Download RPP Bahasa Indonesa SMP MTs Kelas 9 Semester 1-2 Lengkap

Download RPP Bahasa Indonesa SMP MTs Kelas 9 Semester 1-2 Lengkap

paket-wisatabromo.com – Download RPP bahasa Indonesia SMP MTs kelas 9 semester 1-2 bisa dilakukan mulai sekarang.  Mengingat semester 2 sudah mulai menjelang seiring telah berakhirnya program pembelajaran semester 1.

Kesiapan perangkat pembelajaran lebih awal akan lebih memudahkan Bapak-Ibu guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Oleh karena itu, perkenankanlah pada kesempatan kali ini dibagikan RPP kelas 9 lengkap mulai dari semester 1 sampai dengan semester 2.

Bapak-Ibu Guru disilakan download RPP Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 9 semester 1-2.

Sebelum Download, mari kita ingat kembali mengenai seluk beluk RPP.

Pengertian RPP Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 9 semester 1-2

Secara umum, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP harus menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran di dalam mencapai sebuah Kompetensi Dasar (KD) yang ditetapkan dalam Kompetensi Inti (KI) dan dijabarkan dalam silabus.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

Ruang lingkup rencana pembelajaraan paling luas mencakup satu kompetensi dasar yang terdiri atas satu indikator atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.

RPP Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 9 semester 1-2 adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 semester 1-2.

RPP ini diarahkan untuk pembelajaran bahasa Indonesia di SMP dan MTs.

Dasar Pengembangan

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Tujuan

Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:

(1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar-mengajar;

(2) dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran

Unsur-Unsur RPP

Unsur-Unsur rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri ata:
1. Identitas mata pelajaran, meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, jumlah pertemuan.

2. Standar kompetensi, merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.

3. Kompetensi dasar, adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.

4. Indikator pencapaian kompetensi, adalah perilaku yang dapat diukur dan atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

5. Tujuan pembelajaran, menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

6. Materi ajar, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.

7. Alokasi waktu, ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban belajar.

8. Metode pembelajaran, digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.

9. Kegiatan pembelajaran

a) Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan, guru :
1) menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2) mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3) menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
4) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b) Inti

Kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,.

Selain itu, memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.

c) Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.

10. Penilaian hasil belajar

Prosedur dan instrument penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indicator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Baca:

11. Sumber belajar.

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

itulah sekilah mengenai teori menyusun RPP. selanjutnya, Bapak Ibu yang menghendaki RPP yang sudah siap pakai sudah tersedia.

RPP Bahasa Indonesia SMP MTs kelas 9 semester 1-2 dapat diunduh pada linkdi bawah ini.

1. KD 3.1 dan 4.1 Teks Laporan Percobaan (Unduh)

2. KD 3.2 dan 4.2 Teks Laporan Hasil Percobaan (Unduh)

3. KD 3.3 dan 4.3 Teks Pidato Persuasif (Unduh)

4. KD 3.4 dan 4.4 Teks Pidato Persuasif (Unduh)

5. KD 3.5 dan 4.5 Teks Cerita Pendek (Unduh)

6. KD 3.6 dan 4.6 Teks Cerita Pendek (Unduh)

7. KD 3.7 dan 4.7 Teks Tanggapan (Unduh)

8. KD 3.8 dan 4.8 Teks Tanggapan (Unduh)

9. KD KD 3.9 dan 4.9 Teks Diskusi (Unduh)

10. KD 3.11 dan 4.11 Teks Cerita Inspiratif (Unduh)

11. KD 3.12 dan 4.12 Teks Cerita Inspiratif (Unduh)

Demikian informasi mengenai Download RPP Bahasa Indonesa SMP MTs Kelas 9 Semester 1-2 Lengkap. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.