Menyusun Teks Ulasan dengan Teknik yang Mudah dan Benar

Menyusun Teks Ulasan dengan Teknik yang Mudah dan Benar

paket-wisatabromo.com – Menyusun Teks Ulasan merupakan materi keempat dalam jenis teks ulasan. Materi ini menuntut peserta didik untuk dapat menyajikan ide dalam bentuk teks ulasan.

Kegiatan menyusun teks ulasan tergolong aspek keterampilan. Aspek ini merupakan tuntutan kurikulum 2013 yang harus dikuasi peserta didik kelas VIII semester 1.

Pada artikel sebelum ini telas disajikan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan teks ulasan. Dengan harapan, dalam kegiatan menyusun teks ulasan, peserta didik sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai teks ulasan.

Kita masih ingat tentunya bahwa teks ulasan disebut juga denga resensi. Secara etimologis, kata resensi berasal dari bahasa latin, yaitu kata kerja revidere dan recensere yang artinya melihat kembali, menimbang, atau menilai.

Dari istilah tersebut mengacu pada hal yang sama, yakni mengulas buku. Di Indonesia, resensi sering juga diistilahkan dengan timbangan buku, tinjauan buku, bedah buku, ulasan buku, dan sebagainya.

Kemendikbud (2014, hlm. 147) menyatakan bahwa teks ulasan merupakan teks yang berisi tinjauan atau ringkasan buku atau yang lain untuk koran atau penerbitan. Teks ulasan ini dapatdikaitkan dengan teks resensi.

 1. Hal yang harus diperhatikan dalam Menyusun Teks Ulasan

Teks ulasan merupakan suatu teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku  atau karya-karya lainnya. Teks ulasan disusun berdasarkan tafsiran ataupun pemahaman atas isi buku yang dibaca.

Berbeda dengan menafsirkan terhadap teks lainnya yang lebih tertuju pada kepentingan kita sendiri. Menyusun ulasan atau resensi selalu ditujukan untuk kepentingan orang lain. Hasil pemahaman itu kemudian disampaikan kepada khayalak. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat Menyusun teks ulasan

a. Tujuan Teks Ulasan atau Resensi

Masih ingat tentunya apa saja tujuan teks ulasan. Namun, jika sudah lupa baiklah dijelaskan lagi berikut ini mengenai tujuan teks ulasan.

Setidaknya ada empat tujuan teks ulasan, yaitu:

  • Memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku.
  • Mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jauh fenomena atau problema yang muncul dalam sebuah buku.
  • Memberikan pertimbangan kepada pembaca apakah sebuah buku pantas mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak; dan
  • Menjawab pertanyaan yang timbul jika seseorang melihat buku terbit seperti siapa pengarangnya, mengapa ia menulis buku itu, bagaimana hubungannya dengan buku-buku sejenis karya pengarang yang sama, dan bagaimana hubungannya dengan buku sejenis karya pengarang lainnya.
b. Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan tersebut terdiri atas: judul ulasan, data /identitas, orientasi atau pembukaan resensi, isi ringkas buku yang diulas,analisis, dan evaluasi.

c. Kaidan Kebahasaan Teks Ulasan.

Kaidah kebahasaan adalah gaya penulisan yang digunakan dalam menulis suatu teks. Dalam teks resensi juga menggunakan kaidah kebahasaan tertentu.

Secara umum, kaidah kebahasaan dalam teks resensi diantaranya banyak memuat kata sifat, kata benda, kata kerja, gaya bahasa metafora, kata yang merujuk pada partisipan tertentu, dan kalimat kompleks.

Untuk lebih memperjelas mengenai struktur dan kaidak kebahasaan teks ulasan dapat diunduh di sini.

2. Langkah-langkah Menyusun Teks Ulasan

Untuk menyusun teks seperti itu, langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Memilih topik yang hendak diulas: novel, buku, film, cerpen, puisi, atau lainnya.
  • Penjajakan atau pengenalan terhadap topik yang akan diulas.
  • Membaca buku dan Memahami objek yang akan diulas. Jika yang akan diulas berupa buku, maka kita harus memahami isi buku dengan membacanya terlebih dahulu. Jika bahan ulasan berupa film, atau objek apa saja, kita harus menyaksikan terlebih dahulu dengan baik.
  • Mencatat identitas buku atau karya yang akan diulas, yang meliputi judul, penulis, nama penerbit, tahun terbit, termasuk ketebalan buku, kalau perlu termasuk harga buku.
  • Menyusun ringkasan, intisari, atau sinopsis buku atau film yang akan diulas.
  • menyatakan persetujuan, penolakan atau keberpihakan penulis.
  • Mencatat hal-hal menarik dari isi buku dengan mencari keunggulan-keunggulan dalam buku atau film tersebut yang akan diulas.
  • Menelaah kelemahan isi buku atau film yang akan diulas. Bisa ditelaah dari sisi bahasa maupun isi buku. Bisa juga dari kualitas penampilan buku atau film.
  • Merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan.
  • Membuat pernyataan bahwa buku atau film tersebut tepat jika dibaca dinikmati oleh pihak tertentu. Misalnya peserta didik, mahasiswa, peneliti, dll. Selain itu, bisa juga diberi saran-saran untuk calon pembaca buku atau penonton film.
  • Menentukan sikap dan menilai hal-hal yang berkenaan dengan organisasi penulisan, bobot ide, aspek bahasanya, dan aspek teknisnya.

Misalnya kita akan mengulas sebuah cerpen, berikut ini langkah-langkah mengulas cerpen.

3. Langkah-langkah mengulas cerpen tersebut sebagai berikut:

a. Memilih cerpen

Tentunya, apabila kita hendak meresensi cerpen, maka kita terlebih dahulu harus memilih cerpen mana yang akan kita ulas. Apabila ulasan atau resensi cerpen akan ditujukan kepada publik, maka sebaiknya pemilihan cerpen harus memerhatikan kepopuleran cerpen, kelayakan cerpen, dan juga kemanfaatan cerpen itu sendiri. Cerpen yang dipilih sebaiknya adalah cerpen yang memiliki permasalahan dalam ceritanya.

b. Menguasai isi cerpen

Selanjutnya, kita harus menguasai isi cerpen tersebut. Bacalah teks cerpen tersebut, nikmati, kemudian pahami secara mendalam bagaimana isi dari cerpen tersebut. Dengan menguasai cerpen, kita akan mengenal masalah yang terdapat dalam cerpen tersebut. Selain itu, kita akan lebih mudah untuk mengumpulkan informasi-informasi yang terdapat dalam cerpen.

c. Mengidentifikasi isi cerpen

Ketika selesai mengidentifikasi isi cerpen tersebut, padukanlah setiap pokok pembahasan cerpen dengan memerhatikan hasil identifikasi. Jadikan sebuah rangkuman yang tersusun secara sistematis berdasarkan bagian-bagian cerpen.

Kegiatan ini bisa disebut sebagai menyusun sinopsis. Selain itu, hasil identifikasi harus dianalisa agar kita mengetahui hubungan antara masalah-masalah dalam cerpen sehingga memudahkan kita dalam merangkum atau membuat sinopsis.

Artikel terkait:
d. Menilai isi cerpen

Setelah meringkas, lakukan identifikasi terhadap kekurangan dan kelebihan cerpen tersebut. Hasil identifikasi akan sangat berpengaruh pada kualitas resensi yang dibuat. Penilaian teks cerpen dapat dilakukan dengan membandingkan cerpen tersebut dengan cerpen yang lain. Perbedaan yang signifikan dapat membantu kita dalam mengevaluasi isi cerpen.

e. Menyimpulkan

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyimpulkan. Kesimpulan ini berisikan saran dan pertimbangan kepada para pembaca. Dari langkah-langkah tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam menulis resensi dari cerita pendek, hal-hal yang harus dilakukan oleh penulis ulasan adalah menguasai dan mengetahui isi dan identitas cerpen yang akan diresensi.

Cerpen tersebut hendaknya dibaca berulang-ulang dan dipahami hal-hal yang bersifat khusus. Misalnya kelebihan, kekurangan, isi pokok, maupun penggunaan bahasanya. Karena pemahaman tentang isi cerpen dapat membantu kelancaran seseorang dalam menyusun resensi dari cerpen.

Ulasan cerpen adalah sebuah karangan yang berisi komentar maupun pembahasan tentang kualitas, kelebihan, serta kekurangan sebuah cerpen.

Yang biasanya dikomentari dari sebuah cerpen adalah: kualitas isi, penggunaan bahasa, format serta struktur penyajian, serta manfaat cerpen tersebut bagi pembaca.

Ulasan cerpen juga harus mengungkapkan identitas cerpen tersebut yang terdiri dari judul cerpan, nama pengarang, pokok isi cerpen, keunggulan cerpen, kelemahan cerpen, serta saran-saran untuk cerpen tersebut. Dibawah ini merupakan contoh resensi cerpen sebagai bahan tambahan pengetahuan kita tentang resensi cerpen itu sendiri.

Contoh resensi cerpen dapat diunduh di sini.

Demikian penjelasan mengenai teknik Menyusun Teks Ulasan dengan mudah dan benar. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *