Buku Guru Buku Siswa PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Lengkap Unduh

Buku Guru Buku Siswa PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Lengkap Unduh

paket-wisatabromo.com-Kementerian Pendidikan, Kebudaayan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menerbitkan Buku Guru Buku Siswa PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Kurikulum Merdeka. Buku-Buku tersebut diharapkan dapat menunjang pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka mulai diberlakukan pada tahun 2021/2022 secara terbatas pada sekolah-sekolah yang sudah siap mengimplementasikan Kurikulum tersebut.

Untuk Buku Guru Buku Siswa PAUD-SD-SMP-SMA-SMK ini dapat diakses secara mudah baik oleh guru, orang tua, peserta didik di mana pun.

Selanjutnya, Buku Guru Buku Siswa Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK diharapkan dapat dijadikan referensi bagi peserta didik, orang tua, dan  Bapak Ibu guru dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya di rumah dan di sekolah.

Buku Guru Buku Siswa PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak

Struktur Buku

Setiap buku, dari buku PAUD-SMA/SMK memiliki struktur yang hamper sama. Struktur buku tersebut terdiri atas berikut ini.

Cover buku, halaman identitas buku, kata pengantar, prakata penulis, petunjuk penggunaan buku, daftar isi, data gambar, daftar tabel, gambar-gambar penanda kegiatan, sajian materi bab demi bab, dan bagian akhir buku.

Bagian akhir buku terdiri atas indeks, glosarium, daftar pustaka, daftar sumber gambar, biodata penulis, biodata penelaah, biodata penyunting, biodata koordinator visual, biodata illustrator, dan biodata desainer.

Kata Pengantar

Untuk kata pengantar ini diambil dari kata pengantar dari Buku Bahasa Indonesia SMP kelas 7. Kata pengantar ini dibuat oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Berikut ini adalah contoh kata pengantar yang disajikan di dalam setiap buku teks pelajaran kurikulum merdeka.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan  dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas menyiapkan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan.

Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar.

Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Kurikulum ini pun, memberikan keleluasaan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya.

Untuk mendukung pelaksanaan kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak.

Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, serta masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Selanjutnya, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini mulai dari penulis, penelaah, reviewer, supervisor, editor, ilustrator, desainer, dan pihak terkait lainnya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Semoga buku ini bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Jakarta,    Juni 2021 Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan,

Maman Fathurrohman, S.Pd.Si., M.Si., Ph.D. NIP 19820925 200604 1 001

Prakata Penulis Buku

Untuk prakata penulis buku pada buku teks pelajarantidak seperti pada kata pengantar. Prakata penulis buku lebih spesifik sesuai dengan karakter mata pelajaran masing-masing. Berikut ini contoh Prakata Penulis buku pelajaran IPA SMA Kelas X.

Contoh Prakata Penulis buku

Puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas izin dan karunia-Nya maka buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas X ini dapat selesai.

Buku ini digunakan oleh peserta didik kelas X jenjang SMA sebagai buku teks yang menjadi sumber belajar utama. Buku ini terdiri dari delapan bab.

Setiap babnya diawali dengan konteks atau tema yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar peserta didik, yang berkaitan dengan materi sains yang akan dibahas.

Peserta didik diajak untuk memiliki kesadaran sebagai warganegara global yang bertanggung jawab untuk merespon isu-isu global.

Peserta didik dapat berkontribusi menyelesaikan isu-isu global yang sedang terjadi itu misalnya pandemik virus Covid-19, pencemaran lingkungan, pemanasan global, ketahanan pangan, peluangan pemanfaatan sumber daya alam berbasis teknologi terkini, sumber energi ramah lingkungan, dan lain-lain yang dapat dilakukan dari rumah masing-masing.

a. Bab 1 tentang Pengukuran yang mendorong peserta didik untuk menyadari pentingnya melakukan pengukuran dengan teliti dan presisi, serta menggunakan alat ukur yang sesuai, sehingga pengetahuan dan keterampilan tersebut dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

b. Bab 2 membahas tentang virus, bagaimana virus bereproduksi dan apa peranan virus, sehingga peserta didik dapat menemukan sebuah solusi dalam mencegah penyebaran virus yang menyebabkan penyakit.

c. Bab 3 berisi ulasan kimia hijau yang mendorong peserta didik untuk mengenal dan menyadari pentingnya prinsip kimia hijau dan reaksi kimia hijau. Prinsip ini harus selalu menyertai semua kegiatan baik dalam dunia industri, perkantoran, sekolah, aktivitas masyarakat, dan rumah tangga.

d. Bab 4 memberi landasan kimia kepada peserta didik yaitu ulasan konsep teoretis maupun hitungan hukum-hukum dasar kimia yang dapat diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan sederhana yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

e. Bab 5 memberi wawasan kepada peserta didik sehingga memiliki rasa ingin tahu terhadap unsur-unsur logam tanah jarang sebagai nanomaterial dalam perkembangan nanoteknologi.

Ulasan konsep teoretis dibahas berdasarkan sudut pandang ilmu kimia yaitu struktur atom, konfigurasi elektron, dan jari-jari atom sebagai sifat periodik unsur.

f. Bab 6 membahas mengenai krisis kebutuhan energi yang sedang terjadi saat ini.

Dengan wawasan yang dimiliki peserta didik tentang macam-macam bentuk energi dan sumber energi yang tersedia di sekitar tempat tinggal dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi, minimal untuk konsumsi energi pribadi.

Selain itu, wawasan mengenai energi ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap bijak dalam menggunakan energi, sehingga memiliki gaya hidup yang lebih ramah energi.

g. Pada bab 7

Peserta didik belajar memahami bahwa makhluk hidup beranekaragam dan pentingnya keanekaragaman, pengelompokkan makhluk hidup dan interaksi makhluk hidup dalam ekosistem sehingga peserta didik dapat menemukan solusi pemanfaatan secara bijak spesies tertentu untuk menjaga keseimbagan ekosistem.

h. Bab 8

Setelah peserta didik mempelajari bab 1 hingga bab 7 maka bab 8 merupakan terapan IPA terpadu yang mengajak peserta didik untuk membuka wawasan terhadap perubahan iklim global yang sedang terjadi saat ini serta solusinya.

Selain pembahasan konsep materi yang sesuai dengan Capaian Pembelajaran Fase E juga disajikan aktivitas terhadap penerapan konsep materi tersebut.

Keunggulan buku ini yaitu isinya yang disesuaikan dengan     perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, mengangkat issue global, melatih berpikir tingkat tinggi, sajian soal-soal dengan pendekatan PISA, dan aktivitas proyek kolaborasi yang mengarah pada kontribusi tercapainya agenda pembangunan berkelanjutan PBB 2030.

Selain itu sistematika penulisannya yang terperinci diharapkan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dalam konsep merdeka belajar.

Akhir kata, harapan Penulis semoga buku ini dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Penulis menantikan masukan dari pembaca untuk penyempurnaan isi buku di masa yang akan datang.

Jakarta,  Juni 2021

Tim Penulis

Petunjuk Penggunaan Buku

Untuk petunjuk penggunaan buku juga relatif hamper sama dengan prakata penulis buku, yaitu berbeda dengan kata pengantar.

Petunjuk penggunaan buku menyesuaikan dengan isi buku setiap pelajaran masing masing.

Bahkan untuk petunjuk penggunaan buku ini, ada yang tidak mencantumkannya. Berikut ini adalah  contoh petunjuk penggunaan buku IPA jenjang SMA kelas X.

Contoh petunjuk penggunaan buku IPA jenjang SMA kelas X.

Pada hakikatnya IPA yang mencakup Fisika, Kimia dan Biologi mempelajari permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, serta  gaya dan energi, mahkluk hidup dan segala bioproses yang terjadi, serta susunan, struktur, sifat dan perubahan materi.

Melalui pembelajaran IPA, Kalian dilatih memecahkan masalah kehidupan sehari-hari guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan melalui keterampilan proses.

Buku ini dirancang dengan berbagai aktivitas belajar yang mengasah kreativitas, berpikir kritis, mengembangkan keterampilan proses, bekerja sama dan berkomunikasi untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan. Buku ini terdiri dari 8 bab utama dengan bagian-bagian sebagai berikut.

1. Cover bab Berisi:

a. gambar yang berkaitan dengan materi pada bab tersebut,

b. tujuan pembelajaran, dan

c. kata kunci yang menjadi fokus pada bab tersebut.

2. Pengantar bab Pada bagian awal setiap bab ditampilkan kejadian-kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi pada bab tersebut.

3. Aktivitas Selain disajikan materi, dalam buku ini ini juga disajikan berbagai aktivitas.

Aktivitas ini dalam berbagai bentuk kegiatan seperti pemerolehan dan penelaahan informasi dari artikel, pengamatan sederhana di lingkungan sekitar, menyimak video, dan praktikum sederhana.

4. Ayo Berlatih Pada fitur ini ditampilkan beragam jenis pertanyaan yang berkaitan dengan materi pada sub-bab atau bab tersebut.

5. Proyek Pada kegiatan ini Kalian diajak menemukan masalah hingga memberikan solusi permasalahan melalui sebuah proyek yang berkaitan dengan materi pada bab tersebut.

6. Intisari Pada akhir bab Kalian akan disajikan ringkasan tentang konsep kunci materi pada masingmasing bab yang ditampilkan dalam pernyataan.

7. Ayo Refleksi Pada kegiatan ini Kalian diajak untuk berpikir secara mendalam terkait materi yang sudah dipelajari dan mengidentifikasi kekurangannya, manfaat dan sikap Kalian setelah mempelajari materi tersebut.

8. Ayo Cek Pemahaman Pada akhir bab, Kalian akan disajikan berbagai pertanyaan tentang materi pada bab tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang dimunculkan dalam berbagai bentuk dan tidak hanya untuk mengases pengetahuan tetapi juga keterampilan proses Kalian serta melatih Kalian untuk terbiasa dengan soal AKM.

9. Pengayaan Pada akhir bab Kalian akan disajikan informasi tambahan terkait materi yang sudah dipelajari.

Pendekatan Buku Sekolah Penggerak

Berikut ini adalah pendekatan penulisan Buku Siswa dan Buku Guru jenjang PAUD-SD-SMP-SMA-SMK

1. Memotivasi dan menumbuhkan minat membaca peserta didik.

Setiap bab pada Buku Siswa diawali dengan cerita bergambar dengan tokoh manusia dan binatang.

Setiap teks dilengkapi dengan ilustrasi dan gambar yang menarik, serta dapat menumbuhkan daya kritis peserta didik.

2. Memperkenalkan topik yang mencerminkan pengalaman keseharian peserta didik.

Setiap bacaan pada Buku Siswa mengangkat pengalaman peserta didik, mulai dari bermain aman, berteman, menjaga kesehatan, hingga mengenal keragaman di lingkungan sekitar. Bacaan ini dapat memantik diskusi dengan para peserta didik  tentang pengalaman mereka.

3. Membantu guru mengajar sesuai kemampuan peserta didik.

Setiap bab pada Buku Guru dilengkapi dengan inspirasi kegiatan pendampingan untuk peserta didik yang membutuhkan bantuan khusus dan kegiatan pengayaan untuk mengembangkan potensi peserta didik yang lebih mahir.

Kegiatan pendampingan dan pengayaan ini dapat dilakukan secara individu atau dalam kelompok kecil.

4. Membantu guru menerapkan strategi literasi awal dengan lebih baik.

Setiap bab pada Buku Guru dilengkapi dengan saran untuk menerapkan strategi mengeksplorasi tanggapan peserta didik terhadap bacaan serta strategi untuk memodelkan proses berpikir ketika menggambarkan gagasannya terhadap suatu topik.

5. Membantu guru memahami Capaian Pembelajaran dan menurunkannya dalam tujuan pembelajaran yang mudah dicapai dan dievaluasi.

Setiap bab Buku Guru dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang diturunkan dari Capaian Pembelajaran.

Tujuan pembelajaran ini disertai dengan contoh rubrik penilaian yang dapat menjadi inspirasi guru untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.

Berikut ini Buku Guru Buku Siswa PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak yang dapat diunduh pada tautan di bawah ini.

1. Buku Guru Buku Siswa PAUD Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak (Unduh).

2. Buku Guru Buku Siswa SD Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak (Unduh).

3. Buku Guru Buku Siswa SMP Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak (Unduh).

4. Buku Guru Buku Siswa SMAKurikulum Merdeka Sekolah Penggerak (Unduh).

5. Buku Guru Buku Siswa SMK Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak (Unduh).

Baca:

Demikianlah informasi mengenai Buku Guru Buku Siswa PAUD-SD-SMP-SMA-SMK Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.