Teks Laporan Hasil Percobaan

Teks Laporan Hasil Percobaan  

paket-wisatabromo.com – Teks Laporan Hasil Percobaan merupakan Materi Pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik SMP Kelas IX Semester 1.

Peserta didik kelas IX semester 1 harus dapat mengidentifikasi, menyimpulkan, mengenal struktur dan kaidah kebahasaan dan menyusun teks laporan hasil percobaan.

1. Pengertian Teks Laporan Hasil Percobaan

Teks laporan hasil percobaan merupakan teks yang berisi penjelasan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Biasanya teks seperti ini digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum.

Dan Teks ini dibuat untuk memberikan informasi kepada orang lain mengenai hasil percobaan yang telah dibuat, dan berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan.

Teks laporan hasil percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum. Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal.

2. Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Percobaan

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Percobaan dapat ditinjau dari isi dan bahasa yang digunakan. Berikut ini dijelaskan ciri isi dan Bahasa teks Laporan hasil percobaan.

a. Ciri Isi

Secara umum, Teks laporan hasil percobaan berisi laporan hasil dari sebuah percobaan yang telah dilakukan. Percobaannya bersifat ilmiah dilakukan untuk menguji sesuatu. Teks laporan percobaan dimulai dengan memaparkan dari tujuan percobaan.

Selain itu, teks laporan hasil percobaan itu memaparkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk melaksanakan sebuah percobaan. Dan memaparkan prosedur-prosedur pelaksaan percobaan dan melakukan sebuah pengamatan.

Kemudian, memaparkan pencatatan hasil dari percobaan. Di akhir laporan dipaparkan simpulan hasil yang di dapat dari sebuah percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data-data hasil pengamatan.

Secara khusus, ciri isi teks laporan percobaan antara lain objektif, berupa fakta dan lengkap.

Objektif

Menyampaikan informasi atau data sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Apabila hasil tidak sesuai hipotesis, sampaikan apa adanya sesuai hasil percobaan yang dilakukan.

Misalnya, Kalian sedang menguji perbandingan vitamin C pada buah jeruk dan stroberi. Kalian menduga buah jeruk punya vitamin C lebih tinggi daripada stroberi. Ternyata, setelah dilakukan percobaan, hasilnya tidak sesuai dugaan. Nah, jika hipotesis tidak sesuai hasil, sampaikanlah hasil percobaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Berupa Fakta

Hasil yang disampaikan dalam teks laporan hasil percobaan benar-benar sudah dilakukan. Penyampaian kalimat pun harus berupa fakta. Coba bandingkan kedua kalimat di bawah ini:

Kandungan vitamin C stroberi sekitar 29 mg tiap 100 mg.

Terkandung 54 mg vitamin C dalam setiap 100 mg jeruk.

Kalimat 1) bukanlah fakta karena informasinya belum pasti dan terkesan masih berupa dugaan karena penggunaan kata “sekitar.” Sedangkan kalimat 2) berupa fakta karena menyampaikan informasi secara pasti dan bisa dibuktikan.

Lengkap

Kalian harus menyampaikan semua informasi dalam teks laporan percobaan. Tulis selengkap-lengkapnya supaya pembaca bisa mengerti laporan secara utuh dan bisa bermanfaat.

Laporan hasil percobaan yang lengkap meliputi judul, tujuan, bahan dan alat, Langkah-langkah kegiatan, hasil, dan simpulan.

b. Ciri Bahasa

Bahasa yang digunakan dalam teks laporan hasil percobaan cukup jelas, dan logis.

maupun susunan yang logis. Untuk ciri-ciri kebahasaannya ialah sebagai berikut: menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baku, dan adanya kalimat simpleks dan kalimat kompleks.

Selain itu, menggunakan konjungsi, istilah teknis, kata bilangan (numeralia), dan memperhatikan kata depan dan imbuhan awal.

3. Struktur Teks Laporan Hasil Percobaan

a. Judul

Biasanya ditampilkan dalam kalimat sederhana. Ditulis di tengah kertas. Misalnya: laporan hasil Percobaan Membuat Pelangi

b. Tujuan percobaan

Tujuan berupa pernyataan tentang sasaran yang ingin dicapai melalui kegiatan percobaan atau penelitian. Biasanya menggunakan kata kunci: memberitahukan, menjelaskan, memaparkan, menginformasikan

Misalnya: Percobaan ini bertujuan untuk menjelaskan fungsi dan proses kerja jaringan xylem pada tumbuhan.

c. Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan untuk melaksanakan percobaan harap ditulis secara lengkap dan ikuti dengan ukuran yang akurat.

d. Langkah-langkah kegiatan Percobaan

Langkah-langkah kegiatan percobaan sering disebut dengan prosedur.  Bagian ini juga sering disebut dengan metode penelitian. Biasanya di dalamnya ditulis juga mengenai tempat, waktu, dan objek percobaan.

e. Hasil Percobaan

bagian ini mengemukakan hal-hal penting yang ditemukan dalam kegiatan percobaan.

f. Simpulan

Bagian ini berisi pernyataan umum atau generalisasi dari hasil percobaan yang ditemukan.

Misalnya: Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sinar matahari berwarna putih dapat berubah menjadi berwarna-warni akibat adanya proses pembengkokan cahaya.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Percobaan

Laporan Hasil Percobaan Membuat Pelangi

Tujuan

Pelangi merupakan fenomena alam yang terjadi di langit, berupa aneka ragam warna cahaya yang saling sejajar. Di langit, pelangi terlihat seperti busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon dan terjadi saat hujan ringan. Dalam percobaan ini, akan diuji tentang proses terbentuknya pelangi, faktor-faktor yang menyebabkan pelangi terbentuk, dan bagaimana prosesnya.

Alat dan bahan

Kaca

Air

Baskom

Kertas putih atau dinding

Senter atau cahaya ponsel

Proses Membuat Pelangi

Isi baskom dengan air hingga setengah penuh.

Masukkan kaca di dalamnya dengan posisi miring.

Lalu, sorot kaca dengan senter dan arahkan pantulan cahayanya pada kertas putih atau dinding.

Pelangi buatan pun akan segera muncul.

Hasil

Pelangi akan berhasil terbentuk apabila arah cahaya atau sumber cahaya yang menyinarinya berada di posisi yang pas, yakni dari depan dan masuk ke dalam cermin, lalu dipantulkan ke kertas putih. Cahaya yang masuk ke dalam air akan menghasilkan pembiasan yang kemudian membentuk warna-warni atau pelangi.

Kesimpulan

Pada pelangi sungguhan, sinar matahari memantul pada tetesan air, lalu terjadi pembengkokan sedemikian rupa dan terjadilah pemisahan warna pada cahaya. Awalnya warna cahaya ini hanya berwarna putih, tetapi pada prosesnya tercipta banyak warna, yakni menjadi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Laporan Hasil Percobaan Membuat Tinta Tidak Terlihat

TujuanTinta pada umumnya yang kita gunakan bersifat terlihat, misalnya pulpen untuk menulis buku. Nah pernahkah kamu menemukan tinta yang tidak terlihat? Kedengarannya sangat unik bukan?

Kamu dapat membuat tinta tidak terlihat dengan bahan-bahan yang sangat mudah untuk di dapat, untuk menyampaikan pesan rahasia kepada seseorang misalnya.

Alat dan Bahan

Lemon

Air

Sendok

Mangkuk

Cotton Bud

Kertas Putih

Lampu Bohlam

Langkah-Langkah Membuatnya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah peras jus lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air ke dalam mangkuk tersebut.

Kemudian aduk air dan jus lemon dengan menggunakan sendok.

Celupkan cotton bud ke dalam campuran dan tulis pesan diatas kertas putih.

Tunggu jus tersebut kering sehingga tidak terlihat.

Untuk membaca pesan tersebut dapat dilakukan dengan memanaskan kertas yang dipegang dengan mendekatkannya ke bola lampu.

Hasil

Setelah langkah diatas selesai kamu laukan, kamu berhasil membuat tinta rahasia yang tidak terlihat. Kamu dapat menyampaikan pesan rahasia ini kepada teman-teman mu dengan cara menggunakan tinta yang tidak terlihat ini. Ini merupakan salah satu reaksi kimia.

Kesimpulan

Jus lemon adalah senyawa organik yang bisa teroksidasi dan berubah warnanya menjadi cokelat ketika dipanaskan. Bahan yang diencerkan ini membuat pesan sulit untuk dibaca. Dengan demikian, tidak seorang pun menyadari keberadaan tulisan itu sampai dengan tulisan tersebut dipanaskan dengan cara mendekatkannya kepada bola lampu.

Zat lain yang bisa bekerja dengan cara yang sama adalah jus jeruk, madu, susu, jus bawang, cuka, dan anggur. Tinta tidak terlihat juga dapat dibuat dengan menggunakan reaksi kimia atau melihat cairan tertentu.

Laporan Hasil Percobaan Membuat Taplak Meja

Taplak meja kadang digunakan untuk menghias meja dan paling banyak tersedia di sejumlah toko dengan harga yang lumayan. Namun, apa kalian pernah berpikir untuk membuat sebuah taplak meja sendiri? Sebenarnya, kalian bisa saja membuat taplak meja sendiri yang biayanya malah relatif lebih murah.

