Contoh Teks Tanggapan dan Anilisis Strukturnya yang Tepat

Contoh Teks Tanggapan dan Anilisis Strukturnya yang Tepat

paket-wisatabromo.com – Salah satu indikator seorang peserta didik bisa menguasai materi jenis teks tertentu adalah bisa menyusun jenis teks tersebut. Jika peserta didik ingin dikatakan menguasai materi contoh teks tanggapan, maka indikatornya adalah dapat menyusun dan menganalisis contohnya.

Agar dapat menyusun teks tanggapan dengan tepat, Langkah pertama yang diharapkan peserta didik adalah mengamati contoh teks tanggapan beserta analisis strukturnya yang tepat.

Pada kesempatan kali ini, akan disajikan beberapa contoh teks tanggapan dan analisis strukturnya. Ikuti yuuk!

Contoh Teks Tanggapan dan Analisis Strukturnya

1. Contoh Teks Tanggapan “Gerhana Matahari”

Bagian Teks Tanggapan “Gerhana Matahari”

Analisis Struktur Teks Tanggapan
Berbicara berkenaan gerhana matahari, barangkali banyak salah satu kita yang bertanya, sebenarnya melihatnya secara langung dapat membuat buta, itu sebuah mitos atau fakta?

Ketika menanggapi berkenaan fenomena alam pastinya kita dapat mengetahuinya lewat pengetahuan sains. Namun, sebenarnya gerhana matahari itu?

Konteks (Berupa penyebutan tentang objek yaitu: gerhana matahari)
Gerhana matahari adalah sebuah fenomena di mana posisi bumi, matahari dan bulan sejajar dan berada pada satu garis lurus. Sementara itu, Bulan bakal melintas salah satu bumi dan matahari, sementara cahaya matahari ke bumi bakal terhalang oleh bayangan Bulan.

Ketika fase total itu berlangsung bulan menutupi matahari, karena matahari bakal muncul seperti menjulur berasal dari pinggir anggota yang ditutupi oleh bulan. Lantas apa pertalian fenomena tersebut dengan kebutaan mata?

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN, melihat gerhana matahari total secara segera dapat membuat kebutaan adalah mitos modern. Yang benar ialah cahaya matahari baik saat gerhana maupun dalam kehidupan sehari-hari sama-sama berbahaya, untuk itu jangan melihat matahari secara langsung karena dapat mengakibatkan kerusakan mata, lebih tepatnya pada anggota retina.

Kerusakan pada retina yang dimaksud adalah terjadinya solar retinopathy, suatu penyakit mata yang gejalanya muncul titik hitam pada setiap memandang. Penyakit tersebut sulit disembuhkan. Solar retinapathy juga mengakibatkan pandangan yang gelap dan pupil mata membesar saat menangkap cahaya. Pergeseran cahaya dari gelap menjadi terang itulah yang amat berbahaya bagi penderita solar retinopathy.

Deskripsi (Berisi tentang keadaan gerhana matahari dan proses berlangsungnya).

 

Melihat berasal dari segi yang telah diuraikan tersebut, pertanyaan melihat gerhana matahari dapat membuat kebutaan adalah mitos modern. Faktanya cahaya matahari amat berbahaya jika kita melihatnya secara langsung, baik saat gerhana atau dalam kehidupan sehari.
Penilaian

(Berisi pendapat Bahwa melihat gerhana matahari membuat kebutaan adalah mitos).

2. Contoh Teks Tanggapan “Siswa Nakal”

Bagian Teks Tanggapan “Siswa Nakal”

Analisis Struktur Teks Tanggapan

Bagi seorang guru, menghadapi siswa “nakal” sudah menjadi hal biasa, apalagi sebagian siswa di sekolah laki-laki. Guru juga sudah terbiasa menghadapi siswa yang datang ke sekolah terlambat, bolos sekolah, tidak mengerjakan tugas, ribut di kelas, hingga tawuran.

Perilaku siswa seperti ini memang benar-benar menuntut guru agar lebih sabar dan keuletan tingkat tinggi.

Konteks (Berupa penyebutan tentang objek: yaitu siswa nakal).

 

Benarkah siswa seperti itu nakal? Saya tidak setuju jika mereka dilabeli nakal. Di sisi lain, ukuran nakal siswa dari setiap guru berbeda- beda. Ada guru yang menganggap siswanya nakal karena tidak mengerjakan PR, masuknya telat dan lain-lain.

Menurut saya, tidak ada yang namanya siswa nakal. Yang ada hanya siswa yang sedang mengalami krisis identitas. Adanya perubahan sosiologis dan biologis pada diri remaja menyebabkan terbentuknya perasaan dan tercapainya identitas peran.

Pada dasarnya, kenakalan siswa terjadi karena siswa gagal mencapai identitas peran. Selain itu, nakalnya siswa dikarenakan mempunyai kontrol diri yang lemah. kurang kasih sayang dari orang tua juga menyebabkan siswa menjadi nakal.

Karena dewasa ini, kebanyakan orang tua terlalu sibuk sehingga anaknya mendapatkan perhatian yang kurang. Sehingga ketika di sekolah, anak ini bertingkah laku sesukanya untuk mendapat perhatian dari orang lain.

Siswa yang dilingkungan rumahnya mendapat kekerasan juga bisa menyebabkan kenakalan.

Karena, ketika siswa mengalami kekerasan di lingkungan rumah, dia akan balas dendam di sekolah dengan menunjukkan sikap berontak kepada guru dan bahkan melakukan kekerasan terhadap temannya seperti apa yang dialaminya di rumah.

Selain itu, siswa yang salah bergaul di lingkungan juga memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan sikap siswa. Pergaulan yang tidak tepat bisa menyebabkan perilaku yang menyimpang.

Deskripsi (Berisi tentang beberapa pendapat, penyebab seorang siswa disebut nakal).

 

Itulah beberapa hal yang menyebabkan siswa berperilaku nakal ketika di sekolah. Ketika kita mengetahui penyebab siswa menjadi nakal, justru kita akan merasa iba. Maka dari itu, sebagai pendidik berhentilah memberikan label negatif kepada siswa.

 

Penilaian

(berisi pendapat agar pendidik berhentimemberikan label “nakal” pada siswa)

3. Contoh Teks Tanggapan “Budaya K-pop”
Bagian Teks Tanggapan “Budaya K-pop”Analisis Struktur Teks Tanggapan
Kegandrungan bakal musik K-pop merupakan anggota yang tak terpisahkan berasal dari pada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai Negara, termasuk Indonesia.

Jika dalam beberapa waktu lalu musik Jepang bangkit dengan group musiknya masing-masing. Korea bangkit dengan kebolehan group vokal, baik boyband maupun gilrband.

Biasanya musik Korea mengusung musik dance, beraliran hip-hop, serta unsur koreografi dan kostum yang menarik. Hal ini mempunyai dampak yang besar bagi para remaja di Indonesia.

Konteks (Berupa penyebutan tentang musik korea Pop
Fenomena K-pop yang masuk ke Indonesia digandrungi oleh masyarakat khususnya kalangan remaja. Melihat antjsih berstatus pelajar.

Pendapat yang telah dihidangkan berikut barangkali benar. Akan tetapi, tidak tetap musik manca negara yang masuk ke Indonesia hanya punya sisi negatif saja. Salah satu sisi positif masuknya K-pop adalah bertambahnya pengetahuan mereka berkenaan budaya dan bahasa Korea.

Dengan terdapatnya minat yang luar biasa hebatnya, mendorong sebagian remaja penikmat musik K-pop bersaha untuk mempelajari segala hal yang berhubungan dengan K-pop dan negara asalnya.

Ketika kita menyukai sesuatu, hendaknya menyita sisi positifnya saja. Sama seperti halnya K-pop, ambil sisi positifnya untuk stimulus dalam belajar.

Misalnya, kerja keras mereka untuk dapat tampil kompak dapat dijadikan stimulus untuk capai cita-cita.

Deskripsi (Berisi tentang Fenomena Korean-pop
Dengan demikian, kehadiran K-pop mempunyai dampak yang memadai besar bagi remaja di Indonesia. Akan tetapi, kehadiran K-pop jangan sampai kita lupa dengan musik yang kita miliki.

Sebagai anak bangsa, kita mesti memelihara dan melestarikan musik kita sehingga tidak tersisih atau lebih- lebih hilang karena perkembangan musik berasal dari negeri lain.

Penilaian

(Berisi pendapat bahwa Korean-pop mempunyai dampak bagi remaja

4. Contoh Teks TanggapanAnime Sebagai Tontonan Anak-Anak dan Remaja
Bagian Teks Tanggapan “Budaya K-pop”Analisis Struktur Teks Tanggapan
Anime (a – ni – me) adalah film animasi atau bisa disebut dengan kartun yang dibuat oleh negara Jepang. Dan Anime sendiri berasal dari kata “Animation” dalam bahasa Inggris yang artinya animasi atau gambar yang dapat bergerak.

Lalu, Anime biasanya dibuat dari imitasi “Light Novel” (novel ringan), “Manga” (ma – n – ga: komik versi Jepang), atau anime itu sendiri. Kemudian, Anime juga memiliki ciri khas yaitu gambar wajah yang unik dan berbeda-beda disetiap animenya. Dan anime juga memiliki cerita yang berbeda-beda juga.

Konteks (berupa hal yang berkaitan dengan Anime film animasi.

 

Cerita pada anime biasanya diselingi oleh genre. Genre pada anime sangat bervariasi seperti comedy (komedi), action (aksi), romance (romantis), fantacy (fantasi), dan lain-lain.

Kebanyakan anime memiliki lebih dari satu genre. Sebagian besar anime berbahasa Jepang. Karena itu, sebelum anime diedarkan di Indonesia, anime akan diberi “Subtitle” (teks film) Indonesia atau didubbing dengan bahasa Indonesia.

Anime banyak ditonton oleh sebagian anak-anak dan remaja, biasanya yang berhubungan dengan game, komputer, dan komik. Anime dapat mengisi kebosanan mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari anime.

Berikut ini hal-hal yang menunjukkan dampak kurang baik. Tidak sedikit anime terutama yang bergenre action (aksi) menerapkan kekerasan yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung.

Banyak anime yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak- anak. Wanita berpakaian minim atau tidak pantas ditemui di anime. Adegan dewasa seperti ciuman dan sebagainya. Karena anime biasanya harus diunduh dari internet dan ukurannya sangat besar.

Jadi mengunduh anime lebih banyak menghabiskan kuota dari pada beramain game online. Karena itu, anak dan remaja akan menjadi boros.

Anak yang kecanduan melihat anime, kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk melihat anime.

Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, anime juga memiliki hal-hal yang berdampak positif. Berikut adalah hal-hal positif yang terdapat pada anime seperti bekerja keras akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Ada tokoh yang selalu berusaha dan memiliki sifat optimis yang mengajarkan bahwa lebih baik hidup bersama orang-orang dari pada hidup sendiri.

Anime dapat memberikan inspirasi bagi yang minat atau hobi menggambar dan menginspirasi dalam membuat cerita. Jadi jika hanya mengambil sisi positif dari anime seperti saling menolong, kerja sama, berbagi, kerja keras, dan lain sebagainya maka akan memberikan dampak yang baik.

Anime juga dapat mengajarkan cara menabung, karena kuota internet harus dibeli dengan harga yang cukup mahal, jadi mereka akan berusaha menabung untuk membelinya.

Anime juga dapat mengehindarkan dari narkoba, karena mereka hanya akan di rumah atau di warnet untuk mengunduh atau menonton anime.

Secara umum saya sebagai penanggap setuju bahwa anime memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis atau mereka dapat mengabaikan dampak negatif dari anime.

Banyak juga dampak positif pada anime yang diterima oleh penontonnya jika dikaji secara positif. Jadi, anime dapat mengakibatkan dampak positif jika hanya mengambil yang positif.

Deskripsi (Berisi tentang keadaan film Animasi)
Tetapi, meskipun begitu peran orang tua juga harus aktif. Orang tua harus memberikan arahan dan bimbingan kewajiban belajar. Mengarahkan penggunaan internet secara positif.

Dan juga pembimbingan kesadaran pemenuhan hobi diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu didukung.

Penilaian

(berisi pendapat agar orang tua aktif mengawasi anak).

5. Contoh Teks Tanggapan Krisis Air di Cekungan Bandung
Bagian Teks Tanggapan “Krisis Air di Cekungan Bandung”Analisis Struktur Teks Tanggapan
Krisis air sudah terasa oleh masyarakat Cekungan Bandung, seperti Ketika memasuki musim kemarau. Warga yang semula dapat memenuhi kebutuhan air bakunya dari sungai, kini sudah tak diharapkan lagi karena kualitas air yang semakin menurun.

Mata air pun hanya tinggalkan jejak yang terabadikan dalam toponimi, seperti nama-nama geografi Sekelola, Sekelimus, Sekebirus, dan lain-lain.

jaran krisis air).
Ci Tarum, misalnya, sungai sepanjang 300 kilometer di Provinsi Jawa Barat, yang sumber airnya dari lereng-lereng gunung di sekeliling Cekungan Bandung, merupakan sungai besar dan panjang.

Sungai ini memberikan kehidupan bagi jutaan manusia di sekitarnya sekaligus memberikan kehidupan bagi jutaan manusia yang terkait dengan air CiTarum.

Dari sawah akan menghasilkan beras. Manfaat beras bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan petani setempat, namun berjuta manusia lain sudah menanti peran petani sawah di sepanjang Ci Tarum dalam pemenuhan pangan bagi kehidupan mereka.

Ci Tarum sudah nyata memberikan kehidupan bagi jutaan manusia sejak lama, dan memberikan kehidupan bagi jutaan manusia yang terkait dengan air Ci Tarum.

Aliran air ini semula menjadi nadi peradaban. Sepanjang sungai menjadi pusat-pusat perkembangan budaya, tempat berbagai komunitas warga bertemu, saling tukar barang, dan pengetahuan.

Kebudayaan baru yang datang dari luar kemudian berpadu secara harmonis di muara sungai. Mereka kemudian berkembang menjadi budaya khas yang kemudian berproses seiring waktu dan pemaknaan, budaya itu menjadi milik masyarakat di tempat itu.

Peran Ci Tarum semakin bertambah dengan dibangunnya tiga bendungan untuk PLTA yaitu Jatiluhur, Cirata, dan Saguling untuk energi listrik. Namun kini, keadaan Ci Tarum dan anak-anak sungainya sedang sakit parah.

Pencemaran

Peran Ci Tarum semakin terus berkurang karena penghancuran wilayah sungai dan sungainya yang dilakukan oleh manusia yang sangat memerlukan, bahkan sangat tergantung akan keberadaan sungai itu. Kehancuran di sepanjang sungai ini, mulai dari hulu, tengah, dan hilir.

Manusia yang menghancurkan, manusia pulalah yang menderita akibat kehancuran itu.

Yang terberat. Kehancuran di hulu Ci Tarum karena sistem pertanian dengan tanaman jangka pendek yang sudah tidak mengindahkan lagi aturan negara dan aturan alam.

Ketika hujan tiba, air hujan langsung menggerus tanah-tanah pucuk, mengalir ke lembah-lembah, mengendap di dasar sungai dan di dasar bendungan.

Limbah pabrik dan limbah rumah tangga terus digelontorkan langsung keanak-anak sungai, lalu bermuara di Ci Tarum.

Pencemaran sungai yang tidak ada tanda-tanda semakin membaik, telah mengurangi, bahkan di beberapa tempat telah menghilangkan pengetahuan dan praktik masyarakat dalam bersawah dan memelihara ikan di kolam.

Padahal, pada awalnya, dengan kelimpahan air Ci Tarum yang bersih, telah mendorong penduduk untuk menanam padi di sawah yang subur, dan menanam ikan di kolam.

Dengan dua kegiatan itu, penduduk terpenuhui kebutuhan pokoknya, yaitu beras, dan kebutuhan protein dari ikan, serta sayuranyang tumbuh di air.

Bahkan pada masa lalu, Ci Tarum menjadi sumber air baku bagi masyarakat, dan sumber protein karena banyaknya ikan di sana.

Sekarang, walau Ci Tarum sudah tercemar sangat berat, airnya yang dibendung di Jatiluhur (bendungan Ir H Djuanda), masih bermanfaat bagi pengairan sawah, energi listrik, rekreasi, dan menjadi air baku bagi warga Jakarta.

Tiga masalah

Permasalahan air akan semakin krisis di Cekungan Bandung karena ada tiga hal yang menjadi inti permasalahan. Pertama, lemahnya kontrol dari otoritas negara terhadap penyedotan air tanah, sehingga mengakibatkan berkurangnya cadangan air tanah untuk penduduk sekitar.

Penyedotan air tanah tidak sebanding dengan pengisian ulang air tanah secara alami disebabkan oleh kehancuran lingkungan di seputar Cekungan Bandung.

Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan muka air tanah dangkal dan dalam. Penurunan muka air tanah itu menyebabkan terjadinya penurunan muka tanah, yang kemudian akan mengganggu konstruksi jalan, bangunan, dan rumah.

Kedua, lemahnya kontrol otoritas negara terhadap pabrik-pabrik. Pencemaran sungai pun menjadi sangat berat, terutama pencemaran dari pabrik-pabrik yang berada di daerah Rancaekek, Majalaya, Banjaran, Cimahi, serta Cimareme.

Juga lokasi-lokasi lainnya yang dijadikan tempat membuang limbah secara langsung ke anak-anak sungai Ci Tarum dan keCi Tarum.

Ketiga, masih kurangnya kesadaran masyarakat di Cekungan Bandung terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Mereka masih banyak yang tidak merasa berdosa mengotori lingkungan, membuang sampah keanak-anak sungai, yang kemudian akan sampai di Ci Tarum.

Perlu Contoh dan Teladan

Mengembalikan Citarum kembali bersih, sesungguhnya merupakan perbuatan mulia yang mengandung nilai kemanusiaan.

Sambil menunggu keberhasilan usaha-usaha membersihkan Citarum tersebut, perlu ada usaha-usaha jangka pendek sebagai percontohan dalam pengelolaan sungai.

Dan upaya menjernihkan air sungai secara alami, sehingga dapat dipergunakan dengan aman untuk bersawah dan menanam ikan di kolam.

Apabila percontohan ini dinilai oleh masyarakat dapat menguntungkan secara ekonomi, maka masyarakat akan menirunya.

Menumbuhkan kesadaran otoritas negara dan masyarakat untuk menanam pohon alami di lahan-lahan negara yang sudah kritis, adalah masalah berat yang harus menjadi perhatian utama.

Pohon seringkali dianggap menjadi pengganggu dalam usaha pertanian sayur di lahan milik negara.

Karena Citarum berasal dari anak-anak sungai yang datang dari kabupaten dan kota, maka anak sungai akan tetap dipenuhi sampah rumah tangga.

Ironisnya, pemerintahan kabupaten dan kota itu kebanyakan belum mempunyai program untuk kampanye kebersihan dan kesehatan lingkungan, khususnya kampanye tidak membuang sampah kesungai

Deskripsi (Berisi tentang keadaan Ci Tarum
Jadi, perlu kerja sama antara pemerintahan kota dan kabupaten tersebut. Masalah air bersih sudah menjadi masalah dan akan semakin menjadi masalah berat ke depan bagi warga di Cekungan Bandung.

Oleh karena itu, diperlukan sebuah langkah nyata. Karena permasalahan air yang menjadi kebutuhan utama maka akan merembet pada persoalan lain yang lebih rumit, sosial-ekonomi-politik.

Penilaian

(berisi saran berupa Langkah nyata untuk mengatasi krisis air).

Baca Juga:

Mengenal dan Memahami Teks Tanggapan yang Tepat

Menyimpulkan Isi Teks Tanggapan yang Tepat dan Contohnya

Demikian pembahasan mengenai 5 contoh teks tanggapan dan anilisis strukturnya yang tepat. Semoga dapat menambah wawasan.

Referensi: dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *