Ini Buku Guru Seni Musik SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Unduh

Ini Buku Guru Seni Musik SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Unduh

paket-wisatabromo.com-Kementerian Pendidikan, Kebudaayan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyusun Buku Guru Seni Musik SMA Kelas X. Buku ini dimaksudkan untuk mendukung  implementasi pembelajaran paradigma baru yang diterapkan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Jadi, Buku Seni Musik jenjang SMA Kelas X ini merupakan bagian dari program merdeka belajar.

Penulis Buku Seni Musik SMA Kelas X antara lain: Henry Pranoto Christy, dan Rahma Septiani. Sedangkan Penerbit Buku Guru Seni Musik SMA Kelas X adalahPusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jalan Gunung Sahari Raya No. 4 Jakarta Pusat. Cetakan pertama, 2021 ISBN 978-602-244-300-1 (jilid lengkap) 978-602-244-301-8 (jil.1).

Salah satu program sekolah penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif (Literasi dan Numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Buku Guru Seni Musik SMA Kelas X diharapkan dapat mendorong terlaksananya transformasi tersebut. Harapan lain dari buku ini adalah dapat dijadikan referensi bagi peserta didik, orang tua, dan  Bapak Ibu guru dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Selain itu, Buku ini diharapkan dapat mewujudkan prinsip otonom sekolah. Salah satu paradigma baru pada sekolah penggerak adalah prinsip otonom, yaitu memberikan kemerdekaan pada satuan pendidikan dan pendidik untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

Peran pemerintah adalah menyediakan buku teks dan perangkat ajar untuk membantu guru yang membutuhkan panduan dalam merancang pembelajaran.

Kompetisi abad ke-21 bagaimanapun akan membawa peserta didik ke arena kompetisi global sehingga peserta didik perlu mengembangkan identitasnya sebagai warga dunia.

Seiring dengan itu, pembelajaran di Kelas X perlu semakin mengukuhkan jati diri peserta didik Indonesia sebagai warga bangsa yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Program Sekolah Penggerak.

Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Buku Pelajaran Seni Musik Sekolah Penggerak ini mengarahkan pada proses dari pembelajaran yang berorientasi inkuiri dengan kegiatan saintifik seperti pengamatan atau obervasi, dan mengarahkan untuk berpikir kritis dan kreatif serta membentuk jaringan pengetahuan yang dikuasainya.

Guru menjadi sangat penting untuk mengarahkan, sekaligus menjadi pendorong/motivator bagi aktivitas siswa dengan berbagai kegiatan yang dicontohkan dalam buku ini.

Guru dapat, bahkan sangat dianjurkan untuk memperkaya secara kreatif dalam bentukkegiatan-kegiatan lain yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa

Jenis Buku Pelajaran SENI MUSIK Sekolah Penggerak

Buku Pelajaran Sekolah Penggerak ini terdiri atas Buku Siswa (BS) dan Buku Guru (BG). Buku-buku ini mencakupi semua jenis mata pelajaran yang ada di sekolah.

Pendekatan Buku Sekolah Penggerak Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah pendekatan penulisan Buku Siswa dan Buku Guru kelas X jenjang SMP MTs.

1. Memotivasi dan menumbuhkan minat membaca peserta didik kelas X.

Setiap bab pada Buku Siswa kelas X diawali dengan cerita bergambar dengan tokoh manusia dan binatang.

Setiap teks dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang menarik, serta dapat menumbuhkan daya kritis peserta didik.

2. Memperkenalkan topik yang mencerminkan pengalaman keseharian peserta didik kelas X.

Setiap bacaan pada Buku Siswa mengangkat pengalaman peserta didik kelas X, mulai dari bermain aman, berteman, menjaga kesehatan, hingga mengenal keragaman di lingkungan sekitar. Bacaan ini dapat memantik diskusi dengan para peserta didik kelas X tentang pengalaman mereka.

3. Membantu guru mengajar sesuai kemampuan peserta didik.

Setiap bab pada Buku Guru dilengkapi dengan inspirasi kegiatan pendampingan untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan khusus dan kegiatan pengayaan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang lebih mahir. Kegiatan pendampingan dan pengayaan ini dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok kecil.

4. Membantu guru menerapkan strategi literasi awal dengan lebih baik.

Setiap bab pada Buku Guru dilengkapi dengan saran untuk menerapkan strategi mengeksplorasi tanggapan peserta didik kelas X terhadap bacaan serta strategi untuk memodelkan proses berpikir ketika menggambarkan gagasannya terhadap suatu topik.

5. Membantu guru memahami Capaian Pembelajaran dan menurunkannya dalam tujuan pembelajaran yang mudah dicapai dan dievaluasi.

Setiap bab Buku Guru dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang diturunkan dari Capaian Pembelajaran.

Buku Guru Seni Musik SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka

Kata Pengantar

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan  dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan.

Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar.

Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya.

Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Pada tahun 2021, kurikulum ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Begitu pula dengan buku teks pelajaran sebagai salah satu bahan ajar akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak tersebut.

Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Prakata Penulis

Penulisan buku pelajaran musik kelas X ini dimaksudkan untuk menjadi panduan bagi para guru seni musik dalam mempersiapkan kegiatan belajar mengajar musik bagi para peserta didik kelas X di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, guru dan peserta didik dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bermusik.

Selain mengembangkan kemampuan bermusik, Buku Panduan ini juga bertujuan untuk membantu perkembangan keterampilan dasar bermusik (soft skills) bagi para peserta didik, baik secara individu maupun berkelompok.

Keterampilan soft skills bermusik yang dipelajari meliputi 7 unsur penting yaitu: kemampuan menghafal dan konsentrasi tinggi dalam bermusik; kedisiplinan dan kesabaran dalam bermusik; kemampuan bekerjasama dan beradaptasi; komunikatif; manajemen waktu; pantang menyerah dan bertanggung jawab; serta sikap terbuka terhadap kritik dan saran.

Buku panduan musik ini diharapkan dapat digunakan para guru untuk membantu peserta didik membentuk dan membangun kepribadian yang positif, serta ber-kebhinekaan global yang sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila sebagaimana tertera dalam Profil Pelajar Pancasila.

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan secara optimal, maka buku panduan musik ini dibagi menjadi 5-unit pembelajaran yaitu:

1. Eksplorasi Bunyi dalam Musik

2. Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik

3. Menciptakan Musik Sederhana

4. Manajemen Pertunjukan Musik

5. Apresiasi Musik

Tim penulis Buku Panduan Guru Seni Musik SMA/SMK Kelas X berharap agar buku panduan ini dapat membantu para guru seni musik dalam mempersiapkan proses belajar-mengajar dan memberikan pengalaman bermusik bagi para peserta didik.

Dengan demikian, peserta didik dapat memiliki pengalaman bermusik yang menarik, tepat guna, dan terkini.

Penulis juga berharap agar buku panduan musik ini dapat menginspirasi para guru musik untuk secara aktif menghasilkan ide-ide bermusik yang kreatif dalam mengembangkan minat dan bakat bermusik para peserta didik, dengan memperhatikan tingkat pertumbuhan keterampilan dasar bermusik (soft skills) dari para peserta didik yang mereka bina.

Dengan demikian, para peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar bermusik yang positif dan membangun melalui: pengalaman pendidikan langsung (firsthand musical experience) yang diberikan oleh para guru musik  dengan materi bermusik yang menarik.

Para peserta didik diharapkan dapat senantiasa menumbuhkan kecintaan dan kegemaran mereka untuk belajar bermusik secara terus menerus dan berkesinambungan (lifelong musical learning).

Hal ini merupakan cerminan dari pengalaman positif dalam proses belajarmengajar musik yang mereka peroleh di dunia pendidikan (lifelong musical experience).

Isi Buku

Panduan Umum

Tujuan Umum Pelajaran Seni Musik

Tujuan Buku Panduan Guru Seni Musik SMA/SMK Kelas X

Profil Pelajar Pancasila

Karakter Spesifik Mata Pelajaran Kelas X

Alur Capaian Pembelajaran Tiap Tahun

Unit 1 Eksplorasi Bunyi dalam Musik

a. Kegiatan Pembelajaran I dan II Mendengar dan Mengimitasi Bunyi-Musik

b. Kegiatan Pembelajaran III dan IV Memainkan dan Menghasilkan Bunyi-Musik berdasarkan Teknik  Imitasi Musik

c. Kegiatan Pembelajaran V dan VI Mengelaborasi Unsur-Unsur Musik dan Berbagai Teknik Bermusik

d. Kegiatan Pembelajaran VII dan VIII Menampilkan Elaborasi Bunyi Musik dalam Pertunjukan Gerak  dan Tari

Unit 2 Eksplorasi Bentuk Struktur dan Genre Musik

a. Kegiatan Pembelajaran I dan II Memahami Bentuk Struktur Musik

b. Kegiatan Pembelajaran III dan IV Mengeksplorasi Genre Musik

c. Kegiatan Pembelajaran V dan VI Menghasilkan Karya Musik berdasarkan Bentuk Struktur dan     Genre Musik yang Dipilih

d. Kegiatan Pembelajaran VII dan VIII Memainkan dan Menampilkan Karya Musik sesuai Bentuk Struktur dan  Genre Musik

Unit 3 Menciptakan Lagu Sederhana

a. Kegiatan Pembelajaran I dan II Konsep-Konsep dalam Menciptakan Musik Sederhana

b. Kegiatan Pembelajaran III dan IV Menciptakan Lagu Sederhana

c. Kegiatan Pembelajaran V dan VI Mencipta Orkestrasi Musik Sederhana

d. Kegiatan Pembelajaran VII dan VIII Mengemas Sajian Karya Musik Ciptaan

Unit 4 Manajemen Musik

a. Kegiatan Pembelajaran I dan II Konsep Manajemen Pertunjukan

b. Kegiatan Pembelajaran III dan IV Manajemen Suara

c. Kegiatan Pembelajaran V dan VI Manajemen Instrumen

d. Kegiatan Pembelajaran VII dan VIII Penulisan Proposal Pertunjukan

Unit 5 Apresiasi Musik

a. Kegiatan Pembelajaran I dan II Estetika Bunyi Musik

b. Kegiatan Pembelajaran III dan IV Apresiasi Musik Barat

c. Kegiatan Pembelajaran V dan VI Estetika Musik Tradisional Indonesia

d. Kegiatan Pembelajaran VII dan VIII Apresiasi Pementasan Karya Seni

Penutup

Kunci Jawaban

Daftar Pustaka

Biodata

Panduan Umum

Tujuan Umum Pelajaran Seni Musik

Secara rasional, seni musik merupakan ekspresi, respons, dan apresiasi manusia terhadap berbagai fenomena kehidupan, baik dari dalam diri maupun dari budaya, sejarah, alam dan lingkungan hidup seseorang, dalam beragam bentuk tata dan olah bunyi-musik.

Musik bersifat lokal sekaligus universal, mampu menembus sekat-sekat perbedaan, serta menyuarakan isi hati dan buah pikiran manusia yang paling dalam, termasuk yang tidak dapat diwakili oleh bahasa verbal.

Musik juga dapat mendorong manusia untuk merasakan dan mengekspresikan keindahan melalui penataan bunyi-suara dan musik.

Selanjutnya, melalui pendidikan seni musik, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistik-estetik, manusiawi, kreatif, memiliki apresiasi, menghargai kebhinekaan global, serta sejahtera jasmani, mental (psikologis), dan rohani.

Musik juga dapat memberikan dampak pada kehidupan manusia juga pada pengembangan pribadi dalam proses pembelajaran yang berkesinambungan.

Tujuan pembelajaran musik berdasarkan rasionalisasi di atas adalah untuk membantu peserta didik dalam mengekpresikan diri terhadap fenomena kehidupan lewat musik.

Peserta didik juga dilatih untuk peka terhadap persoalan pribadi maupun permasalahan sosial di lingkungan mereka tinggal.

Selain itu, peserta didik akan mampu mengembangkan kemampuan praktik bermusik dengan tingkat musikalitas yang baik dan mampu menerapkan keterampilan bermusik tersebut dalam kehidupan sehari-hari secara bertanggung jawab.

Dalam proses pembelajaran musik ini, peserta didik diharapkan untuk dapat mengembangkan kepribadian dan karakter dalam bermusik baik untuk diri sendiri, sesama, dan alam sekitar.

Buku Guru Seni Musik SMA Kelas X Sekolah Penggerak Kurikulum Merdeka Selengkapnya (Unduh).

Baca:

Demikianlah Informasi mengenai Buku Pelajaran Seni Musik SMA Kelas X Sekolah Penggerak untuk kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.