1.Tujuan

Pembuatan taplak meja ini bertujuan supaya kita bisa memanfaatkan sejumlah barang bekas yang ada disekitar kita. Jadi, akan lebih bernilai serta bermanfaat.

2. Alat dan Bahan :

2meter kain perca

Jarum & benang

Pensil, gunting, & kertas

Jangka

3. Langkah-Langkah Membuatnya:

Buatlah sebuah sketsa gambar terlebih dulu di kertas dengan memakai jangka berdiameter 8 cm, lalu gunting sesuai pada pola jangka tersebut.

Tempelkan pada kain perca kemudian jiplak polanya & gunting kain percanya. Ulang hingga 60 bulatan.

Jahit pinggirnya kemudian tarik lalu di tali. Ulang sampai 60 bulatan.

Langkah berikutnya, rangkaikan bulatan satu dan bulatan yang lain lalu bentuk pola mirip dengan taplak meja.

Sesudah membentuk sebuah pola seperti yang kamu inginkan, jahit bulatan satu dan yang lainnya.

Kemudian sesudah selesai membentuk taplak meja, maka kamu bisa merapihkan jahitan tersebut agar terlihat lebih indah.

4. Hasil

Jadilah sebuah taplak meja dengan beberapa kreasi tangan kamu sendiri. Sekarang kamu bisa meletakkan taplak meja tadi di meja ruang makan maupun bisa juga di meja ruang tamu. Kamu bisa mengembangkannya sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan.

5. Simpulan

Membuat taplak meja tersebut tidaklah sulit, namun kamu juga harus sabar dan telaten serta ulet dalam proses pengerjaannya. Sehingga, hal ini akan mengasah dan mengembangkan sebuah keterampilan yang kalian miliki, sekaligus kamu juga dapat menghemat biaya serta bisa menambah keuntungan bila kamu memanfaatkannya menjadi peluang usaha.

5. Kaidah kebahasaan

  1. Banyak menggunakan istilah ilmiah. Misalnya: dehidrasi, kontaminasi, diare, dll.
  2. Banyak menggunakan kata kerja Tindakan: mengamati, mengukur, memisahkan, mencampur, dll
  3. Menggambarkan benda-benda, hewan, dan lingkungan tertentu. Misalnya: kacang hijau, pupuk, nitrogen, kalsium, kalium,dll.
  4. Memakai kata-kata pendefinisian seperti: yaitu, adalah, merupakan, yakni.
  5. Memanfaatkan konjungsi penyebaban untuk menjelaskan alasan yang ditandai dengan: karena, sebab,sebab itu, karena itu.
  6. Menggunakan kata bermakna perincian. Misalnya; selain itu, pertama, kedua, ketiga, dll.
  7. Menggunaka gaya Bahasa formal. Tidak menggunakan kata ganti saya, kami atau penulis.
  8. Menggunakan gambar-gambar grafis seperti table, diagram, grafik, bagan.

6. Cara Menyusun

Teks laporan termasuk jenis karya tulis yang berisi informasi. Informasi tersebut merupakan hasil percobaan, pengamatan, atau penelitian. Sebelum Menyusun teks laporan hasil percobaan, kita harus sudah melakukan percobaan. Selain itu, harus Menyusun kerangka teks laporan hasil percobaan.

Langkah-langkah

Menentukan judul

Merumuskan tujuan percobaan berdasarkan percobaan yang telah dilakukan

Menyusun teks laporan hasil percobaan berdasarkan struktur teks laporan hasil percobaan.

Melakukan penyuntingan isi dan Bahasa yang digunakan dalam laporan asil percobaan.

Tahapan menulis  antara lain:

Mengumpulkan bahan melalui kegiatan percobaan

Menelaah data yang diperoleh dari percobaan

Mengembangkan laporan sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil percobaan

Merevisi teks laporan hasil percobaan yang telah ditulis.

7. Contoh Soal

1.Teks yang disusun setelah melakukan kegiatan eksperimen atau percobaan adalah…

a. teks laporan hasil observasi

b. teks laporan hasil Percobaan

c. teks laporan kunjungan wisata

d. teks laporan pertanggungjawab

2. Tujuan penulisan teks laporan percobaan adalah ….

a. sebagai media memengaruhi

b. Sebagai media hiburan

c. Sebagai sumber informasi

d. sebagai media social

3. Penggunaan diagram/tabel pada sebuah laporan hasil percobaan bertujuan untuk ….

a. mempersulit pembaca

b. hiasan laporan

c. tambahan laporan

d. memudahkan pemahaman

4.Perhatikan paragraf berikut!

Karbohidrat memegang peranan penting dalam alam karena menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia. Semua karbohidrat berasal dari tumbuh-tumbuhah. Melalui proses fotosintesis, klorofil tanaman dengan bantuan sinar matahari mampu membentuk karbohidrat dari karbon dioksida berasal dari udara dan air dari tanah. Karbohidrat yang dihasilkan adalah karbohidrat sederhana glukosa. Pada saat itu pula dihasilkan oksigen yang lepas ke udara.

Informasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah….

  1. Adapun karbohidrat sederhana merupakan karbohidrat yang banyak mengandung serat.
  2. Karbohidra tkompleks terdiri atas monosakarida, disakarida, gula alkohol, dan oligosakarida.
  3. Karbohidrat memegang peranan penting dalam alam karena menjadi sumber energi utama bagi tubuh manusia.
  4. Tidak semua jenis karbohidrat terdiri atas unsur-unsur karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O).

5. Perhatikan kutipan teks berikut!

Uji Karbohidrat (Amilum)

  • 5 bahan makanan digerus secara terpisah (roti, tempe, putih telur, pisang, dan kemiri) lalu

        ditempatkan pada cawan petri.

  • Hasil gerusan diambil secukupnya kemudian dimasukkan ke dalam plat tetes dan masing-masing diberi label.
  • Penampilan awal didokumentasikan
  • Masing-masing bahan makanan ditetesi dengan setetes lugol/kalium iodide.
  • Perubahan warna yang terjadi diamati, dicatat, dan didokumentasikan.
Hal yang dibahas dalam teks tersebut adalah …
  1. uji karbohidrat
  2. uji lemak
  3. kandungan protein
  4. kandungan oksigen

6. Perhatikan kutipan simpulan teks laporan hasil percobaan berikut!

Dari hasil percobaan yang dilakukan dapat ditarik simpulan sebagai berikut.

(1) Bahan yang mengandung amilum adalah roti.

(2) Bahan yang mengandung glukosa adalah roti dan tempe.

(3) Bahan yang mengandung protein adalah putih telur dan kemiri.

(4) Bahnn yang mengandung lemak adalah margarin dan roti.

(5) Dalam satu bahan makanan tidak hanya mengandung nutrisi, tetapi banyak yang mempunyai

      lebih dari dua nutrisi atau lebih.

(6) Seperti roti terdapat amilum, glukosa dan lemak.

Penyataan yang sesuai dengan isi kesimpulan tersebut adalah bahan yang mengandung…

  1. amilum adalah roti dan tempe.
  2. glukosa adalah roti.
  3. protein adalah telur dan roti.
  4. lemak adalah margarin dan roti.
7. Langkah-langkah kerja sistematis selama melakukan kegiatan percobaan terdapat pada

    bagian….

a. alat dan bahan

b. cara kerja

c. kajian teori

d. tujuan

8. Apa yang ada di dalam benak Anda . . . mendengar kata tikus? Tiap orang punya jawaban sendiri, . . . sebagian besar bisa dikatakan akan mengaitkannya . . . penyakit dan kotoran.

Kata tugas atau konjungsi yang tepat untuk melengkapi kata yang rumpang pada teks laporan hasil percobaab tersebut secara berurutan adalah ….

  1. Saat, jika, pada
  2. jika, tetapi, dengan
  3. Jika, saat, pada
  4. dengan, jika, tetapi

9. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

1) Cutter

2) 2 buah tanaman pacar air

3) 2 botol air mineral bekas ukuran 1.500 ml

4) 2 sachet pewarna makanan biru dan merah

5) Air secukupnya

Kalimat-kalimat di atas merupakan bagian struktur teks

rekaman percobaan pada …

  1. Tujuan
  2. Bahan dan alat
  3. Prosedur
  4. Hasil pengamatan

10. Mengamati pohon jeruk nipis

Tinggi pohon 3, 5meter

Batangnya bulat berduri

Bentuk daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit

Panjang daun 2,5-9 cm, lebar 2-5 cm

Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5-9 cm dan lebar 2-5 cm

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data tersebut yang tepat adalah …
  1. Buah jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekaligus juga untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup sederhana, yaitu membasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan perasan jeruk nipis
  2. Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang berlebihan ukuran badan. Sebagai gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasaan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangat dengan campuran jeruk nipis
  3. Pohon jeruk nipis ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis
  4. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri berwarna putih kehijauan. Daun majemuk, berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit. Panjang daun 2,5-9 cm, lebar 2-5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5-5 mm, bersayap, berwarna hijau.

Baca Juga:

Demikian penjelasan mengenai teks laporan hasil percobaan. Selamat belajar dan melakukan percobaan. Semoga sukses.

Referensi: dari Berbagai Sumber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *