Sebutkan Ciri-Ciri Teks Berita dan Contohnya yang Tepat!

Sebutkan Ciri-Ciri Teks Berita dan Contohnya yang Tepat!

paket-wisatabromo.com- Sebutkan Ciri-Ciri Teks Berita dan Contohnya yang Tepat! Jawaban yang tepat sebagai berikut.

Sebutkan Ciri-Ciri Teks Berita dan Contohnya yang Tepat!

Ciri-Ciri Teks Berita yang Tepat
1. Kejadian itu merupakan suatu fakta

Artinya, kejadian yang berlangsung dalam imajinasi atau berdasarkan cerita yang tidak jelas kebenarannya tidak layak dan tidak dapat dijadikan berita. Jadi, bahwa berita bukanlah sebuah karya fiksi yang berlandaskan imajinasi penulis.

2. Kejadian itu baru

Artinya suatu peristiwa yang terjadi bukan yang lalu tidak mempunyai nilai lagi sebagai sebuah berita yang layak disiarkan kecuali berita merupakan ulasan dan penggambaran latar belakang.

3. Luar biasa

Luar biasa artinya peristiwa atau kejadian yang jarang terjadi dan mengherankan merupakan bahan berita yang baik.

4. Penting dan ternama

Penting dan ternama artinya peristiwa itu melibatkan orang penting, ternama, terkenal secara luas, pujaan masyarakat, pejabat penting, ilmuwan, artis, politikus, bintang film, dan lain-lain.

5. Skandal dan Persengketaan

Skandal dan persengketaan artinya sesuatu yang berupa persengketaan seperti persengketaan negara atau provinsi menarik menjadi berita, apalagi persengketaan itu meruyak menjadi peperangan.

6. Dalam Lingkungan Sendiri

Dalam lingkungan sendiri artinya suatu kejadian atau peristiwa yang dinilai penting bila kejadian itu berada dalam lingkungan sendiri.

7. Sesuai dengan Selera dan Minat Konsumen Berita

Sesuai dengan selera dan minat konsumen berita artinya, suatu berita yang baik dan patut menjadi berita diputuskan setelah mempertimbangkan kesesuainnya dengan minat dan selera pembaca atau pendengar berita tersebut.

Contoh Teks Berita yang Tepat
Bahlil Lahadalia: Negara Hemat Rp 20 Triliun Kalau Ganti LPG dengan DME

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menjelaskan tujuan penggantian Liquified Petroleum Gas (LPG) dengan Dimethyl Ether (DME) di masyarakat dalam waktu dekat. Menurut dia, rencana ini bakal membuat negara bisa berhemat hingga Rp 20 triliun per tahun.

“Karena harga DME tidak sebesar LPG,” kata Bahlil dalam acara Berita Satu Economic Outlook 2022 pada Selasa, 23 November 2021.

Bahlil menjelaskan bahwa Indonesia mengimpor 5,5 juta ton LPG per tahun. Harga LPG di pasaran dunia yaitu US$ 850 per ton dan pemerintah mengeluarkan subsidi sekitar Rp 60 sampai 70 triliun per tahun.

Untuk itulah, kata dia, pemerintah bakal menyiapkan DME yang merupakan produk dari hilirisasi batu bara kalori rendah untuk menggantikan LPG. Harganya lebih rendah yaitu US$ 650 sampai 700 per ton. “Sehingga kita bisa efisiensi Rp 20 triliun per tahun,” kata dia.

Sebelumnya, rencana ini sudah disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Menurut dia, pemerintah menargetkan Indonesia tidak lagi mengimpor liquefied natural gas pada 2030 seiring dengan dikembangkannya gasifikasi batu bara.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 8 Juni 2021. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

“Melalui substitusi LPG dengan DME, impor LPG yang sebesar 6 juta ton pada 2020 akan berkurang menjadi 1,4 juta ton pada 2025,” ujar Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi Energi DPR RI, Selasa, 19 Januari 2021.

Pada prosesnya, pemerintah merencanakan kebutuhan 1 juta ton LPG akan tergantikan dengan produksi 1,4 juta ton DME. Untuk membangun proyek dengan kapasitas 1,4 juta ton DME dibutuhkan investasi tidak kurang dari US$ 2,1 miliar atau setara Rp 29,4 triliun.

Selain itu, pemanfaatan batu bara juga akan meningkat melalui proyek tersebut. Setidaknya dibutuhkan 6 juta ton batu bara per tahun untuk dapat memproduksi 1,4 juta ton DME. Artinya, batu bara yang dapat dimanfaatkan mencapai 180 juta ton selama 30 tahun.

Industri pun sudah mulai bergerak, salah satunya PT Bukit Asam Tbk. menggeber proyek hilirisasi batu bara dengan mengolah komoditas itu menjadi DME ini. “Diharapkan pada 2030 Indonesia mampu memproduksi DME sekitar 3 juta ton setara LPG,” kata dia saat webinar, Jumat, 26 September 2021. anggaran hingga Rp10 triliun per 1 juta ton gas.(https://bisnis.tempo.co/).

Baca:

Demikianlah jawaban yang tepat atas pertanyaan mengenai sebutkan ciri-ciri teks berita dan contohnya yang tepat! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *