Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

paket-wisatabromo.com – Teks Pidato Persuasif merupakan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik SMP Kelas IX Semester 1. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa Indonesia.

 A.Pengertian

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Dan Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Pengertian Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik.

Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Pidato memiliki beberapa sifat utama. Berikut sifat-sifat utama pidato: informatif, dan persuasif atau propagandais. Informatif yaitu pidato menyajikan informasi kepada para pendengarnya. Propagandais yaitu isi pidato ditujukan untuk mendorong pendengarnya untuk mempercayai suatu hal dan berbuat sesuatu.

Pidato persuasif adalah jenis pidato yang disampaikan dengan tujuan mempengaruhi pendengarnya, sehingga tertarik dengan apa yang disampaikan. Seperti pidato kemerdekaan yang mengobarkan semangat kemerdekaan.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

Suatu pidato dapat memengaruhi pendengar jika bersifat persuasif. Pidato persuasif dapat diartikan sebagai pidato yang bersifat mengajak atau membujuk pendengar untuk melakukan hal yang disampaikan. Dimulai dari pemahaman orang yang menyampaikan pidato terhadap topik yang ingin disampaikan.

Tujuan pidato persuasif adalah mempengaruhi, membujuk, mengajak pendengar agar bertindak atau berbuat melakukan sesuatu yang diinformasikan. Jika pendengarnya mau melakukan sesuatu itu tadi, berarti pidato persuasifnya berhasil.

Isi pidato persuasif hendaknya dengan merujuk secara keseluruhan mengenai pidato persuasif yang disampaikan secara khusus maka sudah jelas bahwa isi dari pidato ini harus menarik serta memiliki manfaat yang besar untuk pendengarnya.

B. Ciri-Ciri dan Cara Memersuasi

1. Ciri-Ciri

Adapun ciri yang terdapat pada pidato persuasif, adalah sebagai berikut. Pidato mempunyai permasalahan pokok yang pada umumnya dimiliki masyarakat luas.

Isi pidato harus memiliki pesan utama atau inti supaya para audiens yang mendengarkan dapat melakukannya dan dapat menerima apa yang disampaikan.

Ciri pidato persuasif lainnya adalah membujuk, mengajak, atau juga sebagai menasihati untuk para pendengarnya.

Pembicara dalam pidato persuasif mempunyai hubungan yang baik dengan pendengarnya. Supaya pendengar bersedia untuk berbuat atau melakukan pesan yang dipidatokan. Dan pendengar merasa nyaman terhadap pembicara meski dalam waktu singkat bahkan dalam waktu panjang.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

2.Cara memersuasi

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada saat memersuasi, yaitu etika, emosi, dan logika. Penggunaan pendekatan etika, lakukan secara sopan, santun, dan nada suara yang menyejukkan hati pendengar.

Jika menggunakan pendekatan emosi, maka gugahlah dan sentuhlah perasaan pendengar. Dan jika menggunakan pendekatan logika, maka buatlah informasi yang disampaikan itu masuk aal atau logis.

Contoh:

  1. “Coba pikirkan jutaan hewan yang kehilangan rumahnya setiap hari akibat pohon ditebang. Jika daur ulang berkelanjutan, kita dapat menyelamatkan banyak hutan yang indah.”
  2. “Daur ulang adalah hal benar yang kita lakukan. Memubazirkan sumber daya kita terbatas sama dengan mencuri hak anak cucu kita di masa depan, ini tidak bermoral.

C.Struktur Pidato Persuasif

Teks pidato persuasif dibentuk oleh beberapa bagian. Antarbagiannya itu disusun secara sistematis dan saling berhubungan. Dan Teks pidato persuasif diawali dengan pengenalan isu, diikuti oleh paparan sejumlah argument. Setelah itu, dinyatakan ajakan-ajakan yang diakhir dengan penegasan kembali.

Adapun struktur dari pidato persuasif yang baik dan benar adalah sebagai berikut.

1. Salam pembukaan

Ini disampaikan pada awal pidato, hendaknya salam pembuka ini mencakup semua aspek keyakinan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

2. Pengenalan Isu

Pengenalan isu berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar pembicaraan.

3. Rangkaian Argumen

Rangkaian argumen berupa sejumlah pendapat pembicara terkait isu yang dikemukakan. Pada bagian ini disampaikan pula sejumlah argument, fakta, bukti, conoh yang memperkuat pendapat tersebut.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

4. Penutup

Penutup biasanya berisi pernyataan ajakan, yakni sebagai inti teks persuasi yang di dalamnya dinyatakan dorongan kepada pendengar untuk melakukan sesuatu. Pernyataan itu bisa dinyatakan secara eksplisit atau implisit. Selain itu, penutup pidato berisi permohonan maaf serta ucapan terima kasih dan salam penutup.

D.Kaidah Kebahasaan

  1. Menggunakan pernyataan langsung atau kata sapaan orang kedua, seperti hadirin, Bapak/Ibu, saudara-saudara
  2. Menggunakan kata dan ungkapan bersifat mengajak, atau membujuk. Salah satu ciri kaidah kebahasaan teks pidato persuasif adalah penggunaan kata-kata atau ungkapan yang bersifat membujuk atau meyakinkan. Beberapa kata yang dapat digunakan seperti “Mari”, “Ayo”, dan lain sebagainya.
  3. Menggunakan kata penghubung argumentatif, seperti: oleh karena itu, jika…maka…, akibatnya, dengan demikian, dll.
  4. Menggunakan kata-kata yang mempengaruhi hati dan mental pendengar, seperti: diharapkan, memprihatinkan, mengagumkan, berasumsi, menduga, menyimpulkan.
  5. Menggunakan kata-kata rujukan seperti: berdasarkan data…, merujuk pada pendapat…, dll.
  6. Menggunakan Kalimat Saran. Kalimat saran adalah kalimat yang berisi usul agar dapat dipertimbangkan oleh orang lain. Kalimat saran pada umumnya ditandai dengan penggunaan kata sebaiknya, seharusnya, alangkah baiknya, seyogyanya, dan lain-lain.
  7. Menggunakan Kalimat ajakan. Kalimat ajakan berisi anjuran untuk diikuti oleh pendengar. Dan Kalimat ajakan bertujuan agar pendengar berbuat atau bertindak seperti yang dikehendaki pembicara. Juga, Kalimat ajakan pada umumnya ditandai dengan penggunaan kata mari, marilah, ayo, mohon, tolong, dan sebagainya.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

E. Contoh Teks Pidato Persuasif

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh, para hadirin yang dirahmati dan selalu dilimpahkan kasih sayang oleh Allah SWT, semoga kelak kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung.  Aamiin ya robbal alamin.

Dalam kesempatan ini tidak banyak yang ingin saya sampaikan, tetapi akan menjadi besar jika dilaksanakan dan dimaknai oleh semua hadirin yang ada di sini. Sebagaimana yang telah sama-sama kita ketahui bahwa lingkungan adalah tempat penting perkembangan dan pertumbuhan manusia. Baiknya lingkungan akan menghasilkan manusia yang baik pula begitu sebaliknya.

Nah lingkungan baik itu pertama baik dalam aspek fisiknya seperti kebersihan dan keindahan tata letak dan lokasi yang menyehatkan akan membuat siapa saja berada di lingkungan tersebut akan sehat dan baik pula. Namun, ada juga lingkungan psikologis dimana lingkungan yang bersih perilaku-dan norma norma yang sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan.

Buruknya dan tidak kondusifnya lingkungan akan mengakibatkan manusia terancam dan tidak merasa nyaman berada di lingkungannya. Maka dari itu mari sama-sama kita menjaga lingkungan fisik maupun psikis yang ada disekitar kita bersama untuk menjaga keberlangsungan kehidupan manusia dimasa yang akan datang.

Aksi sederhana kita terhadap kepedulian lingkungan dapat mengakibatkan pengaruh yang besar tidak saja untuk diri sendiri namun kepada semua orang. Begitu sebaliknya sedikit saja pelanggaran yang kita lakukan untuk merusak lingkungan maka akan berdampak kepada diri dan orang lain pula.

Maka dari itu bersihkan lingkungan disekitar mari-mari sama sama menjaga kebersamaan dan ketenangan antar manusia. Itu saja yang dapat saya sampaikan semoga kita dapat memahami dan menerimanya sebagai sebuah informasi yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

F. Menyusun Teks Pidato

Terdapat tiga struktur teks pidato persuasif yang harus diperhatikan dalam membuat naskah pidato, yaitu: pembuka, isi, penutup.

1. Pembuka

Pembuka pidato berisi salam, sapaan hormat, dan ucapan syukur. Salam berupa ucapan “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi, siang, sore, malam.”

Sapaan hormat berupa ucapan hormat kepada tokoh-tokoh atau hadirin yang hadir dalam suatu kegiatan. Urutan penyebutan penghormatan dimulai dari tokoh yang jabatannya paling tinggi sampai kepada yang paling rendah.

Untuk kata “Yang terhormat hanya diucapkan satu kali.” Jika orang yang disapa lebih dari satu, maka yang lainnya digunakan sapaan “Yang kami hormati.”

Pengenalan isu berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar pembicaraan.

2. Isi

Rangkaian argumen berupa sejumlah pendapat pembicara terkait isu yang dikemukakan. Pada bagian ini disampaikan pula sejumlah argument, fakta, bukti, conoh yang memperkuat pendapat tersebut.

3. Penutup

Berisi ajakan, bujukan, harapan, doa agar apa yang disampaikan dapat diikuti dan bermanfaat bagi pendengar.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

G.Contoh Soal

1. Bacalah teks kutipan pidato berikut!

Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahalpun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buahan sebagai kebutuhan utama mereka. Oleh sebab itu, hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.

Kalimat di atas yang menunjukkan ajakan adalah …

  1. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.
  2. Hentikan merokok, sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
  3. Berapapun mahalnya harga rokok tidak dapat menghentikan mereka untuk merokok.
  4. Di Cina perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum.

Teks pidato berikut untuk soal nomor 2 – 4

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh. (1)

Yang terhormat Kepala SMP Negeri 1 Pringapus, yang saya hormati Bapak Ibu Guru beserta karyawan SMP Negeri 1 Pringapus, serta teman-teman dari kelas VII-IX yang saya cintai. (2)

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME. Karena limpahan rahmat serta hidayah-Nya, kita bisa berkumpul pada siang ini dalam acara sekolah bertema “Ayo, Jaga Kebersihan lingkungan Sekolah!”. (3)

Oleh karena, perkenankanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

Hadirin yang terhormat,

Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Dengan lingkungan sekolah yang bersih, ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan mudah. Lingkungan yang bersih juga mendorong kesuksesan kegiatan belajar mengajar di kelas. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman. (4)

Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Menjaga kebersihan sekolah bisa diawali dari diri sendiri. Tindakan yang dapat kita lakukan seperti membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan piket setiap hari, serta tidak meninggalkan barang-barang di laci yang bisa menjadi sarang nyamuk. Sekali lagi saya mengajak kepada seluruh warga sekolah, marilah bersama-sama menjaga kebersihan sekolah demi menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Saya rasa cukup sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Harapan saya semoga seluruh warga sekolah bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (5)

Terima kasih atas perhatian yang hadirin berikan. Jika ada ucapan ataupun tingkah laku saya yang kurang berkenan di hati hadirin, saya mohon maaf. (6)

Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. (7)

2. Bagian isu dalam pidato persuasif di atas ditunjukkan oleh bagian nomor…

  1. 4)
  2. 3)
  3. 2)
  4. 1)

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

3. Kalimat ajakan yang disampaikan pembicara dalam pidato tersebut adalah…

  1. Kebersihan lingkungan sekolah dapat mewujudkan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.
  2. Oleh karena itu, perkenanlah saya mengemukakan sedikit penjelasan mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  3. Oleh karena itu, marilah kita sebagai warga sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
  4. Siswa serta guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan efisien karena didukung oleh situasi lingkungan yang nyaman.

4. Tujuan pidato tersebut adalah memberikan….

  1. pemahaman pendengar tentang kebersihan lingkungan sekolah.
  2. informasi pendengar tentang pentingnya kebersihan lingkungan sekolah.
  3. hiburan kepada pendengar dengan tema kebersihan lingkungan sekolah.
  4. Mengajak pendengar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Cuplikan berikut ini digunakan untuk menjawab soal nomor 5 dan 6.

Kekayaan yang tidak ternilai harganya adalah pemanfaatan waktu. Orang berhasil menjadi cendekiawan karena mahir mengisi dan memanfaatkan waktu. Sebaliknya, mereka akan gagal, bahkan menjadi bodoh karena lengah dalam memanfaatkan waktu. Waktu akan selalu memberi arti bagi mereka yang mau mengoptimalkan untuk hal-hal yang sangat mulia dalam hidup dan kehidupannya.

5. Hal penting dalam cuplikan pidato persuasif di atas adalah….

  1. hal waktu
  2. pemanfaatan waktu
  3. mengoptimalkan waktu
  4. makna waktu

6. Pernyataan persuasif dalam cuplikan pidato  tersebut dinyatakan dengan kata….

  1. tak ternilai
  2. berhasil
  3. sebaiknya
  4. sangat mulia

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

7. Bacalah kutipan isi pidato berikut!

(1) Dewasa ini banyak sekali penyakit baru bermunculan. (2) Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun dalam tubuh kita. (3) Jika sistem imun dalam tubuh kita melemah, maka tubuh mudah sekali terkena penyakit. (4) Selain itu, makan makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang lebih baik. (5) Bahkan, saat ini lebih banyak penjual makanan yang tidak sehat. (6) Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolah raga.

Berdasarkan ciri kebahasaan, kalimat yang menunjukkan sebab-akibat terdapat pada kalimat nomor …

  1. 1
  2. 2
  3. 4
  4. 5

Cuplikan berikut ini digunakan untuk menjawab pertanyaan nomor 8-10.

Hadirin yang saya hormati,

Assalamualaikum W.W.,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Piji dan syukur kita panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada tanggal 28 oktober 1928, yaitu bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung tinggi Bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan Kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.

Teks Pidato Persuasif Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas IX Semester 1

8. Isu cuplikan pidato tersebut adalah…

  1. Peringatan Sumpah Pemuda.
  2. Mengenang Ikrar para pemuda tahun yang lalu
  3. Merenungkan ikrar sumpah Pemuda
  4. Pernyataan Ikrar Sumpah Pemuda terjadi pada tahun 1928.

9. Kalimat ajakan dalam teks pidato tersebut adalah…

  1. ajakan memanjatkan doa ke-hadirat Tuhan Yang Mahakuasa.
  2. Peristiwa pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda.
  3. Mari kita berkumpul di tempat ini dalam memperinngati Sumpah Pemuda.
  4. mari kita renungkan Kembali makna Sumpah Pemuda.

10. Kata persuasi dalam cuplikan pidato tersebut adalah….

  1. puji dan syukur
  2. memperingati
  3. baik-baik dan perlu
  4. perlu

Baca Juga:

7 Cara Hebat Menggunakan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun

Inilah Cara Hebat Memahami Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun

Inilah Cara Jitu Menggunakan Bahasa pada Anak Usia 4-5 tahun

Demikianlah penjelasan mengenai teks pidato persuasif. Semoga bermanfaat, dan selamat belajar anak-anak peserta didik SMP kelas IX.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *