Contoh-Contoh Teks Eksposisi dan Analisis Strukturnya yang Tepat

Contoh-Contoh Teks Eksposisi dan Analisis Strukturnya yang Tepat

paket-wisatabromo.com-Teks eksposisi tergolong jenis teks Bahasa Indonesia yang mudah dipelajari. Setelah memberikan materi teks eksposisi di kelas, biasanya guru juga akan memberikan contoh-contoh teks eksposisi singkat.

Hal tersebut dilakukan agar peserta didik lebih memahami materinya dengan melihat contoh secara langsung. Mungkin guru juga akan memberikan tugas membuat teks eksposisi kepada peserta didik.

Peserta didik bisa menggunakan contoh-contoh teks eksposisi yang ada di artikel ini sebagai referensi atau acuan. Namun, sebelum melihatnya mari kita ulas lagi materi teks eksposisi secara singkat.

Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi dan gagasan pendapat penulis. Bersifat informatif dan persuasif. Dan ditulis dengan singkat, ringkas, padat, jelas, akurat.

Agar dapat menganalisis struktur teks eksposisi, baiknya dipahami kembali mengenai struktur teks eksposisi pada link berikut ini.

Struktur teks eksposisi dapay di (unduh) di sini.

Berikut ini contoh-contoh teks eksposisi dan Analisis Strukturnya

1. Contoh Teks Eksposisi dan Analisis Strukturnya

Dampak Kerusakan Daerah Aliran Sungai
Daerah aliran sungai di Indonesia kini telah banyak yang mengalami kerusakan. Kerusakan lingkungan pada daerah aliran sungai meliputi kerusakan pada aspek biofisik ataupun kualitas air. Akibatnya, fungsi hidrologis dan peran sungai dalam menjaga keanekaragaman hayati, nilai ekonomi, budaya, transportasi, dan pariwisata akan terganggu.
Pernyataan pendapat (tesis)
Saat ini sebagian Daerah Aliran Sungai di Indonesia mengalami kerusakan sebagai akibat dari perubahan tata guna lahan, pertambahan jumlah penduduk serta kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pelestarian lingkungan DAS. Gejala Kerusakan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) dapat dilihat dari penyusutan luas hutan dan kerusakan lahan terutama kawasan lindung di sekitar Daerah Aliran Sungai.

Kerusakan daerah aliran sungai yang terjadi mengakibatkan kualitas air yang buruk, keruh, juga kondisi debit air sungai menjadi fluktuatif antara musim penghujan dan kemarau. Selain itu, juga penurunan cadangan air serta tingginya laju sendi mentasi dan erosi. Dampak yang dirasakan kemudian adalah terjadinya banjir di musim penghujan dan kekeringan di musim kemarau. Kerusakan daerah aliran sungai juga.

Mengakibatkan menurunnya kualitas air sungai yang mengalami pencemaran yang diakibatkan oleh erosi dari lahan kritis, limbah rumah tangga, limbah industri limbah pertanian (perkebunan) dan limbah pertambangan.

Argumen
Kerusakan darah aliran sungai di Indonesia telah menjadi masalah yang sangat serius. Kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab akan membawa dampak yang buruk bagi lingkungan. Aliran sungai yang tercemar limbah bukan saja mengakibatkan rusaknya ekosistem sungai, namun akan membawa masalah serius pula pada berbagai sektor kehidupan masyarakat.
Penegasan Ulang

 

Baca:

2. Contoh Teks Eksposisi dan Analisis Strukturnya

Manusia dan Sampah
Di zaman globalisasi seperti sekarang ini, kegiatan membuang sampah sembarangan misalnya di sungai seolah-olah sudah menjadi hal yang lazim.

Semakin banyak juga orang-orang yang membuang sampah sembarangan di kota. Hal itu mengakibatkan aliran beberapa sungai terhalang oleh sampah-sampah tersebut.Sehingga ketika hujan terjadi dengan intensitas yang terus-menerus, maka sungai akan meluap dan menimbulkan bencana banjir.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

 

Dari tahun ke tahun jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di sungai terus meningkat, ini merupakan kesimpulan dari banyak pengamat.

Manusia masih belum juga kapok dengan membuang sampah di sungai yang bisa mengakibatkan banjir karena tingkah laku manusia itu sendiri.

Padahal korban karena bencana banjir tentu tidak sedikit. Tidak hanya korban luka-luka, yang meninggal dunia karena banjir juga sudah banyak.

Akan tetapi hal-hal tersebut masih belum cukup untuk memberi kesadaran kepada orang-orang yang masih membuang sampah sembarangan atau di sungai.

Argumentasi

 

Seharusnya setelah mengetahui dampak yang terjadi karena ulah sendiri, orang-orang sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi. Supaya tidak merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

Jika tidak ada sampah di sungai, maka air sungai tidak akan tersumbat dan banjir bisa diminimalisir meskipun hujan deras terus menerpa.

Penegasan Ulang

 

 

Kesehatan
Olahraga tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Jika sering berolahraga maka tubuh akan kembali segar dan bugar.

Namun penting diketahui untuk memilih jenis olahraga yang tepat bagi tubuh masing-masing. Misalnya kita harus tahu kondisi jantung kita apakah kuat atau tidak untuk berolahraga dalam periode waktu yang lama.

Karena setiap orang mempunyai kekuatan jantung yang berbeda-beda. Jadi jenis olahraganya tidak bisa disamaratakan.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat bagi tubuh masing-masing.

Pernyataan Pendapat (Tesis)
Olahraga merupakan kegiatan mengolah tubuh yang menyenangkan dan semua orang bisa melakukannya.

Selain menyenangkan, olahraga juga membawa banyak sekali manfaat bagi tubuh dan bisa membuat tubuh lebih sehat.

Setelah berolahraga biasanya kita akan merasakan suasana tubuh yang segar dan bugar. Selain itu, olahraga juga bisa membuat suasana hati senang. Karena olahraga juga bisa menjadi media pelepas stres atau beban pikiran.

Manfaat olahraga salah satunya dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berguna supaya tubuh terhindar dari penyakit kognitif. Seperti penurunan sistem kerja otak atau kepikunan.

Seseorang dengan tekanan darah yang tinggi sangat dianjurkan untuk rutin berolahraga. Karena tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Berolahraga secara rutin dapat membantu memperlancar peredaran aliran darah di dalam tubuh bagi penderita darah tinggi.

Rutin berolahraga juga bisa menyehatkan jantung. Namun harus dipahami juga apakah kondisi jantungnya kuat atau tidak jika melakukan olahraga-olahraga yang diinginkan.

Misalnya orang dengan penyakit jantung biasanya kurang kuat saat melakukan olahraga renang, lari atau olahraga berat lainnya.

Kasus seperti ini sering sekali kita temui. Kadang orang melakukan olahraga tapi tidak melihat kekuatan jantungnya terlebih dahulu.

 

Sudah sering sekali terjadi kasus seseorang yang sedang berolahraga tiba-tiba jatuh pingsan dan harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Hal tersebut terjadi bisa karena riwayat penyakit jantung yang pernah dideritanya. Sehingga tubuhnya tidak kuat dan malah menimbulkan serangan jantung mendadak karena aktivitas menguras tenaga yang sedang dilakukannya. Hasilnya ia jatuh pingsan.

Bila kondisi tubuh normal, maka olahraga sangat disarankan untuk dilakukan. Bahkan baiknya olahraga dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

Jika dilakukan secara rutin maka tubuh akan lebih sehat dan kuat menahan serangan berbagai penyakit. Karena dengan berolahraga kekebalan tubuh juga semakin meningkat.

Tubuh orang yang sering berolahraga akan tetap sehat dan lebih kuat terhindar dari berbagai penyakit.

Jadi pastikan dan ketahui kondisi tubuh terlebih dahulu sebelum berolahraga, apakah sanggup atau tidak untuk melakukannya.

Kalau tubuh tidak kuat, bukan kesehatan yang didapat, melainkan penyakit baru yang akan memperburuk kondisi.

Bukannya membuat tubuh lebih sehat, tapi malah membuat keadaan semakin buruk bagi jantungnya.

Argumentasi

Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh jika dilakukan secara teratur. Manfaat olahraga antara lain memperbaiki mood dan suasana hati, terhindar dari berbagai penyakit, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Meskipun begitu, tidak sedikit juga orang yang melakukan olahraga dengan salah hingga berakhir di ranjang rumah sakit. Hal tersebut terjadi karena ia tidak bisa memahami kondisi dan keadaan tubuhnya sendiri.

Maka dari itu, pastikan kondisi tubuh terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga berat yang menguras banyak tenaga. Dan pastikan peserta didik memilih jenis olahraga yang tepat dan sesuai dengan tubuh peserta didik.

Penegasan Ulang

 

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh-Contoh Teks Eksposisi dan Analisis Strukturnya yang Tepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *