Contoh Soal Tes Tertulis Lomba Guru Berprestasi Jenjang SMP/MTs

Contoh Soal Tes Tertulis Lomba Guru Berprestasi Jenjang SMP/MTs

paket-wisatabromo.com- Pada kesempatan kali ini akan diposting Contoh Soal Tes Tertulis Lomba Guru Berprestasi Jenjang SMP/MTs. Contoh soal ini dapat dipakai sebagai bahan belajar bagi bapak ibu guru smP MTs yang akan mengikuti seleksi guru berprestasi.

Tes Tertulis Lomba Guru Berprestasi ini berbentuk uraian. uraian ini tentunya uraian yang bersifat terbatas. Sedangkan, jumlah soal mencapai 10 dengan alokasi waktu pengerjaan 90 (sembilah puluh) menit.

Ruang lingkup Tes Tertulis Lomba Guru Berprestasi ini terdiri atas komponen pendidikan, kebijakan pendidikan, sanksi-sanksi terhadap peserta didik yang melanggar tata tertib, dll.

Contoh Soal Tes Tertulis Lomba Guru Berprestasi Jenjang SMP/MTs

Berikut ini adalah contoh soal tersebut disertai dengan jumlah nilai dalam setiap soalnya.

1. Setiap sekolah yang dikatakan bermutu dapat dipastikan mampu mengoptimalkan seluruh komponen pendidikan yang ada. Sebutkan 7 (tujuh) komponen pendidikan yang dimaksud. (Nilai 7).

2. Setiap guru memiliki kesempatan berperan secara profesional, khususnya dalam menentukan kebijakan pendidikan di tingkat satuan pendidikan. Minimal ada 8 (delapan) aktivitas dalam hal tersebut, meliputi apa saja sebutkan! (Nilai 8)

3. Guru sebagai pendidik memiliki kebebasan dalam memberikan sanksi kepada peserta didiknya yang melanggar norma-norma dan/atau peraturan-peraturan, baik tertulis maupun tidak tertulis yang ditetapkan guru, peraturan tingkat satuan pendidikan, dan peraturan perundang-undangan dalam proses pembelajaran. Jelaskan dengan singkat sanksi apa saja yang dapat diberikan oleh guru, apabila peserta didik (siswa) melanggar:

a. Peraturan tertulis/tidak tertulis yang ditetapkan guru

b. Peraturan tingkat satuan pendidikan

c. Peraturan perundang-undangan yang berlaku

(Nilai 9)

4. Ki Hajar Dewantoro sebagai tokoh pendidikan, memberikan pendapat yang akhirnya menjadi sasanti bagi kita sebagai guru (pendidik). Sebutkan sasanti itu dan jelaskan secara singkat apa maksudnya! (Nilai 8).

5. Standar Kompetensi Pedagogik guru diantaranya “Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.” Sebutkan 6 (enam) kemampuan yang harus dimiliki guru dalam mewujudkan kompetensi tersebut! (Nilai 12).

6. Dalam interaksi edukatif, unsur uru dan peserta didik harus aktif. Ada 3 (tiga) pola komunikasi antara guru dan peserta didik dalam proses interaksi edukatif. sebutkan dan jelaskan secara singkat 3 (tiga) pola tersebut serta gambarkan dalam bentuk bagan (Nilai 15).

7. Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif adalah salah satu kompetensi inti guru. Kompetensi apakah itu? Sebutkan 2 (dua) kemampuan yang wajib dilakukan untuk memenuhi kompetensi tersebut! (Nilai 12).

8. Beban kerja guru berdasarkan  Peraturan Pemerintah No.74 tahun 2008 tentang guru, mencakupi 5 (lima) kegiatan pokok, sebutkan! (Nilai 10)

9. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara minimal memiliki 5 (lima) komponen. Sebutkan! (Nilai 10)

10. Sebelum melaksanakan pembelajaran, setiap guru wajib menyusun RPP. Bapak/Ibu dimohon menyebutkan 9 (sembilan) langkah menyusun RPP. (Nilai 9).

Baca: Soal-Soal PPPK Kompetensi Manajerial Paket 1-7 Tahun 2021 yang Tepat

Demikianlah Soal Tes Tertulis Lomba Guru Berprestasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.