurikulum dengan paradigma pembelajaran yang baru sehingga para guru dapat merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut.

Penggunaan Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM adalah untuk memandu para pembaca dalam memahami proses pembelajaran yang mendorong tercapainya capaian pembelajaran elemen dasar-dasar Literasi melalui kegiatan pembelajaran yang bermuatan Literasi dan STEAM.

Sasaran utama buku ini adalah para guru/pendidik PAUD, namun buku ini perlu juga dibaca dan dipahami oleh para pengelola/kepala sekolah, para penilik/pengawas PAUD, asesor PAUD, para dosen pendidik guru PAUD, dan para mahasiswa calon guru PAUD.

Pembaca akan dipandu mulai dari memahami konsep Literasi dan STEAM, menerjemahkan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan tujuan kegiatan, Mengembangkan kegiatan pembelajaran yang bermuatan Literasi dan STEAM, Pengelolaan Lingkungan dan Kegiatan pembelajaran, Sampai dengan melakukan asesmen terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Ada apa saja dalam buku ini?

Di dalam buku ini Bapak/ Ibu guru dapat menemukan beberapa bagian seperti berikut.

1. Bagian ini menunjukkan percakapan antara Penulis dengan Guru untuk memperjelas pemahaman pembaca terkait isi buku di bagian sebelumnya.

2. Bagian ini menunjukkan catatan tambahan yang perlu diperhatikan pembaca pada bagian tersebut.

3. Bagian ini mengajak pembaca untuk berlatih dengan menjawab pertanyaan – pertanyaan yang terdapat pada bagian Yuk Kita berlatih

4. Bagian ini menunjukkan QR Code yang berisi informasi berupa link video.  Video dapat diakses dengan memindai atau scan QR Code menggunakan aplikasi pemindai yang dapat diinstal melalui penyedia layanan distribusi digital seperti App Store atau Play Store.

5. Lampiran: Bagian ini menunjukkan lampiran buku yang berisi seluruh proses yang perlu dilakukan Guru untuk merencanakan, mengelola, dan melakukan asesmen kegiatan yang bermuatan Literasi dan STEAM

Literasi

Literasi secara sederhana dipahami sebagai kemampuan membaca dan menulis. Perkembangan zaman dengan  teknologi yang  makin maju, menuntut manusia untuk dapat memahami dan menguasainya.

Penemuan dan penggunaan internet secara luas menyebabkan derasnya  arus informasi memasuki kehidupan manusia.

Hal itu membuat manusia harus memiliki kemampuan  mengelola derasnya informasi yang diterima setiap harinya.

Perkembangan teknologi ini juga mempengaruhi kehidupan sosial budaya manusia yang disebabkan keberadaan sekat antarbangsa dalam dunia maya yang hampir tidak ada.

Dalam perkembangannya, literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga dikaitkan dengan kemampuan berbicara, berhitung, memecahkan masalah yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, memahami, dan menggunakan potensi kemampuan dirinya.

Jenis literasi saat ini juga berkembang sehingga dikenal  berbagai jenis literasi, antara lain literasi dasar, literasi digital, literasi media, literasi perpustakaan, dan literasi visual.

Manfaat Literasi bagi anak usia dini

a. membantu anak dalam memahami orang lain dan lingkungan sekitarnya.

b. membantu anak agar dapat menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain

c. menumbuhkan minat anak terhadap keaksaraan

d. munculnya sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di jenjang pendidikan selanjutnya.

Dukungan Guru dan Orang tua

Dukungan guru dan orang tua agar anak memperoleh pengalaman literasi yang bermakna  adalah

1. menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga setiap anak dapat leluasa menyampaikan ide, gagasan, perasaan, dan mengekspresikannya melalui berbagai cara dan media;

2. membangun komunikasi positif dengan anak;

3. menjadi pendengar aktif saat anak menyampaikan pikiran dan perasaan secara lisan serta lebih teliti mengamati respon anak dalam bahasa nonverbal;

4. mendorong anak berpikir kritis dengan menyampaikan pertanyaan terbuka, yaitu pertanyaan yang memungkinkan munculnya jawaban yang beragam.;

5. menata lingkungan yang memudahkan anak berinteraksi dengan anak lain,  guru, dan  orang tua;

6. menata lingkungan yang menumbuhkan minat anak terhadap tanda, simbol, gambar dan tulisan;

7. bercerita atau membacakan buku cerita menjadi kegiatan yang senantiasa dihadirkan dalam keseharian anak;

8. menyediakan berbagai sumber cerita dan/atau bahan bacaan sesuai usia di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau oleh anak;

9. memberikan kesempatan pada anak agar dapat terlibat dalam kegiatan-kegiatan pramembaca;

10. menjadikan cerita sebagai inspirasi dalam membuat kegiatan bermain.

Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka selengkapnya (Unduh).

Baca:

Demikianlah informasi mengenai Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan Steam Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *