Soal PTS UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Smt 2 SMP MTs Berbasis Teks

Soal PTS UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Smt 2 SMP MTs Berbasis Teks

paket-wisatabromo.com – Soal PTS UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Smt 2 SMP MTs Berbasis Teks merupakan jenis soal yang mengacu pada kurikulum 2013.

Seperti diketahui bersama bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia K-13 SMP MTs harus berbasis teks. Secara otomatis, bagian evaluasinya pun harus berbasis teks.

Soal PTS UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Smt 2 SMP MTs Berbasis Teks dapat difungsikan untuk mengevaluasi pembelajaran selama paruh semester.

Pada  kelas 8 semester 2 ini, terdapat empat jenis teks yang harus dipelajari peserta didik. Jadi, soal untuk menguji penilaian tengah semester dua ini mencakupi dua jenis teks.

Kedua jenis teks tersebut adalah teks ekplanasi dan teks ulasan. Soal-soal yang dibuat untuk penilaian tengah kelas 8 semester 2 ini berdasarkan kedua jenis teks tersebut.

Pada kesempatan ini akan disampaikan Soal PTS UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Smt 2 SMP MTs Berbasis Teks.

Soal PTS UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Smt 2 SMP MTs Berbasis Teks

Berkaitan dengan soal PTS UTS ini akan disajikan soal dalam bentuk pilihan ganda.

Soal-soal ini mencakupi teks eksplanasi dan teks ulasan. Bahan yang diujikan dari teks eksplanasi meliputi pernyataan umum teks, deretan penjelas, penutup teks, ciri-ciri teks.

Selain itu, berkaitan dengan teks eksplanasi ditanyakan juga mengenai judul yang tepat, isi teks, isi paragraf, dan interpretasi teks.

Sedangkan untuk teks ulasan, bahan yang diujikan antara lain: ditanyakan mengenai bagian-bagian struktur teks, informasi penting teks, keunggulan karya yang diulas.

Selain itu, berkaitan dengan teks ulasan ditanyakan juga mengenai hal yang disoroti dalam teks ulasan, identitas karya yang diulas, dan isi teks yang diulas.

Secara Umum, kompetensi yang diujikan dari kedua jenis teks tersebut adalah berkaitan dengan  meliputi kemampuan mengidentifikasi, menyimpulkan, menelaah struktur, menelaah kebahasaan, dan kemampuan menulis.

Soal-soal ini dapat difungsikan sebagai bahan belajar para peserta didik SMP MTs kelas 8 semester 2.

Para peserta didik dapat dengan mudah menjawab soal-soal tersebut.

Namun, apabila kesulitan menjawab soal-soal tersebut, peserta didik dapat melihat kunci jawaban yang sudah disediakan.

SOAL Penilaian Tengah Semester 2 SMP MTs

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia

Kelas, Semester                        : 8, 2

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf A,B, C, atau D!

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor1-6.

Hujan termasuk bentuk gajala alam yang dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud cair. Ada juga pengendapan yang berwujud padat, seperti: salju, es, atau aerosol (embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu. Pada siklus tersebut, hujan menjadi faktor penting. Siklus yang dimaksud adalah siklus hidrologi.

Siklus tersebut bermula pada penguapan air laut yang berubah menjadi awan dan berkumpul menjadi awan mendung, kemudian turun ke Bumi dalam bentuk hujan. hujan pun kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengurangi daur ulang tersebut.

Hal ini disebut siklus karena terjadi perputaran secara berulang-ulang secara teratur. Siklus hidrologi pada umumnya terus terjadi tiada henti. karena sikulus tersebut, persediaan air di bumi relatif tetap.

Meskipun hujan merupakan salah satu komponen siklus, hujan tidak terjadi setiap hari atau setiap waktu di suatu wilayah. Jika hujan tidak terjadi di satu wilayah, kemungkinan di wilayah lain mengalami hujan. Hal ini juga disebabkan perputaran bumi yang menyebabkan sebagian wilayah mengalami musim berlainan. Itu sebabnya siklus hidrologi tidak pernah terhenti di Bumi.

