Menyimpulkan Isi Teks Prosedur dan Cara Menulisnya yang Tepat

Menyimpulkan Isi Teks Prosedur dan Cara Menulisnya yang Tepat dan Efektif

paket-wisatabromo.com – Teks Prosedur merupakan salah satu jenis teks yang menjadi sarana pembelajaran sejumlah empat kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas VII semester 1. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur dan Cara Menulisnya merupakan salah satu materi teks prosedur.

Dari empat kompetensi dasar tersebut, terbagi atas kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan. Kode kompetensi dasar pengetahuan adalah tiga. Dan kode keterampilan adalah empat.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas jenis teks yang berkaitan dengan aspek keterampilan. Kompetensi keterampilan terdiri atas: 4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar.

Dan komptensi 4.6. Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks prosedur (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cindera mata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.

Pada Artikel ini akan dibahas jenis teks prosedur yang berkaitan dengan kompetensi keterampilan. kompetensi ini  berkaitan dengan materi menyimpulkan dan menulis teks.

1. Menyimpulkan Isi Teks Prosedur

Isi teks ini dapat disimpulkan dengan cara merangkai gagasan-gagasan pokok pembicaraan dari uraian panjang teks menjadi ringkasan yang runtut dan mudah dipahami.

Untuk dapat menyimpulkan teks ini perlu membaca teks tersebut serta mencatat informasi-informasi yang ada dalam teks.

Untuk dapat menyimpulkan jenis teks ini perlu membaca teks tersebut serta mencatat informasi-informasi yang ada dalam teks. Pada tulisan ini hanya membahas mengenai menyimpulkan langkah-langkahnya.

Berikut ini disajikan contoh simpulan
Cara Membuat Es Krim Vanilla

Es krim menjadi jajanan yang disukai banyak orang dari berbagai macam kalangan usia. Apalagi jika dikonsumsi di tengah udara yang panas. Bosan dengan es krim yang biasanya dijual di pasaran, tak ada salahnya jika kamu membuatnya sendiri di rumah.

Tak punya mesin pembuat es krim? Jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa resep cara membuat es krim sendiri di rumah dengan berbagai macam rasa dan dijamin tanpa ribet.

Es krim sendiri merupakan makanan beku dengan bahan dasar susu. Tidak hanya susu saja, pada produk-produk es krim di toko ditambah pula pemanis, perasa, pengemulsi, serta pen stabil, bisa juga ditambah dengan buah-buahan.

Seperti yang kita ketahui, es krim dihidangkan sebagai hidangan penutup. Atau bisa juga sebagai camilan. Ada banyak sekali rasa dari es krim dan cara membuatnya, dari cara membuat es krim goreng hingga es krim buah.

Sebagai pembuka, bersama-sama kita akan belajar cara membuat es krim dengan rasa dasar yaitu vanila. Cara membuat es krim vanilla cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

Bahan:

Susu segar 1 L

Gula pasir 200 g

Kuning telur ayam 4 butir, kocok

Tepung maizena 15 g

Vanili 1 sdm

Cara membuat:

Tuang susu segar dan gula pasir ke dalam panci, kemudian masak hingga mendidih sembari terus mengaduk-aduk.

Ambil 1 sdm susu, campurkan dengan tepung maizena, aduk sampai larut.

Setelah campuran tersebut telah tercampur sempurna, tuang ke dalam rebusan susu pertama, aduk hingga merata. Kemudian tambahkan vanili, aduk hingga rata.

Saring susu menggunakan kain tipis ke dalam wadah lainnya.

Setelah susu tersaring sempurna, tuangkan kuning telur ke dalamnya, aduk hingga rata.

Masukkan kuning telur secara perlahan.

Diamkan selama 10 menit. Lalunya masukkan ke dalam lemari es /freezer.

Tunggu selama 15 menit, lalu aduk kembali es krimnya.

Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar mendapatkan hasil es krim yang halus dan lembut. Terakhir masukkan ke dalam freezer dan tunggu selama 8 jam agar dapat membeku sempurna.

Itulah resep cara membuat es krim sendiri di rumah meski kamu tak memiliki alat pembuat es krim. Tak ada salahnya kamu mencoba resep di atas untuk sajian berbuka di bulan puasa ini. Selamat mencoba!

Simpulan harus disusun berdasarkan pokok-pokok teks. Kita tahu, bahwa teks ini intinya  adalah tujuan, bahan alat,  dan langkah-langkahnya.

Struktur 
Tujuan                  : memandu pembaca untuk membuat es krim.
Bahan, alat          : susu segar, gula pasir kuning telur ayam, tepung maizena, dan vanili
Langkah-langkah: menuang, memasak, mencampur, mengaduk, menyaring, mendiamkan, memasukkan dalan freezer, menunggu, mengaduk lagi, menyajikan.
SimpulanMembuat es krim bisa dilakukan di rumah dengan  bahan, alat, dan langkah yang mudah meskipun tidak memiliki alat pembuat es krim.

 2. Menulis Teks Prosedur

Menyajikan data rangkaian kegiatan ke dalam bentuk teks (tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cindera mata, dll) dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan, dan isi secara lisan dan tulis.

Cara menulis tek ini secara tepat adalah menulis dengan mengikuti strukturnya. Struktur teks prosedur antara lain: judul, tujuan, bahan alat, langkah-langkah.

Judul

Teks prosedur dapat diberi judul berupa nama benda/sesuatu yang hendak dibuat/dilakukan, cara melakukan/menggunakan sesuatu.

Contoh: Cara Membuat Taplak Meja, Cara Mengoperasionalkan Komputer, Cara Memainkan Angklung, dll.

 Tujuan

Pengantar yang menyatakan tujuan penulisan, dapat berupa pernyataan yang menyatakan tujuan penulisan. Contoh: artikel ini bertujuan memandu pembaca membuat taplak meja, bertujuan memandu pembaca mengoperasionalkan computer, bertujuan memandu pembaca memainkan angklung, dll.

Bahan atau Alat

Untuk melaksanakan suatu prosedur dapat disajikan daftar/rincian bahan dan alat yang dibutuhkan.

Namun, pada teks prosedur tertentu, misalnya prosedur melakukan sesuatu, tidak diperlukan bahan/alat

Langkah/tahapan

Berupa tahapan yang ditunjukkan dengan urutan yang sistematis dan benar.

Contoh-Contoh judul yang tepat

Cara Memainkan Angklung

Proses Membatik Tulis Sederhana

Bagimana  Memasak Nasi Goreng

Teknik Mengoperasionalkan Komputer

Tips Berlatih Naik Sepeda Roda Dua

Membuat Kliko, dll.

Artiktl terkait:

Demikianlah pembahasan mengenai Menyimpulkan Isi Teks Prosedur dan Cara Menulisnya yang Tepat dan Efektif. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *