Sebutkan Langkah-Langkah Menyajikan Teks Persuasi secara Tertulis!

Sebutkan Langkah-Langkah Menyajikan Teks Persuasi secara Tertulis!

paket-wisatabromo.com-Sebutkan langkah-langkah menyajikan teks persuasi secara tertulis! Jawaban yang tepat atas pertanyaan tersebut tersaji berikut ini.

Sebutkan Langkah-Langkah Menyajikan Teks Persuasi secara Tertulis!

Langkah-Langkah Menyajikan Teks Persuasi secara Tertulis!

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam menyajikan teks persuasi.

1. Tentukan topik yang akan dibuat teks persuasi.

2. Tentukan tujuan yang akan dicapai melalui teks persuasi tersebut.

3. Sampaikan tesis atau pendapat yang berhubungan dengan topik.

4. Identifikasi alasan berupa fakta-fakta untuk menguatkan tesis yang disampaikan.

5. Rumuskan kalimat ajakan.

6. Buatlah kerangka teks persuasi, yang terdiri atas: pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali isi teks.

7. Kembangkan kerangka karangan menjadi teks persuasi.

8. Editlah baik isi maupun bahasa teks persuasi yang telah kamu susun

Contoh Teks Persuasi
Kedisiplinan di Sekolah

Seperti yang kita ketahui bahwa disiplin adalah taat, patuh dan ikut terhadap peraturan yang ada. Kedisiplinan bertujuan membuat semua hal menjadi teratur. Salah satu penerapan sikap disiplin dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya di sekolah. Kedisiplinan di sekolah merupakan sesuatu yang sangat penting karena merupakan salah satu kunci menuju kesuksesan.

Setiap sekolah mempunyai peraturan. Peraturan sekolah bertujuan membina siswa agar berdisiplin, berakhlak mulia, adil, rasional, dan bertimbang rasa. Kedisiplinan di sekolah merupakan usaha yang dilakukan pihak sekolah untuk memelihara perilaku siswa agar tidak menyimpang dan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai dengan norma, peraturan, dan tata tertib, yang berlaku. Jika ada pelanggaran, maka akan diberlakukan sangsi. Dengan demikian, kedisiplinan dapat mewujudkan suasana sekolah yang harmonis dan teratur.

Kedisiplinan tidak bisa lepas dari persoalan perilaku negatif siswa. Pelanggaran terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan, mulai dari membolos, berkelahi, menyontek, mencuri, dan bentuk-bentuk penyimpangan perilaku  lainnya. Perilaku menyimpang tersebut tentu membutuhkan upaya pencegahan dan penanggulangan yang bertanggung jawab dan mendidik dari pihak sekolah. Pemberian sangsi bagi siswa pelanggar tidak semata-mata membuat siswa jera, tetapi juga menumbuhkan tanggung jawab bagi dirinya sendiri. Di sinilah arti penting dari kedisiplinan.

Kedisiplinan yang terpelihara akan membawa dampak positif bagi pihak yang menjalankannya. Dengan disiplin, siswa dapat belajar dengan baik dan teratur untuk mencapai prestasi. Sekolah pun akan merasa bangga memiliki siswa-siswa yang berprestasi. Lain halnya dengan siswa-siswa yang kurang disiplin. Siswa-siswa tersebut cenderung akan merusak nama baik sekolah dengan perilaku mereka yang tidak disiplin. Dengan demikian, kedisiplinan dapat membiasakan siswa untuk berperilaku positif dan pandai menyesuaikan diri dengan tuntutan di lingkungannya.

Begitu pentingnya kedisiplinan di sekolah, marilah kita dukung peraturan sekolah. Marilah kita memulai dari diri sendiri untuk bersikap disiplin agar tercipta sekolah yang tertib dan nyaman untuk belajar. Dengan demikian, kita dapat menuai hasil yang positif dari kedisiplinan yang telah kita lakukan.

Baca:

Demikianlah jawaban yang tepat atas pertanyaan mengenai sebutkan langkah-langkah menyajikan teks persuasi secara tertulis! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.