1. Pernyataan umum pada teks di atas terdapat pada paragraf….

 A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

2. Deretan penjelas terdapat pada paragraf….

A. 1, 2

B. 1, 3

C. 2, 3

D. 2, 4

3. Penutup teks tersebut terdapat pada paragraf….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

4. Berikut ini yang bukan ciri-ciri teks eksplanasi sesuai teks di atas adalah….

A. berguna untuk menjelaskan mengapa sesuatu terjadi.

B. memuat informasi berdasarkan fakta

C. informasi bersifat keilmuan (sains).

D. bertujuan meyakinkan orang.

5. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri teks eksplanasi sesuai teks di atas adalah…

A. terdapat tesis

B. Informasi subjektif

C. teks berbentuk narasi

D. bertujuan meyakinkan orang lain

6. Judul yang sesuai dengan isi teks eksplanasi tersebut adalah….

A. Proses Terjadinya Hujan

B. Siklus Hidrologi di Bumi

C. Dampak Hujan bagi Manusia

D. Peran Hujan dalam siklus Hidrologi

7. Hujan termasuk bentuk gajala alam yang dapat kita saksikan dalam kehidupan sehari-hari. Hujan merupakan hasil pengendapan berwujud cair. Ada juga pengendapan yang berwujud padat, seperti: salju, es, atau aerosol (embun dan kabut). Pengendapan tersebut terjadi dalam siklus tertentu. Pada siklus tersebut, hujan menjadi faktor penting. Siklus yang dimaksud adalah siklus hidrologi.

Isi paragraf tersebut adalah….

A. terjadinya hujan

B. terjadinya siklus air

C. terjadinya awan di atmosfer

D. hjan termasuk dalam siklus air

8. Jumlah air hujan diukur menggunak alat pengukur hujan atau ombrometer. jumlah air tersebut dinyatakan sebagai kedalam air yang terkumpul pada permukaan datar, dan diukur kurang lebih 0,25 mm. Satuan curah hujan menurut standar internasional adalah milimeter yang merupakan penyingkatan dari liter per meter persegi.

Isi paragraf di atas mengenai….

A. jumlah air hujan

B. satuan curah hujan

C. alat pengukur jumlah air hujan

D. kedalaman air hujan yang terkumpul

9. (1) Meskipun hujan merupakan salah satu komponen siklus hidrologi, hujan tidak terjadi setiap hari atau setiap waktu di suatu wilayah. (2) Jika hujan tidak terjadi di satu wilayah, kemungkinan di wilayah lain mengalami hujan. (3) Hal itu juga disebabkan perputaran Bumi yang menyebabkan sebagian wilayah mengalami musim yang berlainan. (4) Dengan demikian, siklus hidrologi tidak pernah terhenti di Bumi.

Kalimat yang berisi interpretasi teks ditunjukkan nomor ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

Baca:

10. Peritiwa berikut yang tidak dapat dijadikan bahan menulis teks eksplanasi adalah ….

A. penyebab seseorang terjatuh dari sepeda karena ketidakseimbangan tubuh

B. penyebab terjadinya banjir bandang akibat intensitas hujan yang tinggi

C. angin laut dan angin darat dimanfaatkan nelayan untuk melaut

D. awan panas akibat gunung meletus membahayakan manusia

Cuplikan teks ulasan berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 11-13.

Cerpen berjudul “Lonceng”menceritakan sepasang suami istri yang telah menginjak usia senja. Pernikahan yang telah lama berjalan terasa kurang lengkap karena mereka tidak dikaruniai  anak. Kedua tokoh tersebut kerap berdebat tentang suatu hal yang sederhana, tetapi juga menunjukkan romantisme sepasang suami istri. pada akhir cerita, penulis membangun berbagai suasana menjadi satu, yaitu suasana tegang saat jam penuh kenangan milik mereka mulai rusak, suasana romantis saat Sam (suami) berusaha memperbaiki jam tersebut demi merayakan pesta emas pernikahan, dan suasana sedih saat Ina (istri) tidak dapat merayakan pesta emas pernikahan karena telah meninggal. Cerpen tersebut menunjukkan kesetiaan sepasang suami istri yang saling mencintai hingga akhir hayat.

Soal PTS UTS 2 Bahasa Indonesia Kelas 8 Smt 2 SMP MTs Berbasis Teks selengkapnya (unduh)

Demikianlah penyajian soal PTS UTS2 bahasa Indonesia kelas 8 smt 2 SMP MTs berbasis teks. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.