Contoh Surat Keputusan Panitia PPDB Online Tahun 2021 dan Tugasnya

Contoh Surat Keputusan Panitia PPDB Online Tahun 2021 dan Tugasnya

paket-wisatabromo.com – PPDB Online Tahun 2021 akan segera dilaksanakan. Setiap sekolah akan membentuk kepanitiaan sehingga kegiatan PPDB dapat berjalan dengan lancar. Kepanitian PPDB dituangkan dalam SK. Oleh karena itu, untuk saat ini sekolah membutuhkan Contoh Surat Keputusan Panitia PPDB Online Tahun 2021  dan tugasnya yang Tepat

Contoh Surat Keputusan ini dapat dimanfaatkan bagi yang akan membuat Surat Keputusan panitia PPDB tahun 2021. Kemudian, kita harus mengetahui komponen apa saja yang tertuang di dalam sebuah surat keputusan.

Surat keputusan merupakan sebuah surat atau ketetapan yang dibuat oleh instansi, badan atau perusahaan tertentu dalam bentuk tertulis dengan berdasarkan dari peraturan perundang-undangan yang mengatur.

Dalam hal ini, surat keputusan sering ditujukan kepada individu sebagai solusi dari permasalahn yang dimiliki.

Sedangkan pengertiannya adalah surat keputusan adalah surat yang berisi suatu keputusan yang dibuat oleh pimpinan suatu organisasi atau lembaga pemerintahan berkaitan dengan kebijakan organisasi atau lembaga tersebut.

Unsur-unsur  Surat Keputusan :
1. Konsideran

Landasan atau dasar hukum dibuatnya keputusan tersebut.  Pada bagian ini terdapat kata-kata seperti Menimbang, Mengingat, Membaca, Mendengar,atau Memperhatikan.

Adapun yang dimuat biasanya : Nama UU keputusan , Peraturan, usul dan saran yang dirinci kedalam Subtopik. Sifatnya Wajib (karena tertera landasan hokum/Statuta ) setiap SK.

 

Oleh karena itu, konsideran untuk SK PPDB, misalnya Permedikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Contoh konsideran PPDB lainnya yaitu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).

2. Desiseratum

Bagian yang berisi tujuan (untuk apa) Surat Keputusan itu dibuat. Setiap SK punya tujuan, dan tujuan itu bisa lebih dari 1 atau lebih.

3. Diktum

Isi keputusan tersebut, ditandai dengan adanya kata Memutuskan dan Menetapkan.

Pedoman penulisan surat keputusan meliputi beberapa hal :

1. Bagian pembuka :

Surat dibuka dengan ungkapan seperti Menimbang, Mengingat,

Membaca, Mendengar, atau Memperhatikan.

2. Bagian tengah:

Menyampaikan keputusan yang dibuat.

3. Bagian penutup :

Penegasan pelaksanaan atau antisipasi bila terjadi kekeliruan atau perubahan keputusan yang telah dibuat.

4. Tembusan :

SK selalu disertai dengan tembusan karena SK menyangkut banyak pihak yang harus diberitahu tentang adanya kebijakan baru tersebut.

Adapun point yang bisa kita perhatikan :

Menimbang merupakan pernyataan yang berisi tentang suatu pemikiran tentang dikeluarkan keputusan tersebut.

Memperhatikan merupakan pernyataan tentang fakta, situasi dan kondisi yang mendorong untuk dikeluarkannya keputusan tersebut.

Mendengarkan Usul dan saran yang pernah disampaikan oleh pihak tertentu.

Contoh Surat Keputusan Panitia PPDB Online Tahun 2021 dan Tugasnya

SURAT KEPUTUSAN
KEPALA ………………………………………….
NOMOR: …………………….
TENTANG
SUSUNAN PANITIA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU
UPTD SPF SMPN ………… KABUPATEN ……..TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 ……….,
Menimbang:

1. Bahwa untuk kelancaran kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru di SMPN 1 ………….. Kabupaten …………. dipandang perlu untuk menetapkan Panitia Pelaksana PPDB tahun pelajaran 2021/2022.

2. Bahwa nama personal yang tercantum dalam lampiran keputusan ini dipandang mampu dan memenuhi syarat untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru tahun 2021/2022.

Mengingat:

1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).

2. Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670).

3. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2008 tentang Wajib Belajar.

4. Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2012 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, sekolah Menengah Kejuruan.

6. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020

7. Peraturan Bupati  Nomor 22 tahun 2020.
Memperhatikan 1 Peraturan Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga nomor: 422.1/548.B/2020 Tanggal 6 Tahun 2020 tentang petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Taman Kanak-kanak, Sekolah dasar, dan Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2021/2022.

MEMUTUSKAN

Menetapkan

Contoh Surat Keputusan Panitia PPDB Online Tahun 2021 dan Tugasnya selengkapnya (Unduh).

Baca:

Demikian Contoh Surat Keputusan Panitia PPDB Online Tahun 2021 dan Tugasnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *