Cara Menyimpulkan Isi teks Tanggapan dan Contohnya yang Tepat

Cara Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan dan Contohnya yang Tepat

paket-wisatabromo.com- Cara menyimpulkan isi teks tanggapan dan contohnya yang tepat akan dibahas dalam artikel kali ini. Materi ini mempunyai peranan yang cukup penting bagi kamu yang masih duduk di SMP MTs kelas 9.

Cara menyimpulkan isi teks tanggapan dan contohnya yang tepat ini  merupakan bagian dari materi jenis teks tanggapan. Menurut kurikulum 2013, materi ini tergolong ke dalam aspek keterampilan.

Aspek keterampilan adalah bagian materi yang menuntut aksi dari kamu sebagai peserta didik sehingga kamu piawai dalam menyimpulkan isi teks tanggapan dan contohnya yang tepat.

Cara Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan dan Contohnya yang Tepat

Berikut ini adalah cara menyimpulkan isi teks tanggapan yang disertai dengan contohnya.

Kesimpulan merupakan ramuan-ramuan yang selalu digunakan dalam menyusun proses berfikir seseorang atau menyusun penalaran. Suatu pendapat, pernyataan, atau kesimpulan harus diadakan fakta-fakta, serta diadakan pula pengujian atau penilaian terhadap proses kesimpulan itu dari inti masalah apa yang dibaca (Keraf :1981)

Menyimpulkan isi bacaan merupakan sebuah kegiatan membaca yang bersifat imajinatif.  Dalam hal ini, teks yang diberikan kepada peserta didik akan dianalisis sesuai fakta-fakta dari inti permasalahan yang ada di dalam bacaan, lalu peserta didik memberikan kesimpulan atau pernyataan setelah apa yang dibacanya

Teks tanggapan dapat di ringkas meliputi satu paragraf. Meringkas adalah kegiatan memperpendek teks atau mengambil inti dari teks.

Ringkasan merupakan Penyajian singkat suatu teks dengan kalimat sendiri. kejelasan urutan teks dan pokok pokok isi teks perlu diperhatikan saat meringkas.

Agar dapat menyimpulkan isi teks tanggapan dengan baik, kamu harus dapat meringkas teks tanggapan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara meringkas teks tanggapan.

1. Bacalah teks tanggapan secara menyeluruh

2. Catatlah ide ide pokok paragraf tersebut menjadi kalimat

3. Kembangkan ide ide paragraf tersebut menjadi kalimat

4. Kalimat di susun dalam bentuk baru dan berbeda dengan kalimat teks sebelumnya.

5. Buatlah ringkasan teks tanggapan di mulai dengan pendapat berisi kelebihan atau kekurangan dari pokok bahasan, serta penilaian menyeluruh terhadap masalah dalam teks tanggapan.

Pengertian simpulan

Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian yang berupa informasi. Simpulan bisa di definisikan sebagai ikhtisar atau pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya.

Cara Menyimpulkan

Simpulan dapat di ketahui berdasarkan gagasan pokok. Menyimpulkan Isi paragraf mudah dilakukan jika kita tahu caranya. Berikut ini cara atau langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyimpulkan isi paragraf yang benar.

1. Membaca paragraf

Jika kita ingin menyimpulkan suatu paragraf, sebaiknya kita mengerti isi dari paragraf tersebut terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membaca seluruh isi paragraf

2. Menentukan kalimat utama

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama dari sebuah paragraf. Kalimat utama merupakan kalimat pertama terakhir dari suatu paragraf. Gagasan utama adalah pikirkan utama atau inti dari sebuah paragraf.

3. Buatlah Simpulan

Untuk membuat simpulan yang baik dan dapat dimengerti, ada beberapa kriteria atau syarat yang harus diperhatikan.

Berikut ini adalah syarat yang harus diperhatikan dalam membuat simpulan yang baik.

a. Simpulan berupa analisis dari paragraf yang sudah di baca

b. Simpulan menggambarkan isi dari paragraf

c. Simpulan hanya berisi hal hal yang ada di paragraf

Selain itu kita juga harus memperhatikan bahasa dan pilihlah kata yang digunakan saat menulis simpulan. Umumnya kalimat suatu simpulan sama dengan yang terdapat di paragraf.

Perbedaannya adalah pada pilihan kata, terutama kata kata transisi yang cenderung menunjukkan hubungan penegas, misalnya , dengan demikian, jadi, atau dapat disimpulkan bahwa.

Untuk penyampaiannya Simpulan dapat di sampaikan dengan dua cara yaitu bentuk paragraf atau poin poin.

Membuat Simpulan berdasarkan data dan fakta harus di lakukan dengan sangat hati-hati agar hasil simpulan dapat diterima oleh orang lain.

Simpulan yang diambil bersifat logis dan tidak salah nalar serta tidak menyimpang dari data atau fakta. Menarik Simpulan dari data harus objektif.

Perasaan, pikiran, dan pendapat penulis tidak turut campur dalm menyimpulkan. Umumnya kalimat Simpulan merupakan kalimat denotatif. Kalimat dalam Simpulan merupakan kalimat pernyataan yang tegas dan tidak ragu.

Contoh simpulan teks tanggapan

Bacalah teks tanggapan dengan judul “Pemakaian intenet Bagi Remaja “

Pemakaian internet bagi Remaja

Di zaman yang modern seperti saat ini, internet telah menjadi keperluan primer yang tidak dapat dilepaskan dari seluruh aktivitas masyarakat umum khususnya untuk kalangan pelajar.

Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya warung intenet atau dapat disebut dengan warnet. Yang memberikan pelayanan berupa akses internet dengan super cepat dan untuk keperluan yang lainnya .

Di samping itu, internet juga telah diakses melalui PC yang disampaikan dengan memakai modem bahkan sudah dapat memakai smartpone.

Perkembangan internet ini ada adalah salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang sekarang ini sedang terjadi. Perkembangan internet ini juga membawa dampak dan pengaruh kepada kondisi psikologis pada remaja.

Untuk menanggapi terdapatnya peristiwa ini, akan lebih baik jika kita tidak melihatnya hanya dari satu sisi dan satu perspektif.

Supaya kita tidak terjebak di dalam penyalahgunaan internet, apalagi kalau seorang pelajar. Internet juga dapat menyebabkan efek kecanduan atau ketergantungan sehingga untuk dapat lepas dari pemakaian internet akan terasa sulit sehingga untuk bersosialisasi kita akan terasa sulit,

Walaupun kedua fakta itu cukup logis dan masuk akal, seorang pelajar dituntut supaya dapat mempertanggungjawabkan pada saat memakai internet. Dengan kata lain, kita harus memakai internet dengan benar dan sewajarnya.

Pendapat pertama memang sudah menjelaskan jika internet dapat menjadi senjata untuk menemukan informasi dan pengetahuan di lingkungan yang global.

Disamping itu internet juga dapat mempergampang menghubungkan orang untuk berkomunikasi sekali pun terpisah jarak yang jauh. Hal ini dapat dibuktikan kembali mulai berkembangnya media sosial yang terkadang menuntut kita untuk saling bertukar foto dan mengirimkan pesan dalam jarak yang jauh.

Sampai akhirnya sebagian orang sangat setuju kalau ada pendapat yang mengatakan jika internet memberikan dampak positif.

Namun, pendapat seperti ini juga masih perlu dikaji ulang memakai uji akademis. Sebab perkembangan internet ini juga ada dampak negatif di kalangan remaja pada saat mereka salah memanfaatkan teknologi ini.

Simpulan dari isi teks di atas adalah internet sangat dibutuhkan, asal remaja itu bertanggung jawab dan tepat menggunakan internet.

Secara ringkas cara menyimpulkan isi teks tanggapan sebagai berikut

1. Membaca paragraf

2. Menentukan kalimat utama

3. Buatlah Simpulan

Ada beberapa kriteria atau syarat yang harus diperhatikan.

a. Simpulan berupa analisis dari paragraf yang sudah di baca

b. Simpulan menggambarkan isi dari paragraf

c. Adanya kata kata transisi yang cenderung menunjukkan hubungan penegas, misalnya: dengan demikian, jadi, atau dapat disimpulkan bahwa.

Baca:

Demikian penjelasan mengenai cara menyimpulkan isi teks tanggapan dan contohnya yang tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.