Sebutkan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Puisi!

Sebutkan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Puisi!

paket-wisatabromo.com-Sebutkan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Puisi! Jawaban yang tepat tersaji berikut ini.

Sebutkan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Puisi!

 Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Puisi

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membaca puisi, yaitu pelafalan, intonasi dan tempo, aksentuasi, mimik dan gestur, volume suara, kelancaran dan kecepatan, dan sikap.

1. Pelafalan

Pelafalan adalah suatu proses atau usaha untuk mengucapkan bunyi bahasa, baik membaca huruf, suku kata, kata, frasa, klausa, maupun kalimat sesuai dengan jiwa puisi dan tempo puisi.

Untuk pelafalan itu sendiri merupakan bagian dari ilmu bunyi bahasa. Ilmu bunyi bahasa itu disebut dengan fonetik.

Fonetik adalah ilmu yang mempelajari bunyi bahasa yang menyangkut cara kerja alat-alat ucap manusia dalam menghasilkan bunyi bahasa, serta getaran udara sebagai bunyi bahasa yang dapat diterima oleh indera pendengaran manusia tanpa melihat fungsi bunyi itu sebagai pembeda makna dalam suatu bahasa.

Jadi, fonetik hanya meneliti tentang bunyi yang dihasilkan oleh organ wicara manusia.

Menurut Marsono, fonetik dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu fonetik akustis, auditoris, dan fonetik organis.

Fonetik akustis menyelidiki bunyi bahasa menurut aspek-aspek fisisnya sebagai getaran udara dan lebih berkenaan dengan bidang fisika.

Fonetik auditoris adalah penyelidikan mengenai cara penerimaan bunyi-bunyi bahasa oleh telinga dan berkenaan dengan bidang kedokteran.

Sedangkan fonetik organis atau fonetik artikulatoris menyelidiki bagaimana bunyi-bunyi bahasa dihasilkan oleh alat-alat bicara (organ wicara).

Jadi, hubungannya dengan pelafalan dalam membaca puisi, kamu harus memperhatikan fonetik organis atau fonetik artikulatoris.

2. Intonasi dan Tempo

Intonasi adalah penyajian tinggi rendah irama puisi yang dibacakan sehingga tidak monoton. Selain itu, memperjelas penekanan pada kata tertentu yang dimaknai.

Pengertian lain dari intonasi adalah lagu kalimat. Kalimat diucapkan dengan lagu/perhentian yang berbeda, dalam bahasa tulis ditandai dengan tanda koma.

Intonasi dalam bahasa Indonesia sangat berperan dalam pembedaan maksud kalimat.

Bahkan, dengan dasar kajian pola-pola intonasi ini, kalimat bahasa Indonesia dibedakan menjadi kalimat berita (deklaratif), kalimat tanya (interogatif), dan kalimat perintah (imperatif). Pola variasi nada dalam intonasi kalimat bisa dilambangkan dengan angka (1,2,3).

1. Tinggi nada tingkat 1 (satu), atau ‘rendah’.

2. Tinggi nada tingkat 2 (dua), atau ‘sedang’, atau ‘netral’.

3. Tinggi nada tingkat 3 (tiga), atau ‘tinggi’.

Selain intonasi, perhatikan pula tempo, yaitu cepat atau lambatnya pengucapan suku kata atau kalimat.

3. Aksentuasi atau tekanan

Dalam sebuah puisi ada tiga jenis akesntuasi antara lain sebagai berikut:

a) Tekanan dinamika yaitu tekanan pada kata-kata yang dianggap penting.

b) Tekanan nada yaitu tekanan tinggi redahnya suara.

c) Tekanan tempo yaitu cepat lambat pengucapan suku kata atau kata.

4. Mimik dan Gestur

Untuk mimik dan gestur selalu berkaitan dengan ekspresi wajah dan gerak anggota tubuh. Mimik adalah ungkapan atau proses peryataan dengan memperhatikan maksud, gagasan dan perasaan hasil penjiwaan puisi.

Gestur atau pantomimik/penampilan fisik adalah gerak anggota tubuh dan penilaianya dilakukan terhadap kinerja, tingkah laku, atau interaksi siswa.

Pembaca puisi dituntut untuk memahami materi puisi dan mendalaminya dengan sungguh-sungguh agar mimik dan gestur yang ditunjukkan sesuai dengan emosi dan rasa dalam puisi tersebut.

5. Volume Suara

Pembaca puisi juga harus menguasai teknik penggunaan mikrofon agar suara yang dihasilkan tidak sumbang, tidak terlalu pelan, atau tidak terlalu keras.

6. Kelancaran dan Kecepatan

Kecepatan membaca juga harus diperhatikan. Jika membaca puisi terlalu cepat, pendengar akan sulit memahami isi puisi. Jika terlalu lambat, maka akan membuat pendengar jenuh.

7. Sikap

Pembaca puisi dituntut untuk menguasai puisi yang akan dibacakan secara matang. Hal ini bertujuan agar ketika tampil tidak akan gugup dan sikap yang ditunjukkan sesuai dengan keinginan.

Baca: Sebutkanlah Jenis-Jenis Puisi Modern dan Contohnya yang Tepat!

Demikian jawaban yang tepat atas pertanyaan mengenai Sebutkan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Puisi! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.