Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs

Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs

paket-wisatabromo. com- Selamat berjumpa lagi. salam sehat selalu. Apa kabar? bagaimana belajar bahasa Indonesia kamu? Lancarkah? Artikel yang diposting kali ini berjudul  Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs.

Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs ini khusus buat kamu yang masih duduk di kelas 8 SMP MTs. Namun, kalian yang lainnya boleh juga koq mengenal soal-soal yang berkaitan dengan jenis teks berita.

Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs ini disusun dalam bentuk pilihan ganda dan uraian. Ikuti ya. Semoga dapat menambah wawasan kamu.

Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs

Pilihlah satu jawaban yang tepat!

Bacalah kutipan teks berita berikut ini untuk menjawab soal nomor 1-2!

Menteri koordinator bidang politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan, bertemu dengan Anggota Dewan Negara Tiongkok, Yang Jiechi, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin sore (9/5/2016). Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membicarakan upaya mempererat kerja sama antara Indonesia dan tiongkok.

1. Unsur ADIKSIMBA yang tidak ada dalam kutipan teks berita tersebut adalah….

A. siapa

B. kapan

C. di mana

D. mengapa

2. Jika dilihat dari struktur teks berita, kutipan tersebut termasuk bagian…

A. kepala berita

B. teras berita

C. tubuh berita

D. kaki berita

3. Bacalah kutipan teks berita berikut ini!

Penambahan lahan sudah disadari menjadi kendala dalam pengembangan berbagai sektor. Bertambahnya permintaan lahan dipengaruhi bertambahnya jumlah penduduk. Selain itu, meningkatnya kesejahteraan penduduk membutuhkan pengembangan permukiman untuk tempat tinggal dan pengembangan industri untuk mencukupi kebutuhan hidup.

simpulan isi teks berita tersebut adalah…

A. Sektor industri tidak berkembang karena ketidaksiapan infrastruktur.

B. Pembangunan kawasan industri membantu pembangunan infrastruktur.

C. Dibutuhkan lahan untuk mencapai kesejahteraan pangan.

D. Penambahan lahan dipengaruhi oleh jumlah penduduk dan tingkat kesejahteraan.

4. Bacalah kutipan teks berita berikut ini!

Jumlah warga pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Tanah Karo, yang datang ke lokasi pengungsian terus bertambah. Mereka mengungsi ke Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat. “Ada penambahan pengungsi yang datang dari Tanah Karo,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Langkat.

Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan teks berita tersebut adalah …

A. Warga mengungsi ke Kabupaten terdekat.

B. Jumlah pengungsi Sinabung terus bertambah.

C. Warga mendatangi tempat pengungsian sementara.

D. Akibat erupsi Gunung Sinabung, tanaman mengering.

5. Bacalah kutipan teks berita berikut ini!

(1) Madura United (MU) mulai menggeser target buruannya. (2) Kini, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab tersebut mengincar striker timnas Thailand yang menjadi mimpi buruk Indonesia pada final Piala AFF 2016, Siroch Chattong. (3). Siroch Chattong mencetak dua gol kemenangan Thailand ke gawang Indonesia pada final kedua turnamen dwitahunan tersebut di Stadion Rajamanggala, Bangkok. (4) Sebelumnya, Madura United sempat merayu irfan Bachdim yang sekarang berstatus pemain nonklub setelah dilepas klup Jepang, Consodale Sapporo.

Penggunaan keterangan waktu dalam kutipan teks berita di atas terdapat pada nomor…

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (2) dan (4)

Bacalah kedua kutipan teks berita berikut ini untuk menjawab soal nomor 6-7!

Teks 1

Setidaknya enam belas orang  ditemukan tewas dan sejumlah orang lainnya hilang akibat banjir bandang yang melanda Kabupaten Garut, Jawa Barat. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Haryadi Wargadikarta, kepada wartawan BBC Indonesia, Ging Ginanjar.

Teks 2

Banjir bandang terjadi di wilayah Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) Rabu (21/12/2016) sore sekitar pukul 15.00 WITA. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan terdapat lima kecamatan di Kota Bima yang terdapak banjir setinggi 1-2 meter.

6. Perbedaan pola penyajian teks berita di atas adalah…

A. Teks 1 menonjolkan akibat peristiwa, teks 2 menonjolkan sebab peristiwa.

B. Teks 1 menonjolkan waktu peristiwa, teks 2 menonjolkan tempat peristiwa.

C. Teks 1 menonjolkan sebab peristiwa, teks 2 menonjolkan akibat peristiwa.

D. Teks 1 menonjolkan tempat peristiwa, teks 2 menonjolkan waktu peristiwa.

7. Persamaan kedua teks berita tersebut adalah keduanya menerangkan unsur….

A. siapa

B. mengapa

C. bagaimana

D. apa

8. Bacalah teks berita berikut ini!

Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah. Dengan kebersihan lingkungan, warga sekolah menjadi nyaman. Kenyamanan mereka menjadi faktor penunjang keberhasilan belajar bagi siswa. Dengan kenyamanan itu pula, para guru lancar menjalankan tugasnya. Kebersihan lingkungan sekolah juga mendukung kesehatan warga sekolah. Dengan lingkungan yang bersih, sekolah terbebas dari berbagai penyakit. Penyakit berat maupun ringan tidak akan menyerang warga sekolah.

Pokok informasi dari berita tersebut adalah…

A. Kebersihan lingkungan sekolah membuat warga sekolah menjadi nyaman dan sehat.

B. Kebersihan lingkungan sekolah tidak terpisahkan dengan kesehatan warga sekolah yang nyaman.

C. Kebersihan lingkungan sekolah mendukung kebersihan dan kesehatan seluruh warga sekolah.

D. Kebersihan lingkungan sekolah akan menjadi penjamin kesehatan dan keberhasilan warga sekolah.

9. Bacalah teks berikut ini!

Predikat Kota Yogyakarta bukan sekadar (1) kota pelajar dan pariwisata, melainkan gudangnya industri kecil, terutama kerajinan. Ribuan industri kecil kerajinan berkembang di daerah ini, mulai dari skala kecil, misalnya souvenir (2) hasil industri rumah tangga hingga skala besar yang bertaraf (3) internasional. Model-model yang dihasilkan juga sesuai dengan tren (4) dunia.

Kata tidak baku yang terdapat pada paragraf tersebut ditunjukkan nomor….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

10. Bacalah kutipan teks berita berikut ini!

Sampai akhir bulan juni, badan meteorologi dan geofisika mencatat curah hujan di bawah normal telah terjadi di sebagian besar pulau Jawa. Oleh sebab itu, disarankan masyarakat mengantisipasi kemungkinan terjadinya kelangkaan air di sebagian wilayah pulau Jawa tersebut.

Perbaikan yang tepat untuk penulisan

A. bulan Juni, Badan Meteorologi dan Geofisika, Pulau Jawa.

B. bulan Juni, badan meteorologi dan geofisika

C. bulan Juni, badan Meteorologi dan Geofisika

D. Bulan Juni, badan meteorologi dan geofisika

Kerjakan soal-soal berikut dengan baik!

1. Identifikasilah pokok-pokok isi teks berita berikut, kemudian tulislah simpulannya!

Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga di Sukabumi

Satwa liar hampir hampir punah. Penyebabnya antara lain karena diburu manusia dengan semena-mena. Setidaknya, sekitar 69.000 warga di Indonesia diketahui memelihara satwa langka mulai dari jenis mamalia, unggas, reptilia, sampai ikan. Untuk melestarikan hewan-hewan ini, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang khusus mengurus satwa liar, The Gibbon Foundation mendirikan Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga. Letaknya di kampung Cikananga, Desa Cisitu, Kecamatan Nyalindung, sekitar 29 kilometer sebelah utara Kota Sukabumi, Jawa Barat. Demikian pemantauan reporter kami di Sukabumi, baru-baru ini.

2. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 2-4!

Brasil akhirnya untuk pertama kalinya meraih medali emas cabang sepak bola. Prestasi tersebut  ditorehkan Selecao, julukan tim nasional Brasil, di Olimpiade Rio 2016 pada Sabtu(20/8/2016) atau Minggu dini hari WIB.

Brasil meraih medali emas setelah mengalahkan Jerman, yang juga belum pernah meraih medali emas Olimpiade untuk cabang sepak bola putra, melalui adu penalti. Setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit, Neymar dllmenang 5-4 pada adu “tos-tosan.” neymar menjadi sosok protagonis Brasil pada laga ini. Sang kapten adalah pencetak gol pada waktu normal sekaligus penendang kelima timnya yang menentukan kemenangan. Neymar membuka harapan bagi Brasil untuk meraih emas berkat golnya pada menit ke-27. Namun, kapten Jerman, Max Meyer, berhasil membalas pada menit ke-59 untuk membuat skor sama kuat. Laga pun harus ditentukan melalui perpanjangan waktu dan adu pinalti. Lima penendang pinalti Brasil sukses menjalankan tugasnya.

Dari kubu Jerman, empat penendang pertama juga berhasil menjebol gawang Weverton. Nahas, bagi Jerman tembakan Nils Petersen berhasil digagalkan sehingga memupuskan harapan Der Panzer.

Brasil pun berhak meraih medali emas untuk pertama kali. Pada tiga kesempatan sebelumnya, termasuk pada 2012 saat sudah diperkuat Neymar, Selecao, selalu kalah difinal dan harus puas dengan raihan medali perak.

Adapun bagi Jerman, kegagalan ini membuat mereka gagal menyandingkan gelas juara dunia dengan Olimpiade. Sven Bender dkk juga gagal mengikuti jejak tim sepak bola putri yang sehari sebelum meraih medali emas. Sementara itu, Nigeria merebut medali perunggu. Mereka menang 3-2 atasa Honduras beberapa saat sebelum pertandingan antara Brasil dan Jerman.

2. Identifikasikan unsur-unsur ADIKSIMBA teks berita tersebut!

3. Tulis lima judul yang sesuai dengan teks isi berita tersebut!

4. Apakah inti informasin dari teks berita tersebut?

5. Tulis teks berita tentang peristiwa  yang terjadi di sekolah atau lingkunganmu! Teks berita harus memuat seluruh unsur ADIKSIMBA.

Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs (Unduh)

Baca: Soal Ulangan Harian Materi Teks Deskripsi Kelas 7 Semester 1 2021/2022

Demikianlah Soal-Soal Uji Kompetensi Jenis Teks Berita Kelas 8 Semester 1 SMP MTs. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *