Teks Cerita Inspiratif : Ciri, Struktur, Simpulan dan Contohnya

Teks Cerita Inspiratif : Ciri, Struktur, Simpulan dan Contohnya

paket-wisatabromo.com – Materi teks cerita inspiratif merupakan materi pelajaran kelas IX semester 2. Materi ini wajib dipahami dan dikuasai oleh seluruh peserta didik SMP kelas IX.

Teks cerita inspiratif merupakan jenis teks narasi yang menyajikan suatu inspirasi keteladanan bagi orang banyak. Dan teks cerita inspiratif itu dapat menggugah seseorang untuk berbuat baik. Cerita inspiratif ini sering disebut dengan cerita keteladanan atau cerita penuh hikmah.

A. Ciri-Ciri Teks Cerita Inspiratif

Untuk membahas ciri-ciri teks cerita inspiratif dapat dijelaskan melalui tiga aspek. Ketiga aspek itu adalah isi, tujuan, dan Bahasa yang digunakan.

Ciri-Ciri Teks Cerita Inspiratif

IsiTujuanBahasa
Isinya dapat menggugah perasaan dan memberi kesan yang mendalam bagi pembacanya.Bertujuan memberi inspirasi kebaikan kepada banyak orang.Menggunakan kata-kata yang menggambarkan keadaan atau sifat tokohnya. Misalnya cantik, pintar, dll.
Terdapat alur cerita untuk memberikan pemahaman awal, inti, dan akhir cerita atau kisah.Bertujuan memberi motivasi atau semangat kepada pembacanya

 

Menggunakan kata ganti orang ketiga. Misalnya: ia, dia, atau menggunakan nama tokoh, dan gaya cerita atau naratif.

Biasanya diangkat atau diadaptasi dari sebuah kisah nyata.

Menggunakan ungkapan bernada saran. Seperti: hendaknya, baiknya, jangan.
Berisi kisah nyata dan pengalaman hidup seseorang.Berisi kalimat fakta yang benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan.

B. Struktur Teks Cerita Inspiratif

1. Orientasi

Berisi pengenalan peristiwa, tokoh, atau latar cerita.

2. Komplikasi

Bagian ini berisi cerita tentang masalah yang dialami tokoh utama. Masalah dapat berupa konflik batin dan konflik fisik dengan tokoh lainnya. Bisa juga dikatakan bahwa komplikasi itu merupakan Insiden atau bagian yang menceritakan peristiwa atau kejadian yang dialami tokoh.

3. Resolusi

Resolusi merupakan tahap penyelesaian masalah. Peristiwa atau masalah yang dikembangkan pada bagaian rangkaian peristiwa dan komplikasi dikendurkan pada tahap resolusi.

4. Koda

Koda adalah bagian akhir atau penutup dari sebuah cerita inspiratif. Dalam tahap ini disampaikan kesimpulan dan pesan moral yang dapat diambil dari cerita tersebut.

C. Simpulan Teks Cerita Inspiratif

Simpulan adalah 1. sesuatu yang disimpulkan atau diikatkan. 2 hasil menyimpulkan; kesimpulan (KBBI).

Kesimpulan adalah ikhtisar (dari uraian, pidato, dan sebagainya); kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya); 2 keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif. Kalimat simpulan biasanya mengungkap fakta dalam teks disertai pendapat penyimpul

Cara menyimpulkan yaitu dengan membaca keseluruhan teks cerita inspiratif ➡ pahami isinya dengan memfokuskan pada struktur teks cerita inspiratif ➡ cari kata-kata yang cukup menginspirasimu ➡ simpulkan dengan bahasamu sendiri.

Contoh Simpulan Teks Cerita Inspiratif 1

Pada tanggal 10 November meletuslah sebuah perlawanan rakyat di Surabaya untuk mengusir Belanda dan para sekutunya dari tanah air. Perang ini berawal dari kemarahan tentara Inggris akibat dari terbunuhnya pimpinan mereka, Brigadir Jenderal Mallaby.

Akibat tewasnya pimpinan mereka pihak Inggris dan sekutunya memberikan sebuah tuntutan kepada seluruh pejuang di Surabaya agar menyerah.

Bukannya menyerah, tuntutan tersebut malah dianggap sebuah penghinaan oleh para pejuang dan rakyat. Mereka membentuk sebuah pasukan liar perjuangan untuk menghadapi pihak Inggris yang mengancam untuk menyerang.

Mengetahui tuntutannya ditolak, pihak Inggris dan sekutunya marah besar. Kemudian pada 10 November pagi mereka melancarkan serangan besar-besaran.

Serangan dilakukan melalui laut, darat dan udara. Mereka mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank dan kapal perang.

Kota Surabaya diserang habis-habisan oleh pihak sekutu. Mereka mengebom gedung-gedung pemerintahan dan membunuh para pejuang. Kejadian waktu itu sangatlah mengerikan. Pembunuhan terjadi di mana-mana dan membuat para pejuang terdesak.

Namun, di luar dugaan rencana mereka untuk menaklukan kota Surabaya dalam 3 hari gagal. Seluruh pejuang dan rakyat Surabaya turun ke jalan untuk melakukan perlawanan. Semangat juang para pahlawan waktu itu muncul berkat seorang pemuda yang bernama Bung Tomo, dia dengan gagah berani memekikkan pidato untuk membakar semangat seluruh pejuang.

Pertempuran Surabaya berlangsung sekitar 3 minggu dan dimenangkan oleh pihak sekutu. Meskipun kota Surabaya jatuh ke tangan sekutu, perlawanan rakyat Surabaya waktu itu membangkitkan semangat juang seluruh rakyat Indonesia.

Simpulan: Semangat para pejuang Surabaya muncul karena pidato Bung Tomo yang hebat dak gagah berani.

Baca juga:

Contoh Simpulan Teks Cerita Inspiratif 2

Bob Sadino

Nama Asli: Bambang Mustari Sadino

Lahir: Tanjung Karang, BandarLampung, 9 Maret 1933

Wafat: Jakarta, 19 Jakarta 2015

Agama: Islam

Pendidikan: SD di D.I. Yogyakarta 1947. SMP, Jakarta 1950. SMA, Jakarta 1953.

Bob Sadino memiliki nama asli Bambang Mustari Sadino, lahir pada tanggal 9 Maret 1933 di Tanjung karang, Lampung. Ia lahir dari keluarga serba kecukupan sebagai anak bungsu dari lima bersaudara. Orang tuanya meninggal pada saat ia masih berusia 19 tahun.

Ia dipercaya oleh keluarganya untuk mewarisi seluruh harta dari kedua orang tuanya. Alasan karena merupakan anak bungsu dan saudara-saudaranya dinilai memiliki kehidupan yang mapan.

Bob Sadino memanfaatkan setengah dari harta warisannya untuk pergi dan tinggal di Belanda selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam. Tidak hanya bekerja, ia juga bertemu dengan seorang wanita Indonesia bernama Soelami Soejoed yang akhirnya ia nikahi.

Pada tahun 1967, Bob sadino dan istrinya kembali ke Indonesia. Dari Belanda ke Indonesia, ia membawa dua mobil Mercendes buatan tahun 1960-an. Ia menjual satu unit mobil miliknya untuk membeli sebidang tanah di kemang, Jakarta Selatan.

Tinggal di Indonesia, Bob Sadino bekerja sebagai karyawan di PT.Unilever Indonesia. Suatu hari, ia memiliki keinginan untuk bekerja secara mandiri. Kemudian ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Ia memanfaatkan satu mobil miliknya dengan menyewakan mobil Mercedesnya sekaligus menjadi sopirnya.

Namun, usahanya tidak berjalan dengan lancar. Usaha menyewakan mobil dapat dikatakan gagal. Karena mobil Mercedes yang ia sewakan mengalami kecelakan mengalami kerusakan parah. Bob Sadino tidak bisa memperbaiki mobilnya karena biaya perbaikan yang sangat mahal.

Akhirnya ia memutuskan untuk bekerja sebagai kuli bangunan dengan upah harian yang saat itu hanya Rp.100,00, Ia pun sempat mengalami depresi akibat tekanan hidup yang dialaminya.

Hingga suatu hari ada seorang sahabat BobSadino yang memberikan saran untuk beternak dan berbisnis telur ayam negeri karena pada saat itu telur ayam negeri masih jarang di pasaran.

Melihat peluang yang ada, Bob menangkapnya itulah yang harus dilakukan. Akhirnya, ia menggeluti bisnisnya. Bersama istrinya, ia mulai berjualan telur ayam negeri. Ia tawarkan dari pintu ke pintu kepada orang asing yang tinggal di daerah Kemang.

Pada saat itu, keberadaan ayam negeri beserta telurnya masih belum popular di Indonesia. Akhirnya, barang dagangannya hanya dibeli oleh ekspatriat-ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang serta beberapa orang Indonesia yang pernah tinggal di luar negeri. Bob Sadino bersama istrinya menjual hanya beberapa kilogram telur per harinya.

Karena memiliki pengalaman hidup di Eropa dan juga fasih dalam berbahasa Inggris membuat Bob tidak kesulitan saat berinteraksi dengan orang asing yang tinggal di daerah Kemang.

Dengan berkembangnya waktu, telur ayam negeri mulai dikenal masyarakat luas sehingga bisnisnya semakin berkembang. Kemudian, ia melanjutkan usahanya dengan berjualan daging ayam.

Suatu ketika Bob Sadino berpikir, jika seekor ayam bisa mencari makanannya sendiri untuk menyambung hidup, apalagi seorang manusia. Manusia yang dibekali akal budi seharusnya tidak boleh kalah dengan seekor ayam yang tidak memiliki akal.

Dari pemikiran inilah yang membuatnya menjadi pengusaha hebat. Ia selalu berjuang tidak pantang menyerah sehingga menuntunnya menjadi seorang pengusaha yang sukses di Indonesia.

Mendirikan Perusahaan

Pada tahun 1970, Bob Sadino mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Kem Chicks. Kem Chickk adalah supermarket yang menyediakan beragam produk pangan impor untuk masyarakat Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, Bob Sadino melihat bahwa permintaan akan daging sosis semakin meningkat.

Maka pada tahun 1975, ia kembali mendirikan perusahaan yang bernama Kem Food, yang merupakan pelopor industri daging olahan di Indonesia. Kem Food memproduksi berbagai jenis daging olahan seperti Sosis, Burger, dan Baso.

Selain mengenalkan ayam negeri, Bob Sadino merupakan orang pertama yang menggunakan perladangan sayuran sistem hidroponik di Indonesia. Kem Fams, merupakan sebuah ladang sayur yangdidirikan oleh Bod Sadino dengan sistem hidroponik.

Simpulan: Bob Sadino ulet dan gigih dalam mencari nafkah sehingga menjadi orang yang sukses.

Demikian pembahasan mengenai ciri-ciri teks cerita inspiratif, struktur, simpulan dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *