Menyusun Teks Pidato Persuasif yang Mudah dan Contohnya

Menyusun Teks Pidato Persuasif yang Mudah dan Contohnya

paket-wisatabromo.com – Menyusun Teks pidato persuatif adalah menulis teks yang disampaikan secara lisan kepada khalayak yang isinya berupa ajakan atau bujukan. Untuk sampai pada ajakan itu, pembicara menyampaikan pula sejumlah fakta ataupun pendapat-pendapatnya.

Fakta dan pendapat berguna untuk menguatkan atau sebagai dasar penyampaian ajakan-ajakannya itu. Hal ini harus mendapat perhatian pada saat menyusun teks pidato persuasif.

Selanjutnya, Menyusun teks Pidato persuasif merupakan bagian dari menyusu teks argumentasi. Seperti telah dipelajari sebelumnya bahwa argumentasi bertujuan meyakinkan pembaca atau pendengar dengan menyajikan argumen dari satu sudut pandang.

Dengan mengambil satu sudut pandang dan membuktikan kebenarannya, kita bertujuan meyakinkan orang lain untuk melihat suatu persoalan hanya dari sisi itu.

Pidato persuasif bertujuan untuk meyakinkan audiens untukmelakukan sesuatu. Apakah kita ingin agar orang ikut pemilihan presiden, berhenti mengotori bumi, atau mengubah pikiran orang tentang persoalan penting, mengajak orang peduli?

Tujuan pidato persuasif juga harus menjadi fokus perhatian pada saat menyusun teks pidato persuasif.

Pidato persuasif merupakan cara efektif untuk mengubah audiens. Ada banyak unsur agar pidato persuasif berhasil. Namun, dengan beberapa persiapan dan latihan, kamu dapat berpidato dengan hebat.

A. Cara Menyusun Teks Pidato Persuasif yang Mudah

1. Menentukan Tema Pidato

Tema adalah pokok pikiranyang akan disampaikan dalam pidato. Tema merupakan suatu gagasan pokok atau ide pikiran tentang suatu hal.

Contoh: kebersihan lingkungan, kenakalan remaja, kedisiplinan, pendidikan, dll.

 2. Mengingat Struktur Pidato Persuasif

Adapun struktur dari pidato persuasif yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

a. Salam pembukaan. Ini disampaikan pada awal pidato, hendaknya salam pembuka ini mencakup semua aspek keyakinan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

b. Pengenalan isu berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar pembicaraan.

c. Rangkaian argumen berupa sejumlah pendapat pembicara terkait isu yang dikemukakan. Pada bagian ini disampaikan pula sejumlah argument, fakta, bukti, conoh yang memperkuat pendapat tersebut.

d. Penutup biasanya berisi pernyataan saran dan ajakan kepada pendengar untuk melakukan sesuatu.

Kalimat saran pada umumnya ditandai dengan penggunaan kata sebaiknya, seharusnya, dan lain-lain. Sedangkan kalimat ajakan berisi anjuran untuk diikuti oleh pendengar. Pada umumnya kalimat ajakan ditandai dengan penggunaan kata mari, marilah, ayo, mohon, tolong, dan sebagainya.

B. Contoh 

1. Teks Pidato Bertema Pendidikan karakter

Assalamualaikum W.W.

Marilah kita panjatkan puji dan rasa syukur kehadirat Allah SWT, berkat karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita semua, kita dapat berkumpul di pagi ini dalam keadaan yang sehat walafiat.

Tak lupa salawa tserta salam selalu tercurahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah memperjuangkan nilai dan agama yang luhur ini hingga sampai kepada kita semua.

Terima kasih saya ucapkan atas waktu dan tempat yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang Pendidikan karakter yang harapannya kelak para generasi muda yang mempunyai visi besar dalam membangun bangsa ini.

Saya juga berharap semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi saya sendiri dan kepada semua yang dapat hadir di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati,

Saat ini Bangsa kita tengah menghadapi persoalan yang sangat serius, yaitu menurunnya moral di kalangan remaja.

Banyak remaja yang sudah terpengaruh oleh sikap hidup hedonis dan kehidupan yang mengabaikan nilai-nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Hal ini bisa dilihat dari data yang telah disampaikan oleh beberapa lembaga. Misalnya, Salah satu lembaga independen memaparkan fakta yang mencengangkan, bahwa 65% remaja saat ini sudah pernah melakukan hubungan seksual seperti ciuman, seks bebas dan bahkan berhubungan dengan sesama jenis.

Tidak hanya itu, data yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) tidak kalah mengherankan.

Mereka mengeluarkan data bahwa pengguna narkoba dari golongan remaja mencapai 79% pada tahun 2015.

Angka ini mengalami kenaikan sekitar 20% dari tahun lalu. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa setiap 7 menit terdapat korban yang meninggal dunia akibat penggunaan narkoba.

Hadirin yang saya hormati,

Data-data tersebut sudah cukup membuktikan apa yang sedang terjadisaat ini. Lantas, dimanakah peran pendidikan sekolah, guru danorangtua?

Mengapa para remaja saat ini terjerumuske dalam kehidupan yang tidaksesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat kita?

Setelah diteliti ternyata pemuda atau remaja saat ini telah kehilangan karakternya sebagai ksatria. Hal ini disebabkan lemahnya Pendidikan karakter yang mereka dapatkan baik di sekolah maupun di rumah.

Lebih dari itu, sekolah saat ini hanya mengutamakan pendidikan yang mengejar hasil berupa nilai daripada mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik dan mulia.

Oleh sebab itu, yang kita butuhkan saat ini adalah contoh pendidikan karakter agar dapat mengatasi permasalahan yang terjadi. Marilah kita beri teladan yang baik bagi generasi penerus bangsa.

Demikanlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan dan mohon maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan di hati. Akhir kata, Wassalamualaikum W. W.

2. Teks Pidato Bertema Lingkungan

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh,

Hadirin yang dirahmati dan selalu dilimpahkan kasih sayang oleh Allah SWT, semoga kelak kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung.  Aamiin ya robbal alamin.

Dalam kesempatan ini tidak banyak yang ingin saya sampaikan, tetapi akan menjadi besar jika dilaksanakan dan dimaknai oleh semua hadiri yang ada di sini.

Sebagaimana yang telah sama-sama kita ketahui bahwa lingkungan adalah tempat penting perkembangan dan pertumbuhan manusia. Baiknya lingkungan akan menghasilkan manusia yang baik pula begitu sebaliknya.

Nah lingkungan baik itu pertama baik dalam aspek fisiknya seperti kebersihan dan keindahan tata letak dan lokasi yang menyehatkan akan membuat siapa saja berada di lingkungan tersebut akan sehat dan baik pula.

Namun, ada juga lingkungan psikologis dimana lingkungan yang bersih perilaku dan norma norma yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Buruknya dan tidak kondusifnya lingkungan akan mengakibatkan manusia terancam dan tidak merasa nyaman berada di lingkungannya.

Maka dari itu mari sama-sama kita menjaga lingkungan fisik maupun psikis yang ada disekitar kita bersama untuk menjaga keberlangsungan kehidupan manusia dimasa yang akan datang.

Aksi sederhana kita terhadap kepedulian lingkungan dapat mengakibatkan pengaruh yang besar tidak saja untuk diri sendiri tapi kepada semua orang.

Begitu sebaliknya sedikit saja pelanggaran yang kita lakukan untuk merusak lingkungan maka akan berdampak kepada diri dan orang lain pula.

Maka dari itu bersihkan lingkungan di sekitar marilah sama menjaga kebersamaan dan ketenangan antar manusia.

Itu saja yang dapat saya sampaikan semoga kita dapat memahami dan menerimanya sebagai sebuah informasi yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

3. Teks Pidato Bertema Pramuka

Salam Pramuka,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa sehingga gerakan Pramuka apat melampaui berbagai ujian dan dapat melaksanakan tugas yang diembannya dengan baik sampai saat ini.

Gerakan pramuka lahir dari kancah perjuangan revolusi bangsa Indonesia dalam satu bentuk organisasi kepanduan tunggal.

Alhamdulilah sampai saat ini masih utuh dan bahkan menjadi organisasi Pendidikan yang cukup besar dan berpotensi, terutama dalam mewujudkan terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa menuju masyarakat yang adil dan Makmur.

Perkembangan gerakan Pramuka dari tahun ke tahun sangat menggembirakan. Jumlah  anggota Gerakan Pramuk pada awal pembentukannya sekitar 500.000, berkembang berlipat ganda, dan kini jumlahnya mencapai lebih kurang 22.000.000.

Mutu Pendidikan dan kegiatan yang terus-menerus ditingkatkan sesuai dengan pertumbuhan dan kebutuhan bangsa. Demikian pula dengan sarana dan prasarana penunjangnya.

Apabila dahulu di masa penjajahan Hindia Belanda kegiatan kepramukaan diwarnai dengan semangat kebangsaan dan patriotism untuk mencapai kemerdekaan, pada masa kemerdekaan ditambah dengan semangat melawan kemelaratan dan kebodohan.

Selama ini Gerakan Pramuka ikut serta dalam pembangunan, baik dalam memperkuat persatuan dan kesatuan maupun dalam bidang Pendidikan dan melaksanakan bakti pada masyarakat sesuai dengan trilogi pembangunan.

Menjelang tahun 2018, bangsa Indonesia menghadapi masa depan yang penuh tantangan karena pertumbuhan penduduk cukup pesat, keadaan lingkungan hidup lebih rawan, lapangan kerja perlu lebih banyak disiapkan, Pendidikan formal kurang memadai, perubahan nilai akibat semakin canggihnya alat komunikasi serta semakin berkurangnya sumber daya alam.

Pada saat sekarang ini, kita dihadapkan pada masa wabah Pandemi yang menjadi tantangan masa depan bangsa Indonesia. Kegiatan perekonomian dan Pendidikan makin terasa berkurang.

Keadaan semacam ini, pramuka sebagai generasi penerus bangsa perlu berdiri dengan memperkuat kemampuannya untuk mandiri, berbenteng mental spiritual yang kuat, memiliki pengetahuan serta keterampilan agar terpenuhinya kebutuhan material.

Dalam mempersiapkan diri serupa itu, Pramuka perlu biaya untuk belajar seumur hidup, bekerja seumur hidup, mengabdi seumur hidup, dan beribadah seumur hidup.

Kita sadari bahwa kemajuan yang dicapai Gerakan Pramuka sejak 30 Mei 1961 (59 tahun) ini belumlah seberapa bila dibandingkan dengan fungsi dan tugas yang diembannya.

Di bidang organisasi, perlu kita siapkan administrasi yang lebih baik, menambah sarana perkantoran dan Camping ground, serta meningkatkan kegiatan berupa kegiatan rutin berupa perkemahan, jambore, kursus, dll-nya.

Dorongan dan dukungan orang tua, masyarakat, maupun pemerintah, harus kita usahakan terus-menerus.

Dalam kesempatan ini, saya mengajak seluruh anggota dan seluruh jajaran gerakan Pramuka untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan diri, beramal bakti bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Para pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega, berlatihlah dengan tekun dan gembira dan pererat persaudaraan dan persahabatan. Tingkatkan pula bakti kalian kepada keluarga, bangsa, negara, dan agama.

Sekian, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan lindungan dan tuntunan-Nya.

Artikel terkait:

Itulah contoh-contoh teks pidato persuasif yang menarik. Contoh-contoh tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pedoman pada saat kalian menyusun teks pidato.

Demikian pembahasan mengenai cara menyusun teks pidato persuasif yang mudah dan Contohnya. Semoga dapat menambah wawasan.

Referensi: dari berